PASSENGER CAR

LIGHT COMMERCIAL VEHICLE

COMMERCIAL VEHICLE

MITSUBISHI MOTORS AJAK JURNALIS JELAJAH JAWA TIMUR LEWAT #AYOGASTERUS MEDIA ADVENTURE 2020

2020-02-13

MITSUBISHI MOTORS AJAK JURNALIS JELAJAH JAWA TIMUR LEWAT #AYOGASTERUS MEDIA ADVENTURE 2020

Sebagai bagian dari rangkaian peluncuran kendaraan terbarunya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengajak rekan-rekan jurnalis untuk menguji langsung performa dan fitur unggulan dari XPANDER CROSS, OUTLANDER PHEV, ECLIPSE CROSS, dan NEW TRITON dalam acara #AyoGasTerus Media Adventure 2020 di rute Surabaya menuju Banyuwangi.

Selama kegiatan yang berlangsung dari 2-4 Februari 2020, PT MMKSI telah menyediakan 10 kendaraan untuk menemani total 33 media. “Hari ini kami mengajak rekan-rekan jurnalis untuk menguji performa, fungsi dan fitur dari empat produk unggulan kami. Perjalanan dari Surabaya menuju Banyuwangi melewati rute yang beragam, mulai dari perkotaan, jalan tol, pegunungan hingga ke pantai. Keragaman jenis medan akan membuat rekan-rekan media merasakan langsung pengalaman berkendara yang berbeda serta keunggulan dan keistimewaan produk kami. Tidak hanya itu saja, sesuai dengan nama acara #AyoGas Terus Media Adventure 2020 kami juga sudah menyiapkan berbagai aktivitas menarik untuk rekan-rekan jurnalis salah satunya adalah kegiatan bersama para influencers XPANDER CROSS ‘Your Adventure Buddy’,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI.

Dalam rangkaian kegiatan #AyoGasTerus Media Adventure 2020, Mitsubishi Motors telah mengagendakan berbagai kegiatan untuk menguji performa dan fitur dari setiap produk. Pada batch 1 hari pertama ini perjalanan dimulai dari Surabaya menuju Pasuruan hingga ke Jember dengan total jarak 313 KM. Dalam perjalanan ini para jurnalis bisa mencoba langsung empat kendaraan yang ada yaitu XPANDER CROSS, OUTLANDER PHEV, ECLIPSE CROSS dan NEW TRITON.

Tujuan pertama para peserta adalah Restoran Bakpao Telo perjalanan menuju kesana melewati jalur pegunungan dengan jalur menanjak, jalan sempit dan tikungan tajam sehingga memadai bagi rekan-rekan jurnalis untuk menguji akselerasi, kenyamanan, manuver dan handling. Selama perjalanan para peserta juga disuguhi permainan menarik terkait dengan keunggulan dan fitur tiap kendaraan sehingga para peserta bisa lebih mengeksplorasi lebih jauh tiap produk yang ada. 

Tujuan kedua para peserta adalah Plataran Bromo yang terletak di 2.000 MDPL dengan rute menanjak. Sesampainya di Restoran Teras Bromo, para peserta berkesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dari Panji Petualang dan Denny Sumargo mengenai tips bertualang dan cara hidup di alam bebas. Panji Petualang dan Denny Sumargo juga menceritakan mengenai pengalaman mereka saat berpetualang keliling di Indonesia dan bagaimana kendaraan ideal untuk menikmati pengalaman.

Setelah sesi tersebut, para peserta melanjutkan perjalanannya menuju Gedung Woloe di Pasuruan untuk beristirahat sejenak. Perjalanan menuju Gedung Woloe dilalui dengan rute turunan dan banyak tikungan yang berkelak-kelok. Sesampainya disana para peserta berkesempatan untuk mengabadikan XPANDER CROSS, ECLIPSE CROSS dan NEW TRITON di salah satu gedung bersejarah di Pasuruan. 

