PASSENGER CAR

LIGHT COMMERCIAL VEHICLE

COMMERCIAL VEHICLE

INI FAKTA MENARIK SEPUTAR MITSUBISHI XPANDER DI INDONESIA

2020-02-12

INI FAKTA MENARIK SEPUTAR MITSUBISHI XPANDER DI INDONESIA

Mitsubishi Xpander merupakan salah satu mobil Small MPV (multi purpose vehichle) yang paling diminati di Indonesia. Bahkan Mitsubishi Xpander mampu mencatat penjualan 100.000 unit hanya dalam waktu satu setengah tahun saja sejak diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 silam.

Tidak hanya itu saja, berkat kesuksesan yang diraih oleh Mitsubishi Xpander ini membuat Indonesia menjadi negara dengan penjualan mobil penumpang Mitsubishi terbesar di dunia. Di tahun 2018, MMKSI pun mencatat penjualan terbesar untuk kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi selama 48 tahun kehadiran Mitsubishi Motors di Tanah Air. Dengan pencapaian penjualan kendaraan secara retail sebesar 146.805 unit pada periode Januari – Desember 2018.

Untuk tahun 2019, Mitsubishi Xpander masih menjadi mobil andalan dari PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Terhitung sejak Januari hingga Desember 2019, Xpander ini mencatat angka penjualan retail sebesar 59.172 unit. Dari total ini, penjualan terbanyak masih didominasi oleh wilayah Jabodetabek sebesar 36%. Wilayah Jawa Timur di posisi kedua dengan penjualan sebesar 16%.  

Menariknya dengan banyaknya varian Xpander di Indonesia ini, varian Ultimate menjadi yang paling banyak terjual yaitu 25.540 unit atau sekitar 43% dari total penjualan sepanjang 2019. Posisi kedua terbanyak adalah Xpander Sport AT dengan meraih 8.996 unit atau sekitar 15% dari total penjualan. Ini artinya masyarakat Indonesia menyukai Mitsubishi Xpander dengan transmisi otomatis.

Untuk Xpander bertransmisi manual yang paling banyak terjual adalah tipe Exceed MT dengan total 8.288 unit atau sebanyak 14% dari total penjualan. Berikutnya adalah tipe Sport MT yang meraih penjualan sebesar 7.037 unit (12%). Sedangkan varian Exceed AT mencatat angka penjualan 4.797 unit (8%), GLS MT terjual 2.649 unit (4%), GLS AT sebanyak 1.053 (2%) dan GLX MT meraih 812 unit (1%).

Fakta menarik lainnya adalah dari semua tipe Mitsubishi Xpander yang terjual di 2019, warna yang paling diminati oleh konsumen adalah warna hitam dengan total penjualan sebanyak 20.310 unit atau sebesar 34%. Warna favorit kedua adalah warna putih yang sama mencatat presentase penjualan 34% dengan total 19.867 unit.

Warna silver menjadi ketiga yang paling laris dengan terjual sebanyak 8.785 unit (15%). Kemudian warna grey sebanyak 6.372 unit (11%), warna merah dan bronze sama-sama meraih 3% dengan terjual 2.010 unit dan 1.828 unit.

BERITA LAINNYA

RIFAT SUNGKAR: MENJADI PEMBALAP RELI BISA DIMULAI SEJAK USIA DINI
RIFAT SUNGKAR: MENJADI PEMBALAP RELI BISA DIMULAI SEJAK USIA DINI

Menjadi pembalap sekarang ini sudah lebih mudah dibandingkan dengan 20 tahun lalu. Rifat Sungkar seorang pembalap reli yang juga brand ambassador Mitsubishi di Indonesia menjelaskan pengalamannya t...

Lebih lanjut...
Jangan Lupa Test Drive Sebelum Beli Mobil, Ini yang Harus Diperhatikan Oleh Konsumen
Jangan Lupa Test Drive Sebelum Beli Mobil, Ini yang Harus Diperhatikan Oleh Konsumen

Mencoba sebelum membeli memang sudah wajib hukumnya di dunia otomotif. Konsumen yang akan membeli sebuah mobil baru tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, apakah mobil incaran tersebut ma...

Lebih lanjut...
Tips Merawat Aki Mobil Ketika Diparkir Lama
Tips Merawat Aki Mobil Ketika Diparkir Lama

Kondisi pandemi saat ini pasti membuat banyak Mitsubishi Family yang #dirumahaja, sehingga mobil Mitsubishi kesayangan menjadi jarang digunakan. Nah, ketika mobil jarang digunakan ini ada hal yang ...

Lebih lanjut...