PASSENGER CAR

LIGHT COMMERCIAL VEHICLE

COMMERCIAL VEHICLE

Empat Festival di Sumatera Utara Yang Wajib Dinantikan!

2022-09-23

Empat Festival di Sumatera Utara Yang Wajib Dinantikan!

Halo, Sahabat Mitsubishi!

Provinsi Sumatera Utara dikenal karena berbagai event pariwisata menarik berskala nasional sampai internasional.  Dengan 33 kabupaten/kota tentu Sumatera Utara punya banyak event andalan bermodalkan heterogensi budaya dan kekayaan alamnya.

Namun dari ratusan event tersebut ada beberapa event yang paling menonjol dan menjadi magnet utama bagi wisatawan khususnya mendapat atensi dari pemerintah pusat. Apa saja?  

Berikut Sardanagroup.co.id rangkum untuk Anda, empat festival di Sumatera Utara yang paling menarik dan wajib untuk dinantikan:   

1. Festival Danau Toba

Danau Toba adalah destinasi wisata unggulan Sumatera Utara. Danau terbesar di Indonesia ini bahkan sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai DSP (Destinasi Super Prioritas) dan ditargetkan sebagai ’10 Bali Baru’ karena berada di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sejak 2017 lalu.

Bersinggungan dengan delapan kabupaten yakni  Kabupaten Karo, Simalungun, Toba, Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, dan Dairi tentu Danau Toba membutuhkan satu gelaran akbar yang dapat menyatukan seluruh daerah dan penikmatnya untuk berkumpul di satu ajang tanpa terpisahkan sekat-sekat geografis dan kesukuan, dan event tersebut adalah Festival Danau Toba.

Festival Danau Toba  sendiri merupakan event berskala internasional yang diselenggarakan sekali setahun. Beragam kegiatan menarik diselenggarakan seperti Solu Bolon (balap perahu besar), konser musik folk, pawai/parade busana adat, tari-tarian massal, sampai stand penjualan beragam souvenir seperti ulos asli dan sagon (makanan khas Batak Toba). 

Event yang sudah ada sejak 1971 lalu ini dulunya dinamakan Pesta Danau Toba dan bukan hanya dihadiri oleh wisatawan nasional tapi juga mancanegara karena promosinya yang dilakukan di tingkat pusat (Kementrian).

2. Yaahowu Nias Festival

Merupakan daerah yang terpisah dari dataran utama di Sumatera Utara, Kepulauan Nias yang terdiri dari lima kabupaten/kota yakni Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Barat dan Nias Utara juga punya festival sendiri yang menyatukan seluruh suku dan demografi mereka dalam satu gelaran yang disebut dengan Yaahowu Nias Festival.

Keindahan alam dari Kepulauan Nias dan beragam warisan budayanya menjadi daya tarik wisatawan untuk hadir. Yaahowu Nias Festival menjadi titik temu dari keseluruhan daya tarik tersebut karena menghadirkan beragam aksi adat yang menarik seperti pertunjukan lompat batu, silat Nias, tari perang (Foluaya), tari Maena, sampai pawai baju adat. Adapun beragam kompetisi juga dihadirkan seperti voli pantai, permainan tradisional, sampai pemilihan Putra-Putri Nias.

Event Yaahowu Nias Festival tergolong berskala internasional karena merupakan satu dari 100 kalender event dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf) dan biasanya diadakan selam satu minggu penuh,  Anda yang datang untuk menyaksikanYaahowu Nias Festival  juga bisa singgah ke beberapa lokasi wisata unggulan lain dari Kepulauan Nias seperti situs megalitikum Gomo, Kabupaten Nias dan Pantai Sorake, Nias Selatan yang terkenal dengan ombaknya yang indah.   

3. Festival Pesta Bunga dan Buah


Terkenal sebagai dataran tinggi dengan suhunya yang sangat dingin, Brastagi bukan hanya menjadi destinasi wisata alam, namun dibalik itu juga menyimpan potensi lumbung pangan yang sangat besar. Sebagai bentuk ekspresi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat tanah Karo yang didominasi oleh profesi petani/pekebun membuat satu gelaran akbar tersendiri yakni Festival Pesta Bunga dan Buah yang diadakan setahun sekali.

Acara ini terbilang sangat meriah karena melibatkan seluruh partisipasi masyarakat lokal yang membawa hasil panennya untuk dijual sepanjang acara berlangsung. Bahkan pada beberapa kesempatan, buah-buah tersebut diberikan ke pengunjung secara gratis sehingga semua wisatawan bisa menikmati hasil bumi dari Kabupaten Karo.  Anda bisa mendapatkan berbagai buah-buahan segar dan beraneka jenis tanaman bunga di festival ini sembari menikmati berbagai pertunjukan lain seperti parade mobil hias, marching band sampai live music dari artis-artis lokal.

