PASSENGER CAR

LIGHT COMMERCIAL VEHICLE

COMMERCIAL VEHICLE

Tips Membawa Hewan Peliharaan Dalam Mobil

2022-06-18

Tips Membawa Hewan Peliharaan Dalam Mobil

Halo, Sahabat Mitsubishi! 

Seiring perkembangan zaman, membawa hewan peliharaan di dalam mobil bukan lagi hal yang aneh. Bahkan sudah menjelma menjadi gaya hidup urban. Hal ini dikarenakan di satu sisi terkadang ada rasa kasihan juga dari pemilik hewan peliharaan jika harus pergi keluar kota bersama keluarga dan tidak tega meninggalkan hewan peliharaannya sendirian saja di rumah.   

Di sisi lain, sang pemilik ingin memberi suasana baru untuk hewan peliharaannya dengan mengajaknya melihat dunia luar di luar di rumah. Destinasi seperti taman kota atau sekedar berjalan-jalan ke rumah teman sering jadi tujuan.

Namun ada juga destinasi wajib seperti salon kecantikan, tempat penitipan peliharan, ataupun dokter hewan sehingga mobilitas bersama hewan peliharaan bukan lagi hal aneh. 

Lalu, apa tips membawa hewan peliharaan jika Anda ingin membawanya di dalam mobil? 

Berikut Sardanagroup.co.id rangkum untuk kamu: 

1. Perhatikan Kecepatan Mobil 

Kenyamanan dalam kabin mempengaruhi emosional hewan peliharaan Anda. Jika membawanya dalam kondisi yang terlalu cepat bisa membuatnya tak nyaman. Contohnya jika Anda membawa anjing, maka disarankan untuk menjaga kecepatan aman di bawah 60 km/jam. 

Di Amerika Serika sendiri, beberapa wilayah seperti California dan Michigan menerapkan aturan formal dimana mobil yang membawa hewan peliharaan tidak boleh melaju di atas kecepatan 65 km/jam karena berpotensi menimbulkan cedera pada anjing. Apalagi tidak adanya sistem keselamatan khusus hewan peliharaan sebagaimana safety belt pada manusia.

Selain itu, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing belum terbiasa dalam situasi kecepatan yang tak stabil sehingga bisa menimbulkan kepanikan dan membuat peNgendara kehilangan konsentrasinya. 

2. Suhu Dalam Kabin 

Perhatikan juga suhu dalam kabin. Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa menganggu emosi dari hewan peliharaan Anda. Lebih buruk dari itu, suhu juga mempengaruhi energi yang keluar dari anjing atau kucing sehingga jika suhunya terlalu ekstrim dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kelelahan bahkan beresiko kematian.

Pada umumnya hewan peliharaan yang  berbulu agak lebat dan gemuk cenderung rentan terhadap panas. Sebaliknya, jika bertubuh kecil dan kurus maka lebih rentan terhadap suhu yang dingin. Disarankan untuk mengatur suhu dalam kabin berkisar 23-25 derajat celcius dan tidak lebih dari 28 derajat celcius untuk suhu tinggi atau di bawah 20 derajat untuk suhu rendah. 

Namun umumnya suhu yang ideal untuk Anda juga sebenarnya ideal untuk mereka, sehingga jika Anda merasa nyaman dengan suhu tersebut, maka hewan peliharaan Anda juga pasti akan terbiasa. 

3. Bawa Perlengkapan Khusus 

Anda harus punya persiapan untuk membawa hewan peliharaan seperti kandang khusus, obat-obatan sampai kain basah. 

Kenapa harus dikandang? 

Untuk perjalanan singkat (5-10) menit sebenarnya Anda boleh mengizinkan mereka ikut duduk di jok, namun untuk perjalanan jauh sangat tidak disarankan mengingat hewan peliharaan yang punya sifat bosan dan tidak suka dengan ruang-ruang sempit, mereka pasti akan mulai ‘merusuh’ di dalam kabin mobil Anda yang luas. Karenanya, disarankan meletakkan hewan peliharaan Anda di kandang khusus untuk perjalanan jauh dan berikan obat penenang (jika diperlukan) seandainya suaranya cukup menganggu.  

Disarankan juga untuk tidak memberi makan hewan peliharaan Anda di dalam kabin mobil karena beresiko mengotori jok mobil Anda. Dalam kondisi perjalanan jauh juga, sebaiknya hewan peliharaan sudah diberi makan lebih dulu  3-4 jam sebelum perjalanan karena ada peluang hewan peliharaan Anda mual dan muntah. Bisa dipersiapkan kain/tisu basah untuk mensterilkan kandangnya. 

Penutup 

Nah, itu tadi tiga tips membawa hewan peliharaan di dalam mobil Anda. 

Semua pemilik pasti punya perasaan sayang terhadap hewan peliharannya. Karenanya harus diperhatikan kenyamanan dan keamanannya ketika berada di dalam mobil. Salah satu MPV yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross. Dua line up MPV ala Mitsubishi ini adalah kendaraan yang persiapkan menjadi moda transportasi keluarga dengan konsep fun to drive sehingga Anda dan hewan peliharaan Anda bisa merasa seperti di rumah selama bermobilitas.   

Ingin mendapatkan unitnya? Untuk Anda yang tinggal di Kota Medan & sekitarnya bisa langsung datang ke Dealer Sardana IndahBerlian Motor yang berada di alamat berikut: 

1. Jalan Gatot Subroto No. 437, Kota Medan.
2. Jalan Putri Hijau No.4A, Medan – 20111
3. Jalan Boulevard Barat No. 8 Bundaran Komp Cemara Asri

Atau bisa menghubungi whatsapp kami di 0811-654-1800 (Official Digital Marketing Sardana). Kami siap melayani Anda dengan ramah. 

Mitsubishi, Pasti Sardana!

BERITA LAINNYA

Empat Fakta Menarik Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar
Empat Fakta Menarik Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar

Halo, Sahabat Mitsubishi. Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan nama pembalap senior, Rifat Sungkar. Sebagai orang pertama yang biasanya langsung menjajal mobil Mitsub...

Lebih lanjut...
Harga Mitsubishi Fuso Bekas vs Baru, Piih Yang Mana?
Harga Mitsubishi Fuso Bekas vs Baru, Piih Yang Mana?

Budget menjadi salah satu alasan kenapa banyak konsumen cenderung membeli Mitsubishi Fuso bekas untuk penopang operasional usahanya. Selain karena Mitsubishi Fuso dikenal...

Lebih lanjut...
Punya Keluhan Kendaraan? Hubungi Whatsapp Service Mitsubishi Sardana!
Punya Keluhan Kendaraan? Hubungi Whatsapp Service Mitsubishi Sardana!

Untuk menghadirkan rasa aman bagi setiap konsumennya, Mitsubishi telah memaksimalkan layanan purna jual atau after sales servicenya dengan mendirikan bengkel resmi di sel...

Lebih lanjut...