Pilih Triton Single Cabin Atau Double Cabin, Apa Pertimbangannya? 

2022-08-27

Pilih Triton Single Cabin Atau Double Cabin, Apa Pertimbangannya? 

Mitsubishi Triton adalah salah satu jenis kendaraan LCV (light commercial vehicle) yang keberadaannya cukup lama di Indonesia. Dibagi dalam enam varian, secara garis Mitsubishi Triton terdiri dari dua tipe yakni Single Cabin (SC) dan Double Cabin (DC).  

Mengawali peluncurannya di  tahun 2002, mobil berjenis pick up ini mengusung nama Mitsubishi Multistrada L200 yang secara fisik memiliki beberapa perbedaan mencolok dengan Mitsubishi L300 yang lebih dulu ada di segmen serupa. 

Apa perbedaan antara Mitsubishi Triton dan L300? Salah satu perbedaannya adalah jumlah kabin. Pada Mitsubishi Triton memberikan dua pilihan kabin, sedangkan Mitsubishi L300 hanya tersedia dalam single cabin. 

Selain itu, Mitsubishi Triton disebut sebagai pickup 4WD atau memiliki roda penggerak 4X4 yang tidak ada pada L300 sehingga daya jelajahnya di jalan-jalan offroad jauh lebih teruji dan handal. 

Bisa disebut juga Mitsubishi Triton hadir untuk memenuhi pasar fleet dengan segmen menengah ke atas, sehingga konfigurasi dan fitur-fitur di dalam kabinnya juga dibuat lebih cozy atau berorientasi pada kepuasan pengemudi. Berbeda  dengan L300 yang berorientasi pada volume angkut meskipun juga tetap memperhatikan keamanan dan kenyamanan pengendaranya. 

Mitsubishi Triton dibuat sebagai jagoan pickup-nya Mitsubishi di kelas yang lebih tinggi dibanding L300. 

Namun meskipun demikian, masih banyak konsumen yang bingung antara memilih yang Single Cabin (SC) atau Double Cabin (DC)? Berikut Sardanagroup.co.id rangkum pertimbangannya untuk Anda.  

1. Pertimbangan Fungsi 

Hampir semua industri perkebunan, peternakan dan pertambangan membutuhkan kendaraan angkut atau pick up. Jika Anda ingin menggunakan Mitsubishi Triton sebagai kendaraan ‘tempur’ maka pilihan single cabin (SC) dirasa sudah tepat karena volume angkutnya yang lebih luas dari double cabin (DC). 

Jika pada single cabin memiliki panjang bak 2265 mm, maka pada double cabin hanya 1520 mm karena space/ruangnya sudah terpakai untuk membuat satu tambahan baris penumpang. Apalagi Mitsubishi  Triton sudah bermesin diesel dan dilengkapi dengan mesin turbo  pada beberapa variannya sehingga menambah torsi dan tenaganya pada jalan-jalan yang kurang baik secara infrastruktur. 

Namun sebaliknya, jika Anda adalah seorang pemilik perusahaan atau bagian dari direksi/manajemen, maka membeli Mitsubishi Triton Double Cabin (DC) dirasa pilihan terbaik karena Anda bisa menggunakan kendaraan tersebut untuk melakukan inspeksi ke tempat kerja seperti daerah perkebunan dan pertambangan sembari tetap tersamarkan karena menggunakan mobil pickup 4X4 ini. 

Dari sisi keamanan juga terasa seperti membawa mobil pribadi, karena Mitsubishi Triton sudah dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan canggih seperti tujuh SRS airbag, Forward Collision Mitigation System (FCM), Ultrasonic mis-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Multi-around View monitor, Hill Descent Control, sampai rangka RISE body yang diklaim mampu meredam benturan.    
 
2. Pertimbangan Lifestyle 

Mitsubishi Triton menguasai market share di Indonesia sebanyak 65% di segmen pickup 4X4. Meski menyasar segmen fleet, nyatanya banyak konsumen yang memboyong unit ini untuk menunjang gaya hidupnya khususnya untuk penghobi off road. Jika Anda adalah salah satunya, maka Anda bisa memilih Triton Single Cabin (SC) untuk melakukan perjalanan offroad  yang menguji adrenalin bersama seorang teman.
 