Festival Pesta Bunga dan Buah ini sudah menjadi tradisi sejak tahun 1980-an. Bahkan event ini menjadi perhatian nasional karena merupakan salah satu festival terbesar di Indonesia dan menarik ribuan pengunjung. Pada 2022, Festival Pesta Bunga dan Buah masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) yang mendapatkan perhatian khusus dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).   

4. Pekan Raya Sumatera Utara


Sumatera Utara terkenal sebagai provinsi yang heterogen karena terdiri dari 33 kabupaten/kota yang setiap daerahnya membawa kultur dan istiadat masing-masing. Karenanya, Pemprov Sumatera Utara secara rutin menyelenggarakan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) untuk merayakan perbedaan tersebut sembari menjadi festival edukasi dan promosi wisata untuk seluruh pengunjung yang hadir.

Event PRSU tergolong sangat besar karena pada tahun 2019 saja, pengunjungnya mencapai 265 ribu orang yang mana jumlah tersebut merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia di segmen festival. Animo masyarakat tersebut terbilang wajar karena PRSU diselenggarakan secara totalitas dan menggabungkan berbagai elemen wisata di dalamnya mulai dari menghadirkan pavilion replika rumah adat dari masing-masing kabupaten/kota yang sangat fotogenik, adanya pasar malam dan berbagai wahana rekreasi menarik, stand kuliner dari berbagai daerah, berbagai event dan kompetisi dan yang paling banyak memikat pengunjung adalah live music dari band-band papan atas nasional.

Festival yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1972 tersebut menjadi agenda tahunan dari Pemprov Sumatera Utara. Hanya saja dalam kurun waktu 3 tahun (2020-2022), PRSU tidak dibuka karena pandemi covid-19 dan rencananya akan diselenggarakan kembali di tahun 2023 bertempat di Taman Tapian Daya, Gatot Subroto yang memang menjadi lokasi rutin terselenggaranya PRSU ini sejak tahun 2003.

Penutup

Nah, itu tadi empat festival di Sumatera Utara yang bisa Anda nantikan untuk dikunjungi.

Anda bisa ajak keluarga, teman, saudara atau bahkan kekasih untuk menikmati satu atau keseluruhan festival di atas yang pastinya akan seru dan mengasyikkan.

Namun untuk urusan mobilitas, Anda membutuhkan kendaraan yang bisa membawa Anda dan rombongan dengan kesan lega, menyenangkan dan tentunya aman sampai ke tujuan.

Mitsubishi New Xpander Cross adalah salah satu MPV keluarga yang bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut. Punya 7 seater, kabin Mitsubishi New Xpander Cross terbilang sangat lega. Selain itu, untuk destinasi yang jauh kendaraan ini punya beragam fitur keamanan yang canggih seperti Hill Start Assist, Cruise Control, Active Stability Control (ASC), Anti-Lock Braking System (ABS), dan Emergency Stop Signal (ESS). Bahkan untuk Anda yang kehabisan baterai ponsel sepanjang perjalanan juga tidak perlu khawatir karena sekarang Mitsubishi New Xpander Cross juga dilengkapi dengan wireless charger.   

Untuk mendapatkan unitnya Anda bisa datang langsung ke Dealer Sardana IndahBerlian Motor di Jalan Gatot Subroto no. 437 Medan atau hubungi nomor whatsapp kami di 0811-654-1800 untuk informasi dan penawaran lebih lanjut.

Mitsubishi, Pasti Sardana!

  

BERITA LAINNYA

Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Kota Medan Desember 2022
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Kota Medan Desember 2022

Halo, Sahabat Mitsubishi! Hanya tinggal menghitung hari kita akan memasuki awal tahun 2023. Tak terasa kita sudah menginjakkan kaki d...

Lebih lanjut...
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi New Xpander Kota Medan Desember 2022
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi New Xpander Kota Medan Desember 2022

Halo, Sahabat Mitsubishi! Promo, simulasi kredit dan harga Mitsubishi New Xpander Medan Desember 2022 kembali hadir. ...

Lebih lanjut...
Pilih New Xpander Ultimate CVT Atau New Xpander Cross CVT Facelift? Ini Pertimbangannya! 
Pilih New Xpander Ultimate CVT Atau New Xpander Cross CVT Facelift? Ini Pertimbangannya! 

Halo, Sahabat Mitsubishi!  Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross adalah dua line up MPV unggulan yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu masyarakat ...

Lebih lanjut...