PASSENGER CAR

LIGHT COMMERCIAL VEHICLE

COMMERCIAL VEHICLE

Kilas Balik Lima Tahun Mitsubishi Xpander Mendarat di Tanah Air

2023-05-06

Kilas Balik Lima Tahun Mitsubishi Xpander Mendarat di Tanah Air

Sebelum diluncurkan pertama kali pada 10 Agustus 2017 di International Auto Show, Tangerang Selatan. Mitsubishi Xpander sudah lebih dulu ditampilkan dalam bentuk konsep dengan nama  ‘XM Concept’ pada 2016. Animo dari calon konsumen dan penghobi mobil tanah air sudah sangat tinggi sebelumnya begitu mobil konsepnya dirilis. Ekspetasi yang tinggi itu pun dijawab dengan produk komersil yang sama bagusnya dengan mobil konsep, bahkan pada beberapa sisi Mitsubishi Xpander yang kita lihat sekarang lebih bagus dari versi konsepnya.  

Nah, sudah lima tahun Mitsubishi Xpander mendarat di tanah air. Apa saja fakta menarik tentang MPV yang satu ini? Berikut fakta Mitsubishi Xpander, Sardanagroup.co.id rangkum untuk Anda:  

1. Pemilik Pertama Adalah Fitra Eri

Fakta menarik, pemilik pertama Mitsubishi Xpander di tanah air ternyata adalah Fitra Eri, loh. Mantan pembalap dan reviewers otomotif ini, menjadi orang pertama yang mendapatkan Mitsubishi Xpander di garasi rumahnya. Dan Fitra Eri mendapatkannya karena membelinya, bukan karena program hibah dan sponsorship, loh.

Ini menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap brand Mitsubishi dan tipe Xpander yang saat itu memang sangat dinantikan oleh konsumen. Kepercayaan Fitra Eri tersebut pun sedikit banyaknya memberikan efek pada branding mobil ini yang cukup positif, mengingat kredibiltas Fitra Eri sebagai reviewers mobil jempolan tanah air. Bahkan setelah lima tahun, Fitra Eri masih memuji ketangguhan mobil ini sehingga Mitsubishi Xpander layak dimiliki dalam jangka panjang.

2. Terjual Lebih dari 250.000 Unit 

Mitsubishi Xpander  mendadak menjadi mobil yang paling banyak terjual diantara line up Mitsubishi lainnya. Hal ini wajar, mengingat Mitsubishi Xpander memang dirancang sejak awal untuk pasar Indonesia, Mobil ini bahkan memiliki kandungan material dalam negeri sebesar 80%  sehingga punya pajak yang lebih rendah dan ikut dalam skema subdisi PPnBM pada 2021 lalu.  

Tak heran, Mitsubishi Xpander terjual lebih dari 250.000 unit dalam waktu lima tahun saja atau rata-rata 50.000 unit setiap tahunnya sejak pertama dirilis. Lumrahnya, mobil yang menjadi rising star akan bertahan 1-2 tahun saja, namun selama lima tahun berturut-turut Mitsubishi Xpander berhasil mendominasi penjualan dan terus menunjukkan tren positif sehingga menunjukkan konsistensinya sebagai MPV berkelas untuk keluarga Indonesia.

3. Penghargaan Bergengsi

Sejak diluncurkan pertama kali 2017, Mitsubishi Xpander sudah mulai menerima ‘award’ dari berbagai pihak. Mulai dari GridOto Awards, Otomotif Awards, SSBI Awards, sampai  Carvaganza Awardss. Bahkan di sektor olahraga yakni lomba balap reli, Mitsubishi Xpander juga ikut andil dan berhasil keluar sebagai juara lewat tangan dingin Rifat Sungkar sebagai nahkoda utamanya dalam event Meikarta Sprint Rally 2020.

Penghargaan ini pun terus konsisten diterima oleh Mitsubishi Xpander selama lima tahun mendarat di tanah air. Fakta tersebut menunjukkan, Mitsubishi Xpander bisa konsisten menjaga nama baik brand-nya dan peka terhadap aspirasi-aspirasi konsumen lewat perubahan fitur dan beberapa ornament agar terus relevan setiap tahunnya.

4. Upgrade Beberapa Kali

Beberapa upgrade minor dari Mitsubishi Xpander terjadi setiap tahunnya. Seperti penambahan fitur baru atau substitusi fitur yang dirasa tidak perlu. Yang teranyar adalah penambahan fitur macron air filtration dan dihilangkannya fitur auto stop & go pada Xpander 2023.

