Mobil Berpenggerak 4 Roda Boros & Tak Bisa Ngebut, Benarkah?

Mobil Berpenggerak 4 Roda Boros & Tak Bisa Ngebut, Benarkah?

PEKANBARU - Penggunaan mobil berpenggerak empat roda (4WD) mulai marak di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak hanya di daerah perkebunan dan pertambangan, kalangan masyarakat perkotaan pun mulai meminati mobil jenis ini.
Tidak hanya jenis jip, namun mobil sport utility vehicle (SUV), pikap berkabin ganda, bahkan sedan pun sudah menggunakan sistem 4WD. Hanya saja, ada beberapa hal yang disalahpahami oleh masyarakat bahkan pengguna mobil 4WD itu sendiri.
Director Indonesia Smart Drive, Momon S Maderoni, mengungkapkan, ada setidaknya empat hal salah kaparah masyarakat dalam memahami mobil 4WD.
"Anggapan bahwa (seting berkendara) 4WD itu hanya bisa untuk posisi gigi 1 dan 2 itu salah. Dari sini juga timbul bahwa mobil 4WD tidak bisa mengebut," terang Momon di sela Mitsubishi Triton Coaching Clinic 4WD Safety Driving yang digelar PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors di Pekanbaru, Riau, Kamis 13 Agustus 2015.
Ia melanjutkan, salah kaprah berikutnya adalah bahwa mobil 4WD selalu boros bahan bakar. Hal ini juga dialami oleh pengguna mobil itu sendiri.
"Mereka bilang boros memang karena menggunakannya di RPM tinggi. Padalahl enggak selalu harus begitu. Saat sistem 4WD bekerja, maka mobil bisa saja bergerak tanpa menekan gas berlebihan," tambah pria yang berpengalaman mengisi coaching clinic smart driving di perusahaan-perusahaan perkebunan dan pertambangan itu.
Selanjutnya, kata dia, faktor gengsi. Rute jalan yang seharusnya membutuhkan seting pengendaraan 4WD, namun malah tidak digunakan.
"Terkadang orang mengatakan 'Wah saya sih enggak usah pakai 4WD, mobil ini bisa kok', tapi jika rute yang dilalui berat (offroad) atau untuk perkotaan jalannya licin karena hujan, maka penggunaan seting 4WD penting," ungkapnya.
Berikutnya, menyeting 4WD saat kendaraan sudah masuk lubang. Posisi 4WD, baik itu di posisi 4L (low) atau 4H (high), dilakukan sebelum memasuki rute offroad.
"Mereka memakai setelah kejeblos, seharusnya itu sebelum. Tahu medan jalan yang akan dilewati rusak atau berlubang, sebelum melewatinya tuas 4WD, dalam hal ini mengubah ke posisi 4L, sudah dilakukan sebelumnya," pungkas dia.
Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/08/13/15/1195942/mobil-berpenggerak-4-roda-boros-tak-bisa-ngebut-benarkah

NEW TRITON MINUM SOLAR BIASA, MITSUBISHI: JANGAN KHAWATIR

NEW TRITON MINUM SOLAR BIASA, MITSUBISHI: JANGAN KHAWATIR

New Triton yang diklaim sebagai raja di kelas 4x4 hadir dengan berbagai pembaruan. Sistem keamanannya makin canggih, mesinnya pun jadi sama dengan Pajero Sport.

Menariknya, New Triton ten...

Read More

MITSUBISHI SEBUT PAJERO SPORT BISA PAKAI BIODIESEL B20, BAHKAN LAGI DITES UNTUK B30

MITSUBISHI SEBUT PAJERO SPORT BISA PAKAI BIODIESEL B20, BAHKAN LAGI DITES UNTUK B30

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar B30 dimulai pada Januari 2020, dan secara bertahap beralih ke B50 pada Desember tahun depan.

...

Read More

KONTRIBUSI MITSUBISHI FUSO UNTUK NEGERI DI HARI KEMERDEKAAN

KONTRIBUSI MITSUBISHI FUSO UNTUK NEGERI DI HARI KEMERDEKAAN

Pada tanggal 17 Agustus 2019, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke – 74. Begitu banyak mimpi yang telah dicapai oleh Bangsa, namun ada banyak pula asa yang masih perlu diraih demi kem...

Read More

Newsletter

Dapatkan update terbaru mengenai informasi produk dan promosi langsung di email anda.

KEMUDAHAN AKSES PRODUK DAN LAYANAN MITSUBISHI MOTORS & MITSUBISHI FUSO DALAM GENGGAMAN ANDA

Logo Sardana Mobile App

SARDANA MOBILE

Logo My Mitsubishi App

MY MITSUBISHI MOTORS ID

Logo My Mitsubishi App

RUNNER TELEMATICS

© 2019 Sardana IndahBerlian Motor. All rights reserved