PASSENGER CAR

LIGHT COMMERCIAL VEHICLE

COMMERCIAL VEHICLE

Empat Museum di Kota Medan Yang Cocok Untuk Wisata Edukasi Bersama Keluarga

2021-05-12

Empat Museum di Kota Medan Yang Cocok Untuk Wisata Edukasi Bersama Keluarga

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya. Dari sejarah kita bisa mempelajari banyak hal. Karenanya berwisata ke museum sering juga disebut swisata edukasi, karena bukan hanya bersenang-senang memuaskan mata dan telinga dengan mempelajari sejarah, kita juga belajar sesuatu dari sana. 

Kota Medan sendiri menyimpan banyak koleksi museum yang bisa memberikan edukasi untuk masyarakatnya. Bahkan museum-museum yang ada di Kota Medan berikut ini merupakan museum dengan keunikan khusus yang belum tentu bisa didapatkan di tempat lain. 

Nah, Sahabat Mitsubishi, tertarik untuk berkunjung museum? Berikut kami rekomendasikan empat museum di Kota Medan yang cocok untuk wisata edukasi bersama keluarga. 

1.    Museum Negeri Sumatera Utara

Alamat di Jalan HM Joni no. 51, Kecamatan Medan Kota, Medan. 


(Sumber: Mollyta.com) 

Museum Negeri Sumatera Utara sebelumnya dikenal dengan nama Museum Gedung Arca ini merupakan salah satu museum tertua di Indonesia. Peletakan batu pertamanya saja dilakukan oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno pada tahun 1954. Namun baru diresmikan pada 1982.

Berdiri di atas lahan 10.468 meter persegi, Museum Negeri Sumut ini per 2005 lalu memiliki 7000-an koleksi yang sebagian besarnya terdiri sejarah peninggalan di Sumatera Utara seperti masa prasejarah, kebudayaan Sumatera Utara kuno,masa-masa berdirinya kerajaan di Sumatera Utara hingga kolonialisme, replika perjalanan revolusi Sumatera Utara 1945=1949 sampai menampilkan gambar pahlawan dan gubernur-gubernur yang pernah memimpin Sumatera Utara. 

Total, ada dua lantai yang bisa Anda eksplorasi bersama keluarga dengan fasilitas lengkap seperti toilet bersih, kantin, gazebo, ruang informasi, taman, sampai lahan pakir yang luas. 

Jujur saja, saat Anda mengelilingi seluruh area museum ini, kesan yang didapatkan adalah begitu banyaknya koleksi yang harus Anda lihat dan betapa luasnya tempat ini.


(Sumber: Tribunnews.com) 

Bahkan jika Anda tidak jeli, Anda akan melewatkan berbagai spot/ruangan pameran yang ada di kiri dan kanan, karena Museum Negeri Sumatera Utara ini begitu luas dan perlu waktu seharian untuk menikmati semuanya.  
     
Sebagai museum yang dikelola oleh pemerintah, tiket masuk ke dalamnya juga tidak begitu mahal. Hanya perlu mengeluarkan kocek Rp. 3000,-/orang, Anda bisa menikmati setiap koleksinya, dan angka itu bisa lebih murah jika membawa serta rombongan.

Museum ini buka setiap hari Selasa s/d Kamis 08.00 s/d 16.00 dan Jumat s/d Minggu, pukul 08.00 s/d 15.30.  


(Sumber: Semedan.com)

Perkembangan teknologi  yang pesat juga memaksa perubahan pada museum ini dengan menghadirkan berbagai hiburan teknologi seperti komputer digital yang menyajikan informasi secara virtual, film sejarah pada proyektor sampai adanya  tayangan animasi untuk menarik perhatian anak-anak. Bahkan Museum Negeri Sumatera Utara ini juga menjadi salah satu museum terbaik di Indonesia pada 2015. 

2.    Rahmat Internasional Wild Museum 

Alamat di Jalan S Parman no. 309 Medan, Kecamatan Medan Baru, Medan.  


(Sumber: Rahmatgallery.com)

Jika umumnya orang berkunjung ke kebun binatang untuk berinteraksi dengan fauna di sana, namun hal berbeda bisa Sahabat Mitsubishi temukan di museum ini karena fauna di sini sudah diawetkan (baca: mati) dan dijadikan sebagai koleksi. 