Dari Pasuruan, para peserta #AyoGasTerus Media Adventure 2020 melanjutkan perjalanan melewati tol trans jawa melewati daerah Probolinggo Timur, Lumajang, hingga Jember. Rute yang dilewati mayoritas adalah jalan provinsi sehingga para peserta bisa merasakan langsung kenyamanan dan keunggulan kendaraan Mitsubishi Motors ketika digunakan dalam perjalanan sehari-hari. Jember menjadi daerah terakhir di hari pertama #AyoGasTerus Media Adventure 2020 untuk beristirahat sebelum melanjutkan kembali perjalanan ke Banyuwangi.

XPANDER CROSS Mudah Libas Medan Surabaya Hingga Jember

Kendaraan yang menjadi highlight dalam #AyoGasTerus Media Adventure adalah XPANDER CROSS yang baru diluncurkan pada November 2019 lalu.  XPANDER CROSS memadukan kenyamanan sebuah MPV dengan ketangguhan sebuah SUV. Hal ini terlihat Dynamic Eksterior Design yang menggambarkan keseimbangan antara kedinamisan dan power. Kesan SUV semakin kuat dengan desain skid plate pada bumper bawah yang kuat dan protektif. XPANDER CROSS juga menggunakan headlamp LED dan fog lamp yang mengoptimalkan visibilitas saat melewati kawasan Surabaya hingga Jember.

Medan yang menantang bukan halangan bagi XPANDER CROSS yang dibekali mesin gasoline 1.5 L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System) DOHC 16 valve. Mesin 4A91 pada XPANDER CROSS merupakan pembaruan dari seri 49A, dimana secara efisiensi bahan bakar lebih tinggi dan suara mesin lebih halus. XPANDER CROSS juga memiliki ground clearance terbaik dikelasnya yaitu 225 mm sehingga cocok digunakan untuk medan yang menantang. Dipadukan dengan suspensi khusus rebound spring memberikan kenyamanan maksimal selama berkendara.

Selain performa yang mumpuni, XPANDER CROSS juga telah dilengkapi dengan fitur cruise control untuk memudahkan peserta mengontrol kecepatan selama perjalanan Surabaya menuju Jember. Visibilitas juga sangat baik dengan kaca depan yang luas dan posisi duduk tinggi. XPANDER CROSS juga telah dilengkapi dengan rear camera yang terhubung dengan head unit dan sensor parkir mengoptimalkan keamanan saat parkir.

Kesan tangguh dan adventurous juga semakin kuat lewat roof rail untuk menunjang aktivitas petualangan para peserta. Tidak hanya itu saja, new design 17-inch alloy wheel dipadukan dengan wheel arch molding dan side body garnish juga memperkuat tampilan XPANDER CROSS. Di bagian belakang, piano black tailgate garnish dan skid plate yang lebih besar di bagian bawah bumper membuat tampilan XPANDER CROSS semakin tangguh.

Selain tampilan yang tangguh, para peserta dapat merasakan langsung kabin yang nyaman dan luxurious. Kabin XPANDER CROSS didominasi dengan warna hitam dan coklat pada dashboard, serta dual tone leather  pada bagian kursi. Untuk menunjang kenyamanan selama perjalanan, XPANDER CROSS telah dilengkapi dengan 7-inch touch screen yang dilengkapi dengan smartphone connectivity. Selama perjalanan, para jurnalis juga semakin nyaman dengan power outlet yang disematkan pada baris depan, tengah, dan belakang. Kompartemen penyimpanan pun tersedia di bagian bawah kursi, seat pocket di belakang kursi, serta bagasi.

Kendaraan Ramah Lingkungan New OUTLANDER PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle)

Selama kegiatan #AyoGasTerus Media Adventure 2020 para peserta juga bisa mencoba kendaraan ramah lingkungan yaitu New OUTLANDER PHEV. Dengan teknologi plug-in hybrid yang merupakan perpaduan antara mesin gasoline 2.4 L motor dan baterai membuat kendaraan ini lebih ramah lingkungan namun tetap memberikan kenyamanan maksimal bagi para peserta selama perjalanan. Para peserta bisa mencoba langsung 3 (tiga) mode yang ada di New OUTLANDER PHEV yaitu EV Drive ModeSeries Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode. Saat menggunakan EV Drive, motor akan menggerakkan kendaraan menggunakan tenaga listrik dari baterai. Penggunaan tenaga listrik ini membuat kendaraan tidak mengkonsumsi bahan bakar sehingga lebih ramah lingkungan.

