PASSENGER CAR

LIGHT COMMERCIAL VEHICLE

COMMERCIAL VEHICLE

Seiji Watanabe, Penerus Desain Mobil Mitsubishi Motors

2020-10-07

Seiji Watanabe, Penerus Desain Mobil Mitsubishi Motors

Pecinta mobil-mobil penumpang Mitsubishi, pasti familiar dengan Bahasa desain Dynamic Shield sebagai bahasa desain global dari line-up Mitsubishi Motors yang digagas oleh Tsunehiro Kunimoto,  pria yang sebelumnya bertanggung jawab terhadap desain kendaraan penumpang Mitsubishi Motors.

Mitsubishi Motors belum lama ini mengumumkan penerus Kunimoto, yakni Seiji Watanabe, pria dengan pengalaman desain otomotif lebih dari 30 tahun. Pada April 2020 lalu, Seiji Watanabe diangkat sebagai Corporate Officer and Division General Manager of Design untuk Mitsubishi Motors Corporation. Watanabe akan meneruskan jejak Kunimoto dan memimpin tim desain global untuk meneruskan dan menyempurnakan identitas desain Mitsubishi Motors yang merepresentasikan semangat “Drive Your Ambition”.

“Desain saya akan melanjutkan apa yang telah dikembangkan sebelumnya oleh Mitsubishi Motors yaitu - kekuatan dinamis, keandalan, ketangguhan, kemampuan untuk meningkatkan kepercayaan pengguna untuk mengajak mereka melangkah lebih jauh,” beber Watanabe.

Pria yang mengendarai Mitsubishi Jeep J36 yang diproduksi tahun 1980-an ini memiliki keinginan yang kuat untuk melindungi akar dari DNA Mitsubishi. Menurutnya desain akan terus berkembang seiring dengan waktu, dan Mitsubishi Motors akan terus menghadapi tantangan dalam memberikan kesenangan serta kepercayaan kepada para pelanggan.

“Hal itu akan kami wujudkan dengan menggunakan strategi desain dan keunikan Mitsubishi Motors. Dengan menghormati dan terus melanjutkan desain serta warisan Mitsubishi Motors, kami akan menghadirkan desain yang simpel (menyampaikan pesan desain secara langsung), murah hati (membuat Anda merasa lega), serta desain yang atletis (menggairahkan dari sisi penampilan). Desain kami akan mengekspresikan kejelasan dan keindahan dari luar, sehingga Anda dapat merasakan kelebihan dan keunggulan dari mobil-mobil Mitsubishi Motors,” ungkapnya.

Watanabe ingin terus menghadirkan sejarah bagi Mitsubishi Motors. Ia menjelaskan dalam sejarahnya, Mitsubishi Motors selalu menanamkan nilai-nilai baru ke dalam produknya di setiap era. Pada tahun 1917, Mitsubishi memproduksi mobil penumpang pertama yang diproduksi secara massal di Jepang, yaitu Mitsubishi Model A.

Kemudian pada tahun 1960-an dan 1970-an, Mitsubishi memperkenalkan mobil-mobil inovatif seperti seri Colt, Galant, dan Lancer. Selain itu, juga memasarkan Pajero sebagai kendaraan 4WD lintas alam yang kokoh namun juga dapat digunakan sebagai SUV perkotaan berkelas.

Pada tahun 2009, Mitsubishi Motors terus berinovasi dengan memperkenalkan kendaraan listrik produksi massal pertama di dunia, yaitu i-MiEV yang mendemonstrasikan teknologi dan desain inovatif. Sebagai pemimpin dalam teknologi PHEV dan 4WD, Outlander PHEV juga terus berkembang dengan desain tangguh dan kokoh.

Watanabe menjelaskan jika Mitsubishi Motors kini telah menjadi brand otomotif yang menginspirasi pengemudi untuk melakukan petualangan dengan penuh semangat dan diakui oleh professional karena fungsinya.

“Saya ingin memperkaya kehidupan orang melalui mobil. Saya percaya bahwa mobil sangat berpengaruh terhadap suasana perkotaan. Bagi saya mobil merupakan sebuah bentuk pergerakan, ruang yang bergerak, serta alat yang mencerminkan diri Anda sendiri. Karena desain otomotif merupakan salah satu aspek yang paling menyenangkan dari desain industri, saya ingin memperkaya kehidupan orang melalui desain yang berfokus pada alat,” tutur pria yang gemar menghabiskan waktu senggangnya dengan menikmati alam ini.

Menurut Watanabe, desain bukan hanya tentang merancang bentuk, tetapi juga tentang mendesain sebuah kehidupan baru. Sangatlah penting untuk merasakan dan memahami nilai berbeda melalui pengalaman Anda sendiri, dan untuk mengekspresikan nilai tersebut melalui bentuk. Teknik dasarnya adalah membuat sketsa dan penting untuk dapat selalu memperluas ide dan gagasan.

“Motivasi saya adalah dengan menciptakan sesuatu dari sebuah ‘ketiadaan’. Saya ingin memberikan kejutan kepada orang lewat konsep Monokozuri yang murni. Inspirasinya adalah “a trick like a playful heart.”

Desain Mitsubishi di masa depan

Watanabe mempunyai tugas besar dalam memberikan desain mobil Mitsubishi di masa depan, tanpa menanggalkan ciri khasnya. Dirinya pun berjanji untuk terus memenuhi berbagai keinginan konsumen dan merefleksikannya dalam desain. Watanabe akan menantang diri sendiri untuk merancang mobil yang berbeda dari perusahaan otomotif lain dan melebihi ekspektasi pelanggan.

Tentunya di masa depan, teknologi elektrifikasi dan juga autonomous driving akan mengubah desain mobil secara signifikan. Hal ini akan membuat cara penggunaan kendaraan dan nilainya akan berubah secara signifikan berkat teknologi otonom.

Namun di satu sisi, Watanabe tetap mengedepankan pentingnya UX (user experience) dan UI (user interface) yang dapat memberikan pengalaman berbeda bagi pengemudi mobil Mitsubishi.

“Saya terus melihat dari berbagai perspektif bagaimana orang menghabiskan waktunya di mobil, kemudian membuat desain yang khas Mitsubishi. Berdasarkan ide ini, kami akan terus mengembangkan desain-desain menarik yang diakui di seluruh dunia serta terus mempromosikan Mitsubishi sebagai brand yang memberikan kesenangan dan kepercayaan kepada seluruh pelanggan setianya,” tutupnya.

BERITA LAINNYA

7 Kelebihan Mitsubishi Xpander Cross untuk Teman Bertualang
7 Kelebihan Mitsubishi Xpander Cross untuk Teman Bertualang

Mitsubishi Xpander Cross hadir di Indonesia sebagai MPV Crossover yang dapat menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat...

Lebih lanjut...
Perhatikan Hal Berikut Ini yang Bisa Menggugurkan Garansi Kendaraan Mitsubishi
Perhatikan Hal Berikut Ini yang Bisa Menggugurkan Garansi Kendaraan Mitsubishi

Dalam pembelian mobil baru tentunya pabrikan mobil akan memberikan garansi pada kendaraan tersebut. Begitu juga deng...

Lebih lanjut...
Pengecekan Kendaraan dan Persiapan Berkendara Saat Musim Hujan
Pengecekan Kendaraan dan Persiapan Berkendara Saat Musim Hujan

Saat ini Indonesia sudah memasuki musim hujan. Ketika memasuki musim hujan tentu ada hal yang perlu disiapkan sebelum Anda memulai aktivitas dan berkendara...

Lebih lanjut...