Hampir semua jenis binatang dari seluruh dunia bisa Anda temukan di sini dengan jumlah sekitar 5600 koleksi satwa. Seluruh koleksi tersebut dikumpulkan oleh Dr. H Rahmatsyah sebagai pendirinya dan berdiri pada 14 Mei 1999. 


(Sumber: RahmatGallery.com)

Memang biaya untuk masuk ke museum ini cukup mahal yakni Rp. 75.000,- per orang (include soft drink dan souvenir), namun Anda bisa menikmati setiap koleksi sepuasnya. Anda bisa melihat fisik fauna yang benar-benar asli yang mungkin tidak akan pernah Anda lihat di Indonesia. Seperti panda, kambing gunung sampai macan tutul. 

Namun disarankan ketika berkunjung ke museum ini Anda harus menyiapkan fisik yang cukup bugar, karena zat kimia yang digunakan untuk mengawetkan fauna di sini bisa membuat kepala pusing sampai mual. Bahkan jika perlu, Anda menggunakan masker ketika berkunjung ke sini. 

Apakah bermain ke museum ini membosankan? 

Tentu saja tidak. 


(Sumber: Rahmatgallery.com)

Karena Anda akan merasakan sensasi berada di alam liar yang sesungguhnya dengan dikelilingi tubuh fauna yang benar-benar terlihat masih segar dan hidup. Anda juga akan dibuat kagum dengan melihat ukuran asli fauna yang biasanya hanya Anda lihat di televisi seperti badak bercula, komodo, sampai singa gurun.  

Karena hampir semua koleksi fauna di sini adalah sumbangan kolektor dan dipajang sesuai ukuran aslinya.

Bahkan, museum dengan konsep ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Maka tak heran, secara ekslusivitasnya, museum ini benar-benar bergengsi dan pantas dibayar mahal untuk setiap sesi menikmati seluruh koleksinya. 

Tertarik? Skuy, langsung saja main ke museum yang buka setiap hari pukul 09.00 s/d 17.00. 


3.    Museum Uang Sumatera Utara

Alamat di Jalan Pemuda No. 17, A.U.R , Kecamatan Medan Maimun, Medan. 

Sebagai  negara yang hampir merdeka selama 1 abad, Indonesia menyimpan sejarah panjang mengenai mata uang yang pernah digunakan. Tidak hanya di era setelah merdeka, keanekaragaman mata uang di Indonesia juga cukup banyak di era penjajahan bahkan ketika masa nusantara masih berbentuk kerajaan-kerajaan. 

Seluruh koleksi di museum ini dikumpulkan oleh seorang kolektor bernama Saparudin Barus. Anda bisa menikmati koleksinya dengan mengeluarkan budget sebesar Rp. 10.000,-  saja dan melihat berbagai koin bersejarah dari raja-raja masa lalu seperti Kesultanan Aceh, Deli, Demak, Majapahit, Maluku sampai Gowa. Bahkan Anda bisa melihat uang seperti apa yang digunakan oleh VOC Belanda ketika berkuasa di Indonesia.  Ada juga koleksi uang di masa Republik Indonesia Darurat (ORIDA) sampai mesin cetak uang Republik Tapanuli pada masa agresi militer Belanda II. 


(Sumber: IDNTimes.com)

Bukan hanya menikmati koleksi museum, Sahabat Mitsubishi  juga bisa memanjakan rasa haus intelektual  dengan membaca buku sejarah di perpustakaan,  melihat infografis menarik, sampai membeli souvenir sebagai pengingat Anda pernah ke sini. Tak perlu khawatir mengeluarkan budget mahal, karena setiap pembelian tiket masuk ke Museum Uang Sumatera Utara juga akan mendapatkan cendramata uang kuno. Menarik, kan?   

Museum yang buka setiap hari pada pukul 09.00 – 21.00,  ini tergolong masih sangat baru karena berdiri pada 2017 lalu dan diresmikan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan menariknya, Museum Uang Sumatera Utara ini merupakan satu-satunya museum kolektor uang yang ada di pulau Sumatera, loh bahkan diklaim lebih lengkap dari Museum Bank Indonesia yang ada di Jakarta. 


