Pilih New Xpander Transmisi Manual Atau CVT? Ini Pertimbangannya!

2022-11-23

Pilih New Xpander Transmisi Manual Atau CVT? Ini Pertimbangannya!

Halo, Sahabat Mitsubishi!

Mungkin Anda ada rencana untuk membeli mobil Mitsubishi New Xpander namun masih bingung untuk pilihan transmisinya antara manual (MT) atau CVT.

Versi terbaru dari Mitsubishi Xpander memang tidak lagi menggunakan transmisi otomatis (AT) melainkan sudah CVT yang diklaim memiliki keunggulan seperti tarikan mesin yang lebih halus serta efisiensi BBM yang lebih baik dibanding transmisi otomatis (AT).

Kalau begitu apa saja pertimbangannya? Berikut Sardanagroup.co.id rangkum untuk Anda:

1. Sisi Budget

Perbedaan harga diantara varian Xpander transmisi manual dan CVT terpaut cukup tinggi mulai dari Rp. 8 juta  s/d Rp. 14 juta. Contohnya saja untuk varian Sport yang manual di buka di harga Rp. 300 juta sedangkan CVT di harga Rp. 314 juta.

Selisih harga tersebut terbilang cukup lumayan mengingat pembedanya hanya transmisi. Namun jika Anda memang ingin merasakan sensasi CVT yang merupakan hal baru di generasi Mitsubishi Xpander, tentu selisih tersebut bukanlah suatu masalah.

2. Sisi Pemakaian

Selalu ada plus minus pada transmisi mobil. Transmisi CVT punya keunggulan seperti tarikannya lebih halus, mobil terasa lebih ringan sampai tidak membuat kaki lelah menginjak pedal kopling khususnya ketika dibawa pada jalanan yang rentan terkena macet.

Meski transmisi CVT punya beberapa keunggulan di atas kertas, namun kita tidak boleh menutup mata akan kekurangannya yang jika dikomparasi pada beberapa indikator terkesan standar. Mobil dengan transmisi CVT akselerasinya lebih rendah dibanding yang manual, dan mesinnya juga rentan rusak jika tidak mendapatkan perawatan yang intensif atau dibawa pada medan yang terlalu kasar.  

Lalu apa keuntungan transmisi manual? Meski direpotkan di jalanan perkotaan, namun jika dibawa ke jalanan yang lenggang seperti pedesaan atau jalan tol, maka akselerasinya jauh lebih natural. Anda bisa mengatur perpindahan gigi dengan lebih santai dan spontan sesuai dengan situasi jalannya. Berbeda dengan CVT yang mana percepatannya sudah diatur oleh sistem ECU sehingga Anda harus menyesuaikan diri dengan sistem komputer yang pada momen tertentu bisa delay pada tarikan pertamanya.  

3. Sisi Perawatan

Jangan lupakan juga dari sisi perawatan. Meski punya berbagai keunggulan dari sisi pemakaian, transmisi CVT ternyata membutuhkan perhatian lebih dari pemiliknya. Misalkan pada transmisi manual, oli transmisinya cukup diganti tiap sedikitnya 40.000 KM, sedangkan pada CVT sekitar 20.000 KM. Harga olinya transmisi CVT juga tergolong lebih mahal dibanding manual.

Adapun jika satu part yang rusak pada transmisi CVT, biasanya Anda harus merogoh kocek untuk mengganti keseluruhannya. Hal itu berbeda dengan part pada transmisi manual yang bisa dirakit dan ditempel antar komponennya.  Namun, selama Anda melakukan perawatan rutin di bengkel resmi, maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

4. Sisi Purna Jual

Umumnya, masyarakat Indonesia membeli mobil dengan pertimbangan jangka panjang seperti harga jual kembali (after sales service). Untungnya, Mitsubishi Xpander adalah kendaraan dengan harga jual kembali terbaik di level MVP. Bahkan sudah mendapatkan berbagai penghargaan seperti dari GridOto Award (Kompas Media Group) pada 2019 dan 2020.  

Mengingat Mitsubishi Xpander pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2017, harga jualnya relatif masih stabil untuk semua transmisi baik itu manual, matic, maupun CVT. Balik lagi, semua tergantung kepada perawatan kendaraan masing-masing pemiliknya.   

Penutup

Nah, itu tadi empat pertimbangan dalam memilih transmisi pada Mitsubishi New Xpander.

Baik itu manual (MT) atau CVT, tergantung pada prefensi Anda. Ingin yang simpel penggunannya namun makan lebih banyak biaya? CVT jawabannya. Namun jika ingin menghemat budget dan tidak keberatan mengeluarkan fokus dan perhatian ekstra selama mengemudi? Transmisi manual jawabannya.    

Untuk Anda yang tinggal di Kota Medan dan ingin membeli unit Mitsubishi New Xpander dapat datang ke Dealer Sardana IndahBerlian Motor yang berada pada alamat berikut:

1. Jalan Gatot Subroto No. 437, Kota Medan.
2. Jalan Putri Hijau No.4A, Medan – 20111
3. Jalan Boulevard Barat No. 8 Bundaran Komp Cemara Asri

Atau hubungi whatsapp kami di 0811-654-1800 untuk informasi dan penawaran lebih lanjut.

Mitsubishi, Pasti Sardana!

BERITA LAINNYA

Empat Spot Wisata Menarik di Danau Lau Kawar
Empat Spot Wisata Menarik di Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar di awal 2000an adalah sebuah hidden gim. Tidak banyak yang tau tempat ini. Apalagi pamornya sempat kalah dengan keindahan Danau Toba yang menjadi...

Lebih lanjut...
Perubahan Line Up Mitsubishi Xpander  & Xpander Cross 2024
Perubahan Line Up Mitsubishi Xpander  & Xpander Cross 2024

Telah menemani perjalanan keluarga di Indonesia selama lebih dari setengah dekade, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross menjadi idola MPV yang di tanah air. Kedua line up...

Lebih lanjut...
Mengenal Lebih Dekat Dealer Sardana IndahBerlian Motor Cabang Siantar!
Mengenal Lebih Dekat Dealer Sardana IndahBerlian Motor Cabang Siantar!

Halo, Sahabat Mitsubishi! Untuk Anda yang tinggal di Kota Siantar dan sekitarnya dan sedang mencari dealer Mitsubishi Fuso terdekat, ...

Lebih lanjut...