hype | Sardana Group Dealer Resmi Mitsubishi Medan
Fakta Menarik Jalan Tol Trans Sumatera Medan-Parapat

Fakta Menarik Jalan Tol Trans Sumatera Medan-Parapat

Hype / 17 January 2024
Share

Halo, Sahabat Mitsubishi! 

Untuk Anda yang ingin jalan-jalan ke Parapat atau destinasi wisata Danau Toba di sekitaran Kabupaten Simalungun atau Samosir tidak perlu menempuh waktu perjalanan yang panjang. Pemerintah baru saja melakukan ujicoba pembukaan jalan tol Trans Sumatera Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat yang dilakukan pada akhir tahun 2023. Apa saja fakta menarik tentang ruas jalan tol yang satu ini? Berikut Sardanagroup.co.id rangkum untuk Anda:

1. Menempuh Perjalanan Cuma 1,5 Jam 

Untuk sampai ke Danau Toba biasanyz membutuhkan waktu 4-6 jam menggunakan mobil. Hal itu dikarenakan ruas jalan tol terakhir hanya berhenti di Tebing Tinggi, sehingga melanjutkan perjalanan ke kota Siantar menuju Parapat, Kabupaten Simalungun membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena melewati jalan raya biasa. Karenanya, lewat jalan tol baru ini perjalanan diestimasikan hanya menempuh waktu 1,5 jam saja. 

2. Panjang Jalan Tol Hampir 100 KM 

Jika berangkat dari Kota Medan, jalan tol hanya berhenti di Kota Tebing Tinggi. Pemerintah menambah total hampir 100 KM panjang jalan tol agar sampai ke Parapat dengan rincian yakni jalan tol Tebing Tinggi - Serbelawan sepanjang 30 KM, dilanjutkan jalan tol Serbelawan - Pematang Siantar 28 KM, dilanjutkan jalan tol Pematang Siantar - Seribudolok 22,30 KM dan akhirnya jalan Seribudolok - Parapat sepanjang 16,70 KM. 

3. Mendukung Konektivitas Ekonomi Masyarakat 

Jalan tol Trans Sumatera tidak hanya diperuntukkan pada kebutuhan wisata mengingat Danau Toba sudah ditetapkan pemerintah menjadi Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP), melainkan menjadi konektivitas perekonomian di Sumatera Utara. Jalan tol ini juga akan terhubung dengan Bandara Kuala Namu dan Pelabuhan Kuala Tanjung yang menjadi dua spot penghubung strategis Indonesia dengan dunia. Adapun rantai distribusi logistik diharapkan akan lebih efisien dan berdampak pada turunnya ongkos logistik sehingga meningkatkan daya beli masyarakat. 

4. Tarif Jalan Tol Medan-Parapat 

Berapa tarif jalan tol Medan - Parapat? Jalan Tol Medan - Parapat sendiri belum dibuka sepenuhnya untuk publik dan hanya beberapa seksi saja yang sudah dioperasikan dan dilakukan ujicoba. Diprediksi akan dibuka secara formal di tahun 2024 ini, Jalan Tol Trans Sumatera Medan - Parapat akan dikenakan tarif sekitar Rp. 1000 s.d Rp. 1200 tiap kilometernya. Angka tersebut akan terus dievaluasi setiap tahun sesuai dengan inflasi di tahun tersebut. 

Penutup 

Nah, itu tadi empat fakta menarik seputar jalan tol Trans Sumatera Medan - Parapat.

Tetap jaga keselamatan selama mengemudi dan pastikan untuk mempersiapkan kendaraan Anda sebelum berangkat. Bawa kendaraan Mitsubishi Anda ke bengkel resmi Mitsubishi di Kota Medan yakni Bengkel Mitsubishi Sardana di Jalan Gatot Subroto No. 437 Medan. Sebagai salah satu bengkel Mitsubishi terbaik, terlengkap dan terbesar di Indonesia, Bengkel Mitsubishi Sardana siap mengakomodasi seluruh kebutuhan perawatan mobil Mitsubishi Anda sehingga tetap prima ketika dibawa berpergian jauh. 

Hubungi whatsapp kami di 0852-6100-6800 untuk melakukan booking service. Kami siap melayani Anda dengan ramah. 

Mitsubishi, Pasti Sardana! 

Berita Lainnya

Seberapa Luas Kabin Mitsubishi New Xpander?
2024-04-24

Seberapa Luas Kabin Mitsubishi New Xpander?

SELENGKAPNYA