Hanya saja, sejak dirilis pertama kali di 2017, perubahan paling mencolok terjadi di tahun 2022 lewat edisi facelift-nya. Konsepnya pun masih menggunakan dynamic shield hanya saja dibuat lebih menarik dengan aksen T-Shape pada model lampunya.

Anda bisa baca: Perbedaan Xpander Facelift 2022 dan Yang Lama 

Selain itu, jika sebelumnya diluncurkan dalam lima varian, Mitsubishi Xpander 2022 kini dibagi dalam 4 varian saja yakni Ultimate, Sport, Exceed dan GLS, dimana GLX sudah mulai ditiadakan sejak 2021 lalu.

5. Resale Value Tertinggi

Harus diakui kalau Mitsubishi Xpander menjadi line up yang masih ‘baru’ di segmen MPV. Namun, layanan after sales service-nya digenjot secara maksimal oleh MMKSI sehingga berefek pada resale value yang tinggi. Setiap mobil Xpander yang dibeli oleh konsumen juga menyertakan paket SMART atau layanan garansi dan perawatan kendaraan 50.000 KM atau 4 tahun (mana yang tercapai lebih dulu).

Berkat paket ini, setiap kendaraan Mitsubishi Xpander yang memiliki record perawatan di bengkel resmi Mitsubishi terlegitimasi menjadi kendaraan yang awet, sehingga pembeli tangan kedua tidak khawatir akan penurunan kualitasnya yang signifikan.

Bahkan Mitsubishi Xpander mendapatkan penghargaan ‘Best Resale Value’ dari GridOto Award selama tiga tahun berturut-turut. Yakni 2020, 2021, dan 2023. Ini membuktikan harga jual kembali Mitsubishi Xpander masih diakui pasar sehingga membeli Mitsubishi Xpander secara jangka panjang menjadi pilihan yang bijak.

Penutup

Nah, itu kilas balik lima tahun Mitsubishi Xpander mendarat di tanah air.

Kami ucapkan terima kasih untuk Anda yang sudah menjadi konsumen Mitsubishi Xpander khususnya yang melakukan pembelian di Dealer Sardana IndahBerlian Motor. Semoga Anda senantiasa nyaman dan betah bersama Mitsubishi Xpander, sang  #TemanSejalan.

Untuk Anda yang ingin menjajal MPV keluarga nomor satu di Indonesia ini, dapat membelinya di Dealer Sardana IndahBerlian Motor. Khususnya untuk Anda yang tinggal di Kota Medan & sekitarnya. Dapatkan berbagai promo menarik yang memberikan benefit pada finansial Anda.

Kunjungi dealer kami berikut ini untuk melihat unit dan menjadwalkan sesi test drive:

1. Jalan Gatot Subroto No. 437, Kota Medan.
2. Jalan Putri Hijau No.4A, Medan – 20111
3. Jalan Boulevard Barat No. 8 Bundaran Komp Cemara Asri

Atau hubungi whatsapp kami di 0811-654-1800 untuk informasi dan penawaran lebih lanjut. Jangan ragu untuk bertanya. Kami siap melayani Anda dengan ramah.  

Mitsubishi, Pasti Sardana!   

BERITA LAINNYA

Rekomendasi Wisata Dekat Dari Kota Medan Yang Bisa Pulang Hari!
Rekomendasi Wisata Dekat Dari Kota Medan Yang Bisa Pulang Hari!

Halo, Sahabat Mitsubishi! Siapa di sini yang suka jalan-jalan namun terkendala waktu? Apalagi un...

Lebih lanjut...
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi New Xpander Kota Medan April 2024
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi New Xpander Kota Medan April 2024

Halo, Sahabat Mitsubishi! Promo, simulasi kredit dan harga Mitsubishi New Xpander Medan April 2024 kembali hadir.  ...

Lebih lanjut...
Empat Bazar Kuliner Terbesar di Kota Medan Selama Ramadhan
Empat Bazar Kuliner Terbesar di Kota Medan Selama Ramadhan

Berburu 'bukaan' menjadi salah satu tradisi yang selalu dinantikan ketika memasuki bulan Ramadhan. Tak terasa sudah lebih dari 3 tahun momen Ramadhan dibayangi da...

Lebih lanjut...