Empat Goa Wisata di Sumatera Utara Yang Bisa Jadi Destinasi Berlibur!

2022-01-24

Empat Goa Wisata di Sumatera Utara Yang Bisa Jadi Destinasi Berlibur!

Wisata goa di Sumatera Utara menjadi salah satu daya tarik yang boleh dicoba untuk mengisi waktu luang Anda. Khususnya untuk Anda yang bosan dengan wisata yang mainstream dan itu-itu saja.  

Bicara soal wisata goa, Sumatera Utara sendiri ternyata menyimpan beberapa potensi alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. 

Destinasi berikut akan memberikan Anda nilai tambah karena pengalaman yang didapat bercampur aduk, mulai dari rasa puas menikmati alam, adrenalin, sampai keceriaan apalagi jika mengajak orang tersayang. 

Berikut empat wisata goa di Sumatera Utara yang bisa Anda kunjungi:  

1. Goa Kampret 

Lokasi: Timbang Jaya, Kec. Bohorok, Kabupaten Langkat

(Sumber: Instagram @kojino)
 

Mungkin Sahabat Mitsubishi pernah menonton trilogi Batman karya Christopher Nolan? Di sana ditampilkan sebuah goa yang penuh dengan kelelawar. Jika Anda ingin merasakan sensasi berada di goa tersebut, dengan pemandangan bebatuan kapur yang lembab dan  jauh dari cahaya matahari, Anda bisa mengunjungi Goa Kampret untuk rekreasi bersama orang tersayang.  

Lokasinya ada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara sekitar 3 jam dari pusat Kota Medan. Nama Goa Kampret sendiri diambil dari serapan bahasa setempat yang menyebut kelelawar dengan julukan kampret. Untuk Anda yang mau ke tempat ini, diwajibkan memiliki pemandu yang bisa dibayar jasanya di lokasi baik untuk perorangan maupun kelompok. 

2. Goa Togi Ndrawa 

Lokasi:  Desa Lolowonu Niko'otano, Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias

(Sumber: Instagram nias_paradise) 
 

Dikenal sebagai goa bersejarah di masyarakat setempat, goa yang dikelola Pemko Gunung Sitoli ini memiliki pesona yang menakjubkan dengan ukiran stalaktit dan stalagmit yang terbentuk secara alami. Goa ini menawarkan berbagai peninggalan arkeologi yang berkesan karena diprediksi  goa ini sudah dihuni manusia sejak 12.000 tahun yang lalu. 

Terletak di Desa Lolowonu Niko'otano, masih banyak misteri yang meliputi goa ini salah satunya  panjang goanya yang konon dipercaya sejauh 12 KM dan terhubung dengan Goa Laowomaru yang tidak jauh dari lepas pantai dan jalan lintas menuju Bandara Binaka, Gunung Sitoli.   

3. Goa Sigalapang 

Lokasi:  Jalan Lintas Sumatera, Meranti Timur, Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba

(Sumber: Instagram @wisataalamgoa_gosil)


Dibuka pada 2019 lalu, Goa Sigalapang terletak di lintas kabupaten yakni Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba. Untuk menuju kemari perlu tenaga ekstra karena medannya yang sangat sulit dan harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak di tengah hutan. Namun lelah akan terbayar dengan pemandangan goa yang seperti mini Grand Canyon-nya Amerika. 

Dimana pemandangan goa yang diapit dua tebing besar dan aliran air sedalam 3-4 meter sangat cocok untuk melakukan wisata air seperti berenang atau mengarungi sungai dengan rakit. Sepanjang melintasi goa, Anda juga akan menemukan air terjun yang sangat indah dan bisa menenangkan pikiran. 

4. Goa Ergendang

Lokasi: Penungkiren, Sinembah Tj. Muda Hilir, Kabupaten Deli Serdang

(Sumber: Instagram @goaergendang)


Tak jauh dari Kota Medan, tepatnya di Kabupaten Deli Serdang, Anda bisa menemukan sebuah goa yang unik di daerah STM Hilir yakni Goa Ergendang. Salah satu keistimewaannya adalah kolam air panas yang sudah dipugar dengan keramik  dan air pancuran yang modern. 

Perbedaanya dari kolam air panas pada umumnya adalah tempat tersebut berada di mulut goa dengan pemandangan batu goa yang khas, adanya air terjun alami, dan pepohonan rindang di sekitarnya sehingga suasana adem itu bisa membuat pengunjung melepas penat secara lebih ekstra. 

Penutup 

Nah, itu tadi empat goa yang terletak di Sumatera Utara yang bisa Anda kunjungi. Tentunya berekreasi bersama keluarga akan sangat menyenangkan dengan mobil keluarga yang nyaman. Apalagi perjalanan ke goa-goa eksotis di atas memakan waktu yang cukup lama sehingga perlu kenyamanan ekstra di dalam kabin kendaran untuk meningkatkan pengalamanan yang lebih berkesan. 

Apalagi medan sulit yang harus Anda lalui menuju ke goa-goa di atas sangat menuntut kondisi kendaraan yang tangguh dan bisa beradaptasi di berbagai jenis jalan, baik bergelombang, berbatu maupun berlumpur. 

Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross adalah dua line up dari Mitsubishi Motors yang mampu memberikan kenyamanan dan ketangguhan sekaligus. Bukan sekedar ekspetasi namun sudah dibuktikan ratusan ribu penggunanya yang ada di seluruh Indonesia. 

Jika mereka sudah menemukan kenyamanannya, lalu Anda kapan? 

Yuk, pesan Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross hanya di Dealer Sardana IndahBerlian Motor. Khususnya untuk Anda yang tinggal di Kota Medan & sekitarnya, dapat mengunjungi dealer kami berikut ini: 

1. Jalan Gatot Subroto No. 437, Kota Medan.
2. Jalan Putri Hijau No.4A, Medan – 20111
3. Jalan Boulevard Barat No. 8 Bundaran Komp Cemara Asri

Atau hubungi whatsapp kami di 0811-654-1800. Jangan ragu untuk bertanya, kami siap melayani Anda dengan ramah. 

Mitsubishi, Pasti Sardana! 
 

BERITA LAINNYA

Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Xforce Kota Medan September 2024
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Xforce Kota Medan September 2024

Halo, Sahabat Mitsubishi! Untuk Anda yang mencari harga Mitsubishi Xforce di Kota Medan. Promo, simulasi kredit dan harga Mitsubishi ...

Lebih lanjut...
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Kota Medan September 2024
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Kota Medan September 2024

Halo, Sahabat Mitsubishi! Semoga Anda senantiasa dalam keadaan sehat. Tidak terasa kita sudah memasuki bulan September 2024. Di bulan...

Lebih lanjut...
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi New Xpander Kota Medan September 2024
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi New Xpander Kota Medan September 2024

Halo, Sahabat Mitsubishi! Promo, simulasi kredit dan harga Mitsubishi New Xpander Medan September 2024 kembali hadir.  ...

Lebih lanjut...