Apabila peserta menggunakan Series Hybrid Mode, kendaraan akan menggunakan perpaduan tenaga listrik dan mesin. Ketika energi di baterai turun pada level tertentu, secara otomatis mesin gasoline 2.4 L akan menghasilkan listrik untuk baterai. Jika menggunakan Parallel Hybrid Mode, mesin akan melaju dengan bantuan motor saat kendaraan membutuhkan ekstra tenaga seperti menyalip pada kecepatan tinggi atau situasi lain yang membutuhkan akselerasi lebih cepat.

TIdak hanya itu saja, para peserta juga menyaksikan langsung New OUTLANDER PHEV dapat digunakan sebagai generator untuk menjadi sumber listrik bagi perangkat rumah tangga. Kondisi perjalanan yang melewati pegunungan dengan jalur menanjak dan tikungan tajam tidak menghalangi New OUTLANDER PHEV yang telah dilengkapi dengan sistem Super All Wheel Control (S-AWC) sebuah sistem kendali terintegrasi menjadikan kendaraan ini aman untuk melintas di berbagai medan.

New OUTLANDER PHEV juga semakin nyaman dan aman dengan berbagai fitur seperti Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) dan Advanced Driver-Assistant System (ADAS) yang terdiri dari tujuh SRS airbag, ASC (Active Stability Control), FCM (Forward Collision Mitigation System) dan BSW (Blind Sport Warning).  Teknologi dan fitur tersebut membuat New OUTLANDER PHEV sebagai World Best-Selling Plug-in Hybrid Vehicle serta Europe’s Best-Selling Plug-in Hybrid Vehicle dari tahun 2015-2018. New OUTLANDER PHEV juga mendapat skor lima bintang dari ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) dari sisi ketahanan dan keamanannya.

Teknologi Canggih dari ECLIPSE CROSS

Lini kendaraan lain yang hadir di #AyoGasTerus Media Adventure 2020 adalah ECLIPSE CROSS, sebuah compact SUV dengan desain stylish dan dinamis. Dengan desain muka Dynamic Shield yang merupakan DNA Mitsubishi Motors, ECLIPSE CROSS semakin menarik dengan desain Tailgate Window. Desain ini membuat ECLIPSE CROSS hadir dengan gaya coupe yang menjadikan kaca belakang dirancang khusus seperti terbagi dua namun tidak mengurangi visibilitas pengendara. 

ECLIPSE CROSS juga dilengkapi dengan Power Panoramic Sunroof dengan double sunroof yang dapat terbuka keluar menjadikannya semakin stylish dan memberikan kesan kabin lebih luas. Penggunaan sunroof dapat dioperasikan secara terpisah oleh pengemudi dan penumpang tergantung dari kebutuhan. Dari sisi interior, ECLIPSE CROSS terasa sangat eksklusif dan nyaman dengan warna cover genuine leather berwarna hitam.

Dari sisi dapur pacu, ECLIPSE CROSS menggunakan mesin gasoline 1.5 L Turbocharged menjadikan lebih bertenaga dan akselerasi yang lebih cepat. Performa responsif juga didukung oleh direct fuel injectionintegrated exhaust manifold cylinder headsodium-filled exhaust valve, MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System) dan berbagai fitur lainnya. Performa ECLIPSE CROSS juga didukung efisiensi bahan bakar dengan teknologi INVECS-III CVT yang juga membuat akselerasi terasa lebih nyaman. 

Dalam hal keamanan, ECLIPSE CROSS telah mendapat skor lima bintang dari ASEAN NCAP pada tahun 2018. Hal ini dikarenakan ECLIPSE CROSS telah dilengkapi dengan “Advance Safety Feature” seperti tujuh SRS airbag untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadinya tabrakan. Selain itu, ECLIPSE CROSS juga dilengkapi dengan FCM (Forward Collision Mitigation System) yang mampu mencegah terjadi tabrakan didepan mobil dan mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser.

