Empat Kesalahan Umum Konsumen Ketika ke Bengkel Mobil 

20 April 2022

Empat Kesalahan Umum Konsumen Ketika ke Bengkel Mobil 

Melakukan service mobil adalah bentuk kewajiban mengingat mobil harus dirawat berkala agar terus berada pada perfoma terbaiknya. 

Namun tidak jarang konsumen sering melakukan kesalahan berikut ketika pergi ke bengkel mobil. Penasaran apa saja? Berikut Sardanagroup.co.id rangkum untuk Anda. 

1. Tidak Melakukan Booking Service

Salah satu bentuk kesalahan yang sering terjadi adalah konsumen tidak melakukan booking service. Hal itu bisa menyebabkan konsumen tidak dilayani dengan maksimal, apalagi jika pada weekend season atau menjelang holiday season dimana antrian kendaraan yang masuk ke bengkel sedang ramai-ramainya.

Karenanya untuk mengantisipasi hal tersebut disarankan untuk melakukan booking service terlebih dahulu. Untuk Anda yang melakukan service mobil Mitsubishi di Bengkel Sardana Gatsu dapat melakukan booking via whatsapp kami di 0811-654-1800 atau via aplikasi Sardana Mobile. Satu hal yang perlu diingat adalah lakukan booking maksimal H-1 sebelum kedatangan.  

2. Meminta Sales Mengurus Service Kendaraan 

Secara departemen, bagian penjualan dan layanan pasca penjualan adalah dua hal yang berbeda. Sales pada dasarnya juga tidak begitu memahami kondisi kendaraan Anda jika mengalami kerusakan atau terkait pertanyaan-pertanyaan teknis seputar mesin kendaraan. Meski begitu, tak jarang konsumen menyuruh sales untuk memahami masalah kendarannya atau meminta tolong mengurus proses service kendaraannya. 

Jika tidak cermat, Anda bisa mengalami kerugian dari sisi waktu bahkan materil karena pada beberapa kasus sering kali sales merasa segan menolak permintaan Anda dan jatuhnya memberikan tips yang salah. 

Atau sales bisa saja membantu membawa mobil Anda ke bengkel namun tidak menjelaskan secara detail kondisi kendaraan setelah mobil masuk ke bengkel, sehingga diantara konsumen dan pihak bengkel dapat terjadi miskomunikasi. 

3. Tidak Menyediakan Waktu Luang 

Sangat disarankan untuk melakukan service kendaraan di waktu senggang, mengingat durasi perawatan atau perbaikan mobil yang berbeda-beda tergantung kondisi kendaraan dan panjangnya antrean. Dari meja pendaftaran awal biasanya konsumen akan langsung mengkonsultasikan pengalaman berkendaranya selama ini dan keluhan apa yang dirasakan.

Jika pada bagian ini saja, Anda gusar dan tidak mampu berkonsentrasi sehingga memberikan penjelasan yang kurang detail, maka tim teknisi juga akan kesulitan mengeksplorasi apa yang menjadi masalah di kendaraan Anda. 

Service mobil adalah momentum kritis yang perlu perhatian khusus, apalagi jangka waktu yang idealnya hanya sekali tiga bulan sehingga bukanlah merepotkan jika sedikit saja meluangkan rutinitas kerja Anda.

Apalagi fasilitas bengkel resmi Mitsubishi yang umumnya sangat nyaman dengan fasilitas VVIP yang bisa membuat Anda rileks selagi menunggu sehingga patut diperhitungkan sebagai waktu santai pribadi Anda juga.  

 4. Berganti-ganti Bengkel Mobil 

Salah satu kerugian jika membawa mobil ke bengkel yang berbeda adalah tidak ada riwayat service yang jelas pada kendaraan. Padahal itu penting untuk menjaga harga mobil bekas Anda tetap tinggi, selain itu juga membuat pengecekan kendaraan jauh lebih mudah karena runtutnya rekam jejak pemeriksaan sebelumnya. 

Selain itu, Anda bisa kesulitan menemukan koneksi ke dalam bengkel untuk mengakes informasi instan terkait kondisi kendaraan. Bukan rahasia umum, Anda membutuhkan tim service tidak hanya ketika membawa mobil ke bengkel melainkan juga di saat-saat genting seperti mobil yang rusak di tengah jalan ataupun bertanya ketersediaan suku cadang tertentu. 

Jika Anda sudah menjadi pelanggan dari suatu bengkel maka informasi instan tersebut akan lebih mudah didapatkan. 

Penutup 

Nah, itu tadi empat kesalahan umum konsumen ketika ke bengkel mobil. 

Untuk Sahabat Mitsubishi yang tinggal di Kota Medan dan sekitarnya, bisa melakukan service kendaraan di Bengkel Mitsubishi Sardana di Jalan Gatot Subroto nomor 437 Kota Medan. 

Bengkel Mitsubishi Sardana Gatsu adalah bengkel resmi Mitsubishi yang menyediakan fasilitas 2S (Service & Sparepart) dengan kapasitas maksimal kendaraan lebih dari seratus kendaraan setiap harinya. 



Anda bisa menghubungi whatsapp kami di 0852-6100-6800 untuk melakukan booking service atau jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar perawatan dan suku cadang kendaraan. 

Mitsubishi, Pasti Sardana! 
 

BERITA LAINNYA

Promo Service Mitsubishi dan Mitsubishi Fuso Februari 2025
Promo Service Mitsubishi dan Mitsubishi Fuso Februari 2025

Halo, Sahabat Mitsubishi dan Mitsubishi Fuso! Sudah booking service mobil Mitsubishi kamu? ...

Lebih lanjut...
Kenapa Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Bekas Tetap Stabil?
Kenapa Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Bekas Tetap Stabil?

Sejak diluncurkan pada 2017, Mitsubishi Xpander telah mengubah peta persaingan otomotif di Indonesia khususnya dalam hal persaingan di segmen MPV. Hampir eksis selama sat...

Lebih lanjut...
Empat Pertimbangan Membeli Mitsubishi Xpander Exceed!
Empat Pertimbangan Membeli Mitsubishi Xpander Exceed!

Halo, Sahabat Mitsubishi! Bingung mau beli varian Mitsubishi Xpander yang mana? Mitsubishi Xpander Exceed adalah satu dari beberapa v...

Lebih lanjut...