PASSENGER CAR

LIGHT COMMERCIAL VEHICLE

COMMERCIAL VEHICLE

Pentingnya Dashboard Camera di Mobil Sebagai Peranti Keamanan

2020-11-06

Pentingnya Dashboard Camera di Mobil Sebagai Peranti Keamanan

Di era digital sekarang ini peran dashboard camera atau dashcam pada kendaraan pribadi menjadi penting. Bukan lagi berfungsi sebagai pemanis di mobil, melainkan ada fungsi utama yang merekam segala aktivitas dan kejadian saat kita berkendara. Apalagi dengan dashboard camera ini, pemilik kendaraan bisa menjadikan rekaman dari dashcam ini sebagai alat bukti jika terjadi sesuatu di jalan raya.

Ya, peranti yang satu ini memang mempunyai fungsi vital sebagai fitur tambahan keamanan saat berkendara. Umumnya, dashboard camera ini diletakkan pada kaca depan mobil dan bertugas merekam segala sesuatu yang terjadi saat mobil sedang melaju di jalan raya. 

Namun sebenarnya, ada beberapa tipe dashcam yang tersedia saat ini. Mulai dari yang menghadap ke depan, interior mobil, hingga yang mempunyai dua channel yaitu depan dan belakang. Cara kerjanya sama seperti kamera CCTV yang selalu merekam selama masih menyala dan akan tersimpan ke dalam kartu memori. 

Khusus di mobil, peranti dashcam ini menggunakan listrik dari colokan lighter yang menghasilkan daya 12V. Jadi selama mesin mobil menyala, dashcam ini akan terus merekam secara otomatis hingga mobil berhenti dan mesin dimatikan. 

Dari berbagai jenis dan model dashboard camera ini, pasti mempunyai fungsinya yang berbeda. Tentu paling tidak atau paling sering terdapat di mobil adalah dashcam yang berada di depan. Tapi jika ingin lebih aman dapat menggunakan dua channel, menghadap depan dan belakang sehingga Anda bisa merekam kejadian baik di depan mobil dan juga di belakang mobil secara bersamaan. 

Dashcam interior berfungsi sebagai pemantau kegiatan di dalam kabin. Biasanya digunakan oleh orang yang memakai sopir pribadi sehingga bisa mengetahui kegiatan saat sopir sedang mengemudi, misalnya mengantar anak sekolah, cara mengemudi si sopir, penyalahgunaan mobil, dan lain-lain.

Agar fungsi dashcam ini bisa maksimal, tentunya Anda harus mengetahui cara mengaplikasikannya di mobil. Selain agar tangkapan gambar maksimal, pemasangan yang baik juga membuat pengemudi lebih aman dan nyaman. 

Apabila dipasang pada bagian depan, sebaiknya kamera dashboard ini dipasang di belakang kaca spion tengah mobil. Dengan begitu, kamera bisa menangkap semua obyek dengan presisi antara sisi kanan dan kiri. Peletakan yang tepat sangat penting karena pada umumnya perangkat ini mampu mengambil gambar hingga ke sudut selebar 150 derajat. Jangan lupa untuk menyembunyikan kabel chargernya ke bagian dalam dashboard mobil, agar tidak mengganggu pandangan pengemudi. 

Selain fungsinya yang dapat menjadi alat bukti atas sebuah insiden atau peristiwa di jalan raya seperti kecelakaan atau musibah, dashcam ini juga bisa membuat Anda terhindar dari pemerasan. Biasanya saat terjadi kecelakaan tentu akan ada yang saling menyalahkan, dan rekaman dashcam ini bisa menjadi bukti Anda ketika harus berhadapan dengan pihak yang berwajib. 

Selain itu, jika mobil Anda dilindungi oleh asuransi maka rekaman dari dashcam dapat membantu pihak asuransi menyelidiki penyebab kecelakaan. Dengan rekaman ini akan memperkuat temuan pihak asuransi terkait klaim apakah pemilik mobil berhak mendapat pertanggungan atas insiden yang terjadi atau tidak. 

Nah, bagi pemilik mobil Mitsubishi sekarang ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan dashboard camera sebagai salah satu aksesori resmi mereka. Dashboard camera yang diluncurkan oleh PT MMKSI memiliki seri SPA98001 Blackvue Cloud, yang dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan berikut ini.

  1. Resolusi full HD 1080P, 60 FPS dengan wide angle view 139°

  2. Kemampuan visibilitas malam hari yang telah disempurnakan

  3. Sistem jaringan WiFi, serta kompatibel untuk penggunaan dengan sistem penyimpanan CLOUD

  4. SONY Starvis CMOS Sensor teknologi piksel bercahaya belakang yang digunakan dalam sensor gambar CMOS untuk aplikasi kamera pengintai dengan sensitivitas 2000 mV atau lebih per 1 µm2 sehingga dapat mewujudkan kualitas gambar yang tinggi dalam visible-light dan near infrared light regions.

  5. Penyimpanan data yang sangat efisien tanpa perlu melakukan format Micro-SD

  6. Proteksi terhadap file yang terekam pada gawai dari tabrakan dan guncangan

  7. Setelah penggunaan lebih dari 24 jam non-stop, secara terjadwal kamera akan melakukan Reboot untuk menjaga kestabilannya

  8. Merekam kecepatan dan lokasi kendaraan melalui GPS

  9. Memiliki fitur Temperature Control yang secara otomatis akan mematikan sistem pada suhu 80° Celsius untuk menjaga performa kamera

“Dashboard Camera” SPA98001 ini dibandrol Rp 3.970.000,- (belum termasuk PPN). Untuk informasi dan pemesanan lebih lanjut konsumen dapat menghubungi di dealer resmi kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia.

Sumber: mitsubishi-motors.co.id

BERITA LAINNYA

Apa Saja Perawatan untuk Mobil Bertransmisi Otomatis?
Apa Saja Perawatan untuk Mobil Bertransmisi Otomatis?

Saat ini mobil bertransmisi otomatis makin digemari masyarakat Indonesia terutama di kota-kota besar. Alasan utamanya adalah agar lebih nyaman saat menghadapi kemacetan. Namun demikian, m...

Lebih lanjut...
Kenali Fitur-Fitur di Mobil Mitsubishi yang Dapat Mencegah Mobil Melintir Saat Kondisi Jalan Licin
Kenali Fitur-Fitur di Mobil Mitsubishi yang Dapat Mencegah Mobil Melintir Saat Kondisi Jalan Licin

Mengendarai mobil dengan aman tidak hanya membutuhkan skill pengemudi tetapi bagaimana pengemudi juga dapat memperhitungkan kondisi jalan yang dilintasinya. Terutama saat seperti sekarang ini diman...

Lebih lanjut...
Keunggulan Mitsubishi Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition
Keunggulan Mitsubishi Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Mitsubishi Motors merayakan tiga tahun hadirnya small MPV andalan, Mitsubishi Xpander dengan menghadirkan varian edisi khusus. Tidak hanya satu, tapi ada dua ...

Lebih lanjut...