Lima Wisata Air Terjun Terbaik di Sumatera Utara

2022-08-24

Lima Wisata Air Terjun Terbaik di Sumatera Utara

Halo, Sahabat Mitsubishi! 

Wisata air terjun menjadi salah satu wisata air yang digemari masyarakat mengingat pemandangan dan nuansa yang disajikan biasanya eksotis dan menyejukkan. Selain  itu, tidak dibutuhkan biaya yang besar untuk masuk ke lokasi wisata air terjun karena memang sifatnya yang natural dan tidak membutuhkan banyak pengeluaran dalam pengelolaannya sehingga masyarakat bisa menikmatinya dengan 

Hanya saja memang jarak tempuh menjadi masalah, apalagi lokasi air terjun yang biasanya jauh dari pusat kota karena berada di aliran sungai dan celah-celah tebing perbukitan/pegunungan. Karenanya masyarakat yang ingin berpergian dari Kota Medan 

Lalu dimana lima lokasi air terjun terbaik di Sumatera  Utara? Berikut Sardanagroup.co.id rangkum untuk kamu: 

1. Air Terjun Sipiso-piso, Merek, Karo

Tiket masuk: Rp. 7500 (Dewasa) Rp. 5000 (Anak-anak) 



Siapa yang belum kenal air terjun yang satu ini? Air terjun setinggi 120 meter ini merupakan salah satu yang tertinggi di Sumatera Utara. Nama ‘Piso’ sendiri diambil dari Bahasa Karo yang berarti pisau. Hal itu  dikarenakan jika Anda melihatnya dari jauh, air terjun ini tampak seperti pisau yang panjang dan tajam. 

Untuk mencapai dasar air terjun, Anda harus menuruni 500 anak tangga lebih dulu karena letak air terjun ini memang berada di ketinggian. Kurang lebih, Anda harus berjalan selama 40 menit s/d 1 jam. Bukan hanya menikmati pemandangan air terjun yang megah dan sejuk, namun Anda juga bisa menikmati pemandangan danau toba dari ketinggian tepatnya di gardu pandang yang disediakan oleh pengelola. Di sini, Anda juga bisa mengabadikan momen sehingga mendapatkan foto-foto yang eksotis untuk diunggah di media sosial.  

2. Air Terjun Dua Warna, Sibolangit, Deli Serdang

Tiket masuk: Rp. 25.000



Air terjun dua warna menjadi satu fenomena tersendiri karena dasar air terjun ini terbagi menjadi dua gradiasi warna yakni biru dan putih. Hal itu dikarenakan kandungan airnya  mengandung fosfor dan belerang sehingga tidak boleh terminum oleh pengunjung. Anda bisa menikmati keindahan air terjun setinggi  75 meter ini dengan berjalan kaki selama 2 jam dari pintu masuk di Bumi Perkemahan Sibolangit. 

Karena lokasinya yang berada di pedalaman dan harus menyusuri hutan lebat, fasilitas di dalamnya pun bisa disebut minim. Pengunjung yang datang cenderung memang sudah mempersiapkan fisik dan mentalnya karena rintangan menuju air terjun ini memang cukup menantang sehingga tidak cocok untuk rekreasi ringan keluarga. Namun rasa lelah akan sangat terbayarkan dengan pemandangan air terjun ini yang mempesona dan sejuknya alam Sibolangit yang menenangkan pikiran.    

3. Air Terjun Efrata (Sosor Dolok), Harian, Samosir 

Tiket masuk: Rp. 8000



Berada di jalur perlintasan menara pandang Tele, air terjun Efrata sangat cocok menjadi pelengkap perjalanan Anda yang ingin menjelajahi keindahan pesisir Danau Toba via jalan darat. Tempat ini juga sangat dekat dengan Bukit Holbung sehingga pengunjung yang melintasi Bukit Holbung juga sering menyempatkan waktunya kemari. 

Air terjun Efrata berada di perbukitan sehingga pengunjung bisa langung melihat air terjun setinggi  20 meter ini dari kejauhan. Di sini Anda bisa melakukan sesi foto dengan keluarga/teman-teman Anda atau ikut berendam di air kolam yang dingin yang sudah disediakan oleh pengelola sebelum kemudian mengeksplorasi sisi-sisi menarik lainnya dari Pulau Samosir.  

