PASSENGER CAR

LIGHT COMMERCIAL VEHICLE

COMMERCIAL VEHICLE

Peluang Usaha di Kota Medan Yang Bisa Dicoba Selama New Normal

2021-09-08

Peluang Usaha di Kota Medan Yang Bisa Dicoba Selama New Normal

Berwirausaha selama pandemi covid-19 tetap menjanjikan selama Anda menemukan ide yang tepat untuk pasar yang tepat. Apalagi dalam situasi seperti sekarang, mencari uang tambahan sangat penting demi memenuhi kebutuhan hidup khususnya sebagai dana darurat. 

Di Kota Medan sendiri, ada beberapa jenis usaha yang bisa Anda mulai dengan modal mulai jutaan rupiah saja. Apa saja? Berikut peluang usaha di Kota Medan yang bisa Anda selama new normal: 

1. UMKM Fisik 

UMKM mendapatkan perhatian pemerintah selama pandemi covid-19 melanda di Indonesia. Tak kurang dari dua tahun, UMKM telah mendapatkan insentif pendanaan dari pemerintah yang digelontorkan dalam beberapa tahap. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi Anda yang ingin memulai bisnis. 



Membuka bisnis berskala UMKM dapat Anda mulai dengan modal jutaan sampai puluhan juta. Tentu dalam memulai bisnis Anda memerlukan kolaborasi dengan orang lain, baik dari sisi pendanaan maupun teknis pengerjaannya. 

Bisnis berskala UMKM fisik yang bisa Anda kerjakan dan sangat berpeluang di masa new normal seperti sekarang adalah bisnis kuliner, studio foto, furniture/peralatan rumah tangga, distro pakaian, elektronik, jasa potong/cukur rambut, jasa custom hadiah (ulang tahun, wisuda, pernikahan,dll), sampai bengkel kendaraan bermotor. 

Apalagi bisnis yang dimulai dengan kreatifitas pribadi tanpa terafiliasi dengan franchise lain berpotensi besar untuk mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah.  

2. Produk Kesehatan 

Karena kebutuhan akan gaya hidup sehat dan kekhawatiran terhadap pandemi covid-19, semakin banyak orang yang mulai sadar terhadap proteksi kesehatan. Hal ini bisa Anda maksimalkan sebagai peluang bisnis. Salah satu peluang usaha yang marak saat ini adalah penjualan masker eceran. Anda bisa membeli masker dari grosiran besar dan menjualnya kembali dengam margin yang wajar.  



Selain itu, usaha yang cukup menjanjikan lainnya adalah menjual polis asuransi jiwa dan kesehatan. Hal ini sebagai langkah preventif untuk mendapatkan faslitas kesehatan yang lebih lengkap dan obat-obatan khusus serta mendapatkan sebanyak mungkin benefit dari preminya. Jujur saja, saat ini bisnis agen asuransi juga mendapat peningkatkan permintaan. 

Membuka toko obat berizin juga sangat menjanjikan di masa sekarang. Selama Anda memiliki izin dan kualifikasi atau orang dipekerjakan dengan kualifikasi sebagai apoteker, Anda bisa membuka toko obat berizin. Apalagi kebutuhan akan tabung oksigen juga meningkat drastis, sehingga jika Anda memiliki izin sebagai pengecer, Anda bisa menjualnya dengan-sekali lagi- harga yang wajar.  

3. Bisnis Online 

Karena terbatasnya mobilitas fisik, terjadi transformasi penjualan dari konvensional menjadi  daring. Baik berupa jasa maupun produk. Bicara soal peluang bisnis online, jumlahnya sangat beragam. Ada bisnis online yang bersifat reseller, dropshipper, sampai affiliate marketing. Anda bisa menyesuaikan diri ke salah satunya.

Apalagi jika Anda memiliki produk sendiri. Tentu akan jauh lebih menguntungkan. Contohnya saja di Kota Medan, jual beli daging durian kiloan selalu menjadi booming tiga hingga empat kali setahun. Anda tidak perlu memiliki kebun durian sendiri untuk menjual daging durian. 



Anda cukup berkolaborasi dengan salah satu petani durian untuk menjualkan duriannya dengan sistem bagi hasil, atau jika punya modal berlebih Anda bisa membeli lebih dulu dan menjualnya kembali via marketplace online seperti Tokopedia, Shopee, sampai Bukalapak. 

Secara market, pembeli durian dari online juga semakin banyak. Apalagi jika bicara soal harga-harga yang terpampang, jauh lebih terjangkau dibanding membeli durian di emperan jalan sehingga ini menjadi keuntungan tersendiri.   