Selama perjalanan ECLIPSE CROSS juga menghadirkan teknologi terdepan kepada para peserta. Seperti hadirnya Head Up Display yang memberikan informasi kecepatan, RPM, serta advance feature jika diaktifkan, dan terletak diatas Multi Information Display (MID) agar mudah dilihat oleh pengemudi. Eclipse Cross juga dilengkapi dengan fitur Touchpad Controller yang memudahkan pengemudi untuk mengatur Smartphone-Link Display Audio lewat sentuhan jari pada Touchpad disamping tuas transmisi.

NEW TRITON Semakin Tangguh dan Dapat Diandalkan Di Semua Medan

Para peserta #AyoGasTerus Media Adventure 2020 ditantang untuk menguji ketangguhan New TRITON selama perjalanan. Dengan pembaharuan sisi eksterior yang kuat dan tangguh dengan konsep desain muka Dynamic Shield khas Mitsubishi Motors. Di sisi interior, New TRITON memiliki konsol tengah yang simple dan terpadu sekaligus memberikan kesan mewah dengan penambahan soft pads

New TRITON juga mendapatkan penyempurnaan sistem 4WD untuk memberikan peningkatan performa lewat off-road mode untuk memaksimalkan traksi dan parameter stabilitas control sesuai kondisi medan serta peningkatan sistem keamanan. New TRITON juga dilengkapi dengan fitur bantuan untuk pengemudi seperti Hill Decent Control (HDC) untuk menjaga kecepatan kendaraan dengan kondisi berbagai medan. Secara keseluruhan, berbagai fitur pada New TRITON mendapat pembaharuan signifikan dari sisi durabilitas dan keandalan yang dibutuhkan oleh konsumen komersial namun tidak melupakan kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari.

Dari sisi keamanan New TRITON tidak perlu diragukan lagi, dilengkapi dengan Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) untuk menyerap benturan. Selain itu, New Triton juga dilengkapi dengan fitur keamanan canggih, seperti tujuh SRS airbagForward Collison Mitigation System (FCM) mengaplikasikan pengereman darurat dengan sensor visual di depan kendaraan. New TRITON juga dilengkapi dengan Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System (UMS) untuk mencegah kendaraan bergerak dari posisi parkir ketika sensor mendeteksi ada halangan dari arah depan maupun belakang.

Tambahan fitur keamanan berupa Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA) akan memperingatkan pengemudi terhadap keberadaan kendaraan lain dititik blind spot atau yang melaju cepat dari belakang. Rear Cross Traffic Alert (RCTA) untuk memonitor laju kendaraan dibelakang kendaraan, Automatic High Beam secara otomatis mengalihkan lampu utama tinggi dan rendah lewat sensor dan monitor kendaraan saat parkir dengan sistem ultrasonik. Untuk memudahkan parkir di area sempit, ECLIPSE CROSS dilengkapi dengan Multi-around View Monitor.

 

BERITA LAINNYA

RIFAT SUNGKAR: MENJADI PEMBALAP RELI BISA DIMULAI SEJAK USIA DINI
RIFAT SUNGKAR: MENJADI PEMBALAP RELI BISA DIMULAI SEJAK USIA DINI

Menjadi pembalap sekarang ini sudah lebih mudah dibandingkan dengan 20 tahun lalu. Rifat Sungkar seorang pembalap reli yang juga brand ambassador Mitsubishi di Indonesia menjelaskan pengalamannya t...

Lebih lanjut...
Jangan Lupa Test Drive Sebelum Beli Mobil, Ini yang Harus Diperhatikan Oleh Konsumen
Jangan Lupa Test Drive Sebelum Beli Mobil, Ini yang Harus Diperhatikan Oleh Konsumen

Mencoba sebelum membeli memang sudah wajib hukumnya di dunia otomotif. Konsumen yang akan membeli sebuah mobil baru tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, apakah mobil incaran tersebut ma...

Lebih lanjut...
Tips Merawat Aki Mobil Ketika Diparkir Lama
Tips Merawat Aki Mobil Ketika Diparkir Lama

Kondisi pandemi saat ini pasti membuat banyak Mitsubishi Family yang #dirumahaja, sehingga mobil Mitsubishi kesayangan menjadi jarang digunakan. Nah, ketika mobil jarang digunakan ini ada hal yang ...

Lebih lanjut...