PASSENGER CAR

LIGHT COMMERCIAL VEHICLE

COMMERCIAL VEHICLE

Jangan Lupa Test Drive Sebelum Beli Mobil, Ini yang Harus Diperhatikan Oleh Konsumen

2020-05-08

Jangan Lupa Test Drive Sebelum Beli Mobil, Ini yang Harus Diperhatikan Oleh Konsumen

Mencoba sebelum membeli memang sudah wajib hukumnya di dunia otomotif. Konsumen yang akan membeli sebuah mobil baru tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, apakah mobil incaran tersebut mampu memenuhi semua kebutuhan konsumen, untuk mengetahuinya pasti harus melakukan test drive sebelum memutuskan membeli.

Untuk itu, banyak calon pembeli pergi ke diler mobil untuk melakukan test drive mobil yang menjadi impiannya tersebut. Sebelum melakukan test drive mobil incaran, jangan lupa perhatikan hal-hal ini agar test drive yang dilakukan tidak sia-sia. Tidak sekadar melakukan test drive jalan saja, lalu juga menguji suspensi, jarak radius putar saat berbelok atau menguji performa mesin. Tetapi, Anda juga harus mengetahui beragam fitur yang hadir di dalamnya agar dapat menentukan mobil ini sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

1. Tentukan rute test drive

Sebelumnya, pastikan Anda untuk berbicara dengan sales person (penjual) tentang rute test drive terlebih dahulu sehingga Anda dapat merasakan pengalaman mengemudi dalam beberapa kondisi jalan dan pengoperasian berbeda. Mencoba semua kondisi jalan, dimaksudkan agar Anda bisa tahu bagaimana kemampuan mobil ini sebelum menemui kondisi yang sesungguhnya.

Jika sebagian besar perjalanan Anda berada di jalan raya, maka cobalah melakukan test drive di jalan raya. Jika Anda sering parkir di tempat yang sempit, maka Anda harus melakukannya juga. Jangan hanya mengikuti rute yang direkomendasikan oleh diler, namun cobalah rute sesuai keseharian Anda.

Bila perlu, lakukan test drive dengan beragam kontur jalan seperti jalan tanah, jalan bebatuan, melintasi polisi tidur/speed bump, jalan rusak, berliku, hingga macet, juga tanjakan dan turunan. Mencoba semua kondisi jalan, dimaksudkan agar bisa tahu bagaimana kemampuan dan karakter dari mobil ini, sebelum menemui kondisi yang sesungguhnya.

Dengan banyak rute yang bisa dicoba maka dapat memaksimalkan performa mesin mobil yang Anda gunakan saat test drive. Mulai dari akselerasi, kenyamanan setir, pengereman hingga handling. Karena jika diperhatikan dengan teliti, akan mudah menilai apakah mobil ini cocok atau tidak dengan gaya mengemudi calon pembeli. Bawalah mobil dengan santai, tidak perlu ngebut agar bisa merasakan setiap detail dari mesin, kaki-kaki hingga kenyamanan di bagian kabin.

2. Ketahui fungsi dasar mobil

Ini merupakan langkah yang perlu diketahui konsumen. Mengenali fitur dasar yang biasa terdapat pada kendaraan diyakini mampu memenuhi kebutuhan yang diperlukan bagi seseorang. Perhatikan detail mulai dari membuka pintu, lalu rasakan bagaimana kursinya, juga perhatikan aksesibilitasnya. Sesuaikan pengaturan kursi, fungsi lampu–lampu, spion juga setir mobil dengan preferensi agar bisa mencoba mobil benar-benar dalam kondisi yang nyaman.

3. Pelajari teknologi terkini di mobil

Mobil modern sekarang ini rata-rata memiliki banyak fitur dan teknologi canggih. Ada mobil yang memiliki fitur canggih seperti sistem infotainment kemudian juga memiliki panoramic sunroof, atau yang lebih teknis lagi seperti adaptive cruise control dan lainnya. Usahakan untuk bertanya secara detil mengenai berbagai fitur terkini dan juga mencobanya sampai benar-benar mengerti fungsi dan cara menggunakannya. Agar Anda mengetahui betul kegunaan dari fitur menarik di mobil yang diincar.

4. Mempelajari sistem keselamatan di mobil

Keselamatan adalah prioritas utama bagi banyak pembeli mobil, dan ini menjadi nilai lebih jika mobil memiliki sistem keselamatan yang canggih. Saat test drive, bukan berarti Anda harus menguji sistem keselamatan ini. Tapi lebih baik jika Anda tahu semua fungsi dari fitur keselamatan ini. Begitu juga dengan fitur-fitur canggih yang mendukung seperti kamera mundur, blind spot monitor, rear cross traffic alert, dan masih banyak lagi. Usahakan mencoba segala fitur-fitur ini agar Anda tahu apakah kebutuhan Anda cocok dengan segala fitur tersebut.

5. Mencoba sebagai penumpang

Ingat, membeli mobil bukan berarti selamanya di belakang kemudi. Oleh karena itu, rasakan juga test drive sebagai penumpang, baik di depan maupun di belakang. Rasakan bagaimana duduk di bangku penumpang, dengarkan apakah mobil memiliki memiliki fungsi peredam kejut dengan optimal ataupun menawarkan peredam kebisingan dari luar secara baik. Sembari lakukan beberapa pertanyaan santai kepada si penjual, misal bagaimana ketersediaan suku cadang, paket promosi yang ditawarkan dan hal lainnya.

Paling akhir adalah jangan sungkan untuk menanyakan perihal interval perawatan kendaraan serta cari informasi mengenai biaya perawatan yang dianjurkan sesuai buku servis.

Untuk melakukan test drive dan merasakan langsung pengalaman mengemudi mobil Mitsubishi impian setelah pandemi ini berakhir, Anda dapat menghubungi diler resmi Mitsubishi Motors terdekat. Informasi lengkap mengenai kontak diler terdekat dapat diakses melalui https://www.mitsubishi-motors.co.id/cari-dealer

BERITA LAINNYA

RIFAT SUNGKAR: MENJADI PEMBALAP RELI BISA DIMULAI SEJAK USIA DINI
RIFAT SUNGKAR: MENJADI PEMBALAP RELI BISA DIMULAI SEJAK USIA DINI

Menjadi pembalap sekarang ini sudah lebih mudah dibandingkan dengan 20 tahun lalu. Rifat Sungkar seorang pembalap reli yang juga brand ambassador Mitsubishi di Indonesia menjelaskan pengalamannya t...

Lebih lanjut...
Tips Merawat Aki Mobil Ketika Diparkir Lama
Tips Merawat Aki Mobil Ketika Diparkir Lama

Kondisi pandemi saat ini pasti membuat banyak Mitsubishi Family yang #dirumahaja, sehingga mobil Mitsubishi kesayangan menjadi jarang digunakan. Nah, ketika mobil jarang digunakan ini ada hal yang ...

Lebih lanjut...
Model A, Mobil Mitsubishi Pertama Sekaligus Mobil Penumpang Pertama di Jepang
Model A, Mobil Mitsubishi Pertama Sekaligus Mobil Penumpang Pertama di Jepang

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau sejarah mobil penumpang pertama di Jepang itu adalah mobil buatan Mitsubishi di tahun 1917. Ya, Mitsubishi yang saat itu merupakan produsen mesin kapal laut ber...

Lebih lanjut...