Jika Anda memiliki skill di bidang digital marketing, Anda bisa menjual bakat Anda pada marketplace content atau klien-klien potensial yang ada di internet. Entah itu kemampuan menulis, desain, animasi, programming, voice over, atau menghasilkan uang dari konten melalui google adsense. Menarik, bukan? 

4. Bisnis Logistik 

Bisnis logistik memang sedang naik daun. Sebelumnya Mimin juga pernah membahasnya secara detail pada salah satu tulisan di blog ini. 

Baca juga: Menjanjikan di 2021, Ini Langkah Memulai Bisnis Logistik di Indonesia! 

Untuk memulai bisnis logistik, tentu Anda harus memperhatikan jenis bisnis logistik yang akan dikerjakan. Apakah Anda memang sudah memiliki usaha yang membutuhkan jasa logistik dan membutuhkan kendaraan niaga sebagai fasilitatornya, atau memang berniat untuk membuka jasa logistik murni tanpa ada bisnis yang mengindukinya.

Apapun yang menjadi pilihan Anda sebenarnya tidak ada masalah, karena keduanya terbukti memberikan penghasilan. Kuncinya adalah kepekaan Anda terhadap market yang disasar. Jika Anda melihat di suatu wilayah permintaan akan jasa pengangkutan barang cukup tinggi, Anda boleh membeli kendaraan niaga tersebut.

Wilayah yang secara rinci dimaksud seperti pasar tradisional, pemukiman padat penduduk sampai area pendidikan seperti sekolah dan kampus. 



Atau jika Anda sudah punya usaha, tentu kendaraan niaga akan sangat membantu produktivitas bisnis Anda.  Contohnya saja di Kota Medan, ada Bapak Zainul Abidin, pemilik dan pendiri Ucok Durian yang legendaris. Berkat Mitsubishi L300, produktivitas usahanya meningkat setiap tahunnya. 

Penutup

Yang namanya berwirausaha yang paling penting adalah keberanian untuk memulai. Tanpa keberanian untuk memulai, tentu kita tidak akan pernah tau bagaimana hasilnya. Gagal dalam berwirausaha tentu adalah hal biasa. Formulanya adalah bagaimana mencoba berbagai jenis usaha sampai menemukan yang benar-benar relevan untuk Sahabat Mitsubishi. 

Ingat, proses untuk menemukan itu yang memerlukan waktu yang panjang. Karenanya, jangan cepat menyerah jika gagal di satu waktu. Masih ada kesempatan untuk mencoba sesuatu yang berbeda di lain waktu. 

Jika Sahabat Mitsubishi ingin memulai bisnis logistik dengan modal tidak sampai Rp. 200 juta, maka membeli kendaraan niaga seperti Mitsubishi L300 adalah pilihan yang tepat. Karena ada banyak peluang usaha yang bisa dilakukan dengan kendaraan Mitsubishi L300 seperti jasa pengangkutan, rental, hingga membantu bisnis utama yang sedang Anda kerjakan. 



Untuk mendapatkan unitnya, bisa menghubungi whatsapp kami di 0811-654-1800. Atau datang langsung ke Dealer Sardana IndahBerlian Motor yang berada di alamat berikut: 

1.    Jalan Gatot Subroto No. 437, Kota Medan.
2.    Jalan Putri Hijau No. 4A, Medan – 20111
3.    Jalan Boulevard Barat No. 8 Bundaran Komp Cemara Asri 

Mitsubishi, Pasti Sardana! 


 

BERITA LAINNYA

Rahasia Sukses Ucok Durian Dalam Membangun Bisnis di Medan 
Rahasia Sukses Ucok Durian Dalam Membangun Bisnis di Medan 

Nama Ucok durian tentu tidak asing lagi di kalangan pecinta durian Sumatera Utara, bahkan bagi pengunjung dari pulau Jawa yang notabenenya ke Medan untuk berwisata....

Lebih lanjut...
Studio Musik di Medan Yang Jadi Rekomendasi
Studio Musik di Medan Yang Jadi Rekomendasi

Bermain alat musik adalah salah satu aktivitas hiburan yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Saat ini terjadi transisi gaya hidup, yang mana stud...

Lebih lanjut...
Fasilitas Protokol Kesehatan di Bengkel Sardana Untuk Menunjang Kenyamanan Pengunjung 
Fasilitas Protokol Kesehatan di Bengkel Sardana Untuk Menunjang Kenyamanan Pengunjung 

Aktivitas di Bengkel Sardana memang tetap beroperasi seperti biasa selama pandemi covid-19, namun persoalan protokol kesehatan juga menjadi perhatian serius dari manajeme...

Lebih lanjut...