(Sumber: IDNTimes.com)

Yuk, wisata edukasi ke museum ini siapa tau Anda memiliki ketertarikan dengan sejarah perekonomian Indonesia dan mendapatkan inspirasi dari sini.  


4.    Museum Perkebunan Sumatera Utara 

Alamat di Jalan Brigjend Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Medan. 


(Sumber: Tourtoba.com)

Museum yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri karena merupakan satu-satunya museum perkebunan yang ada di Indonesia dan baru diresmikan pada 2016 lalu.

Bukan tanpa alasan museum ini didirikan di Kota Medan, karena pada masanya Sumatera Utara direpresentasikan sebagai percontohan perkebunan negara dengan komoditi seperti sawit, karet, tembakau, kopi, sampai teh.  Sejarah perkebunan di Sumatera Utara bahkan tidak lepas dari sejarah perkebunan nasional baik dari segi teknologi sampai teknik pengelolaannya. 


(Sumber: medantourism.pemkomedan.go.id)


(Sumber: medantourism.pemkomedan.go.id)

Jika Sahabat Mitsubishi berjalan-jalan ke museum ini, Sahabat bisa melihat koleksi berharga seperti pesawat terbang penyiram tanaman era 1958, bekas lokomotif kereta angkut era 1940-an, hingga berbagai infografis sejarah perkebunan di Sumatera Utara sampai beberapa hasil tanaman pada masa itu. 

Untuk masuk ke dalam hanya perlu kocek sebesar Rp. 8000,-/orang dan akan ada tarif khusus jika membawa rombongan.  Anda bisa berkunjung mulai dari hari Selasa s/d Minggu pada pukul 09.00-15.30. 

Penutup 

Nah, itu tadi empat museum yang ada di Kota Medan yang rekomendasi banget untuk Sahabat Mitsubishi kunjungi. 

Selain hemat biaya, gampang diakses karena hampir semua lokasinya ada di pusat kota, berkunjung ke museum juga memberikan edukasi dan penguatan pada nilai-nilai seperti nasionalisme, penghargaan terhadap sesama, sampai menghargai alam. 

Tak lengkap juga rasanya berpergian bersama keluarga tanpa kendaraan yang aman dan nyaman. Karenanya,  Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross adalah pilihan keluarga untuk Anda yang menginginkan perjalanan sederhana namun berkesan dari dan ke museum. 



Anda bisa menghubungi whatsapp kami di 0811-654-1800 untuk konsultasi seputar promo dan pembelian mobil Mitsubishi. 

Mitsubishi, Pasti Sardana!  

BERITA LAINNYA

7 Kolam Renang di Kota Medan Untuk Akhir Pekan Bersama Keluarga di 2021 
7 Kolam Renang di Kota Medan Untuk Akhir Pekan Bersama Keluarga di 2021 

Berenang bukan lagi sekedar kegiatan rekreasi semata, namun juga bisa menjadi sarana untuk berolahraga. Apalagi di masa-masa pandemi covid-19, dimana kesehatan adalah hal...

Lebih lanjut...
Ini Empat Keunggulan Mitsubishi L300 Pickup Untuk Perjalanan Bisnis Anda
Ini Empat Keunggulan Mitsubishi L300 Pickup Untuk Perjalanan Bisnis Anda

Halo, Sahabat Mitsubishi!  Sejak diluncurkan pada tahun 1981 lalu, Mitsubishi L300 Pickup telah dipercaya oleh jutaan masyarakat Indonesia sebagai ken...

Lebih lanjut...
Promo, Simulasi Kredit, dan Harga Terbaru Mitsubishi Pajero Sport Medan Juni 2021
Promo, Simulasi Kredit, dan Harga Terbaru Mitsubishi Pajero Sport Medan Juni 2021

Halo, Sahabat Mitsubishi!  Tak terasa kita sudah tiba di pertengahan tahun 2021. Semoga Sahabat Mitsubishi semua tetap dalam keadaan sehat dan semanga...

Lebih lanjut...