4. Air Terjun Teroh-teroh, Langkat 

Tiket masuk: Rp. 40.000



Jika Anda tidak asing dengan nama ‘Pelaruga’ maka Anda bisa langsung tau kalau air terjun Teroh-teroh ini berada di daerah hutan alami yang dijadikan sebagai area hiking/tracking untuk pecinta alam yang diakui di dunia internasional. Itu dikarenakan air terjun Teroh-teroh ini berada di Kabupaten Langkat yang kawasannya dekat dengan Taman Nasional Gunung Leuser. 

Untuk mengakses lokasi ini Anda harus ditemani oleh seorang guide (pemandu) karena jaraknya dari pintu masuk yang cukup jauh sekitar 15 menit perjalanan. Namun begitu tiba, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang masih sangat asri mulai dari pepohonan lebat di kiri kanan, air terjun setinggi 12 meter dengan debit air deras, dan kolam air yang sangat jernih yang konon airnya bisa diminum langsung oleh pengunjungnya. 

Jangan lupa menjaga stamina jika bermain ke sini karena udaranya yang sangat dingin dan medan yang cukup menantang. Apalagi, pengunjung biasanya memainkan body rafting sejauh 2 km di sini sehingga kamu harus benar-benar fit untuk memainkannya.   

5.  Air Terjun Sikulikap, Brastagi, Karo 

Tiket masuk: Rp. 5000,- 



Jika Anda hendak berangkat menuju ke Brastagi dan sempat melewati objek wisata Penatapan, maka berhentilah sejenak karena air terjun ini berada tidak jauh dari Penatapan Doulu yang terkenal dengan deretan kafenya yang sangat ikonik. Anda akan menemukan papan tanda air terjun Sikulikap dan cukup berjalan menuruni anak tangga selama 10 menit. 

Begitu sampai Anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan air terjun setinggi 30 meter dengan dasarnya berupa kolam yang sangat jernih. Ada berbagai keseruan yang menanti, seperti berfoto ria, bermain air, menikmati suguhan makanan/minuman yang ditawarkan pengelola, sampai berkemah di pesisir dasar air terjun.  
Penutup 

Nah, itu tadi lima air terjun rekomendasi di Sumatera Utara yang bisa kamu kunjungi.

Untuk kamu yang ingin mengajak keluarga atau teman ke dalam perjalanan, tentunya membutuhkan kendaraan yang bisa memberikan akomodasi yang luas, aman dan nyaman. Mitsubishi New Xpander Cross adalah salah satu line up Mitsubishi dengan konsep semi SUV yang menawarkan kesan perjalanan yang lebih menyenangkan khususnya pada jalan-jalan di medan yang berat. 



Dapatkan Mitsubishi New Xpander Cross di Dealer Sardana IndahBerlian Motor pada alamat berikut: 

1. Jalan Gatot Subroto No. 437, Kota Medan.
2. Jalan Putri Hijau No.4A, Medan – 20111
3. Jalan Boulevard Barat No. 8 Bundaran Komp Cemara Asri

Atau hubungi whatsapp kami di 0811-654-1800 (Official Whatsapp Sardana) untuk informasi harga, promo dan penawaran lebih lanjut.   

Mitsubishi, Pasti Sardana! 


 

BERITA LAINNYA

Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Xforce Kota Medan September 2024
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Xforce Kota Medan September 2024

Halo, Sahabat Mitsubishi! Untuk Anda yang mencari harga Mitsubishi Xforce di Kota Medan. Promo, simulasi kredit dan harga Mitsubishi ...

Lebih lanjut...
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Kota Medan September 2024
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Kota Medan September 2024

Halo, Sahabat Mitsubishi! Semoga Anda senantiasa dalam keadaan sehat. Tidak terasa kita sudah memasuki bulan September 2024. Di bulan...

Lebih lanjut...
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi New Xpander Kota Medan September 2024
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi New Xpander Kota Medan September 2024

Halo, Sahabat Mitsubishi! Promo, simulasi kredit dan harga Mitsubishi New Xpander Medan September 2024 kembali hadir.  ...

Lebih lanjut...