Namun jika Anda juga ingin mengajak keluarga, bisa mempertimbangkan membeli Triton Double Cabin (DC) yang secara notabene memiliki ‘DNA’ mobil keluarga dengan dua baris penumpang. Apalagi MMKSI sudah dari awal menawarkan Mitsubishi Triton Double Cabin (DC) di pasar retail atau perorangan dan tersedia dalam enam pilihan warna yang membuatnya terlihat tidak seperti mobil niaga, sehingga membawa mobil ini ke mall atau taman di perkotaan dirasa wajar dan justru menambah prestise. 

Kelebihannya, jika Anda membawanya ke jalanan offroad seperti di jalan-jalan pegunungan yang sulit, Mitsubishi Triton ini tetap menjadi juaranya.  

3. Pertimbangan Harga

Nah, satu yang tak kalah penting adalah dari sisi harga. Tentu harga menjadi pertimbangan utama karena selisih harga Mitsubishi Triton Single Cabin (SC) dan Double Cabin (DC) j cukup jauh. Untuk harga OTR Medan Mitsubishi Triton HDX Single Cabin dibanderol Rp. 426,5 juta sedangkan yang Double Cabin (DC) seharga Rp. 484,5 juta sehingga perbedaan harga mencapai Rp. 58 juta. 

Karena kisaran harga untuk Mitsubishi Triton Double Cabin (DC) ada di angka Rp. 400 jutaan ke atas, maka jika Anda punya budget di kisaran itu direkomendasikan langsung membeli yang tipe Double Cabin (DC) mengingat untuk tipe Single Cabin (SC) terasa ‘nanggung’. 

Untuk tipe Single Cabin (SC) sendiri hanya ada di tipe HDX dan GLX yang harganya juga di bawah Rp. 400 juta. Penilihan Single Cabin (SC) mungkin bisa direkomendasikan untuk Anda yang menggunakan kendaraam ini untuk angkutan barang atau mau dirombak ulang sendiri dengan karoseri yang berbeda sehingga itu pertimbangan yang berbeda. Namun tentu, semua kembali kepada pertimbangan ekonomis Anda. 

Penutup 

Nah, itu tadi tiga pertimbangan sebelum memutuskan antara memilih Mitsubishi Triton tipe Single Cabin (SC) dan Double Cabin (DC). 

Anda bisa mendapatkan unit Mitsubishi Triton untuk wilayah Kota Medan & sekitarnya (Sumatera Utara) via Dealer Sardana IndahBerlian Motor pada alamat cabang berikut: 

1. Jalan Gatot Subroto No. 437, Kota Medan
2. Jalan Putri Hijau No.4A, Medan – 20111
3. Jalan Boulevard Barat No. 8 Bundaran Komp Cemara Asri



Dapatkan juga promo menarik di Dealer Sardana IndahBerlian Motor untuk setiap pembelian seperti promo cashback jutaan rupiah, promo service dan lainnya yang bisa memberikan Anda keuntungan berlipat. 

Pastikan unit Anda tersedia dengan memesannya dari sekarang karena Mitsubishi Triton punya waktu tunggu (indent) yang cukup panjang karena stoknya yang terbatas namun peminatnya cukup banyak.  

Untuk informasi dan penawaran lebih lanjut, hubungi whatsapp kami di 0811-654-1800 (Official Whatsapp Sardana). 

Mitsubishi, Pasti Sardana!


 

BERITA LAINNYA

Empat Spot Wisata Menarik di Danau Lau Kawar
Empat Spot Wisata Menarik di Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar di awal 2000an adalah sebuah hidden gim. Tidak banyak yang tau tempat ini. Apalagi pamornya sempat kalah dengan keindahan Danau Toba yang menjadi...

Lebih lanjut...
Perubahan Line Up Mitsubishi Xpander  & Xpander Cross 2024
Perubahan Line Up Mitsubishi Xpander  & Xpander Cross 2024

Telah menemani perjalanan keluarga di Indonesia selama lebih dari setengah dekade, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross menjadi idola MPV yang di tanah air. Kedua line up...

Lebih lanjut...
Mengenal Lebih Dekat Dealer Sardana IndahBerlian Motor Cabang Siantar!
Mengenal Lebih Dekat Dealer Sardana IndahBerlian Motor Cabang Siantar!

Halo, Sahabat Mitsubishi! Untuk Anda yang tinggal di Kota Siantar dan sekitarnya dan sedang mencari dealer Mitsubishi Fuso terdekat, ...

Lebih lanjut...