PASSENGER CAR

LIGHT COMMERCIAL VEHICLE

COMMERCIAL VEHICLE

Empat Destinasi Wisata Unggulan di Pulau Nias

2023-09-27

Empat Destinasi Wisata Unggulan di Pulau Nias

Halo, Sahabat Mitsubishi!

Siapa yang tidak kenal Pulau Nias? Pulau yang berada di Sumatera Utara ini menawarkan eksotisme yang tiada banding. Jika Anda berencana untuk menghabiskan liburan atau waktu di Pulau Nias, pastikan untuk mengunjungi empat destinasi wisata unggulan berikut.

Apa saja? Berikut Sardanagroup.co.id rangkum untuk Anda:

1. Desa Bawomataluo, Nias Selatan

Salah satu yang sangat ikonik dari Pulau Nias adalah lompat batu. Saking unik dan otentiknya tradisi lompat batu, bahkan pernah menjadi background dari uang kertas di awal tahun 2000-an. Dinamakan sebagai tradisi Fahombo atau ‘Lompat Batu’, Anda akan disuguhkan aksi pemuda-pemuda lokal yang melompati batu setinggi dua meter. Dulunya tradisi ini melambangkan ujian kedewasaan fisik bagi remaja-remaja di Nias.

Apalagi atraksi tersebut dilakukan dengan landscape rumah adat yang sangat terjaga. Arsitektur yang megah dan masih alami sampai sekarang akan membuat pengunjung kagum. Bahkan, Desa Bawomataluo yang menjadi cagar budaya dari tradisi lompat batu dan rumah adat Suku Nias masuk dalam daftar World Heritage UNESCO pada tahun 2009.

Untuk mengabadikan momen, Anda bisa berfoto menggunakan baju adat Nias Selatan dengan latar belakang rumah adat atau batu setinggi dua meter yang menjadi daya tarik utama tempat ini. Dari segi akses masuk, Anda juga akan dibuat terkesima mengingat untuk mencapai desa ini yang notabenenya berada di atas perbukitan, Anda harus menapaki 72 buah anak tangga dengan pemandangan alam yang indah di bawahnya.

2. Pantai Sorake, Nias Selatan

Masih di Kabupaten Nias Selatan, Anda bisa pergi ke Pantai Sorake yang lokasinya tidak jauh dari Desa Bawomataluo, hanya sekitar 30 menit. Di sini Anda bisa menikmati garis pantai yang sangat eksotis, bahkan disebut jika cuaca cukup baik, Anda bisa melihat batas garis Samudera Hindia dari bibir pantai.

Apa yang paling populer dari Pantai Sorake adalah gulungan ombaknya yang bisa setinggi 10-12 meter. Bahkan Pantai Sorake sendiri disebut sebagai pantai dengan arus ombak terbaik nomor dua di dunia setelah Pulau Hawaii di Amerika Serikat. Tidak heran, banyak turis mancanegara yang datang ke sini menjajal keganasan ombaknya.

Pemerintah daerah sendiri juga secara rutin menyelenggarakan event internasional seperti Nias Pro dan Nisel Open Surfing Contest setiap tahunnya. Jadi, pastikan Anda datang di hari event agar bisa menyaksikan peselancar internasional beraksi di atas ombak Pantai Sorake yang menawan.

3. Pantai Gawu Soyo, Nias Utara

Berada di Desa Ombolata, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, pantai ini menjadi destinasi unggulan karena menawarkan hal yang langka yakni warna pasirnya yang kemerahan. Mungkin kamu pernah mendengar pantai serupa di luar negeri seperti Pulau Bahama, Yunani sampai Kepulauan Karibia. Di Indonesia sendiri, ada beberapa pantai serupa seperti di Lombok dan Pulau Komodo, NTT. Salah satunya juga ada di Pantai Gawu Soyo, Nias Utara ini.

Nama pantai ini adalah Gawu Sayo yang berarti kemerahan dalam Bahasa Indonesia. Anda bisa melihat warna pasir merahnya sepanjang garis pantai, kurang lebih 1 kilometer. Dengan persinggungan air laut yang kebiruan, maka akan menghasilkan pemandangan yang sangat eksotis. Akses menuju lokasi ini juga terbilang tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 80 kilometer dari Kota Gunung Sitoli.

Konon, ada cerita rakyat dibalik eksotisme pasir kemerahan ini. Legenda lokal menyebut bahwa pasir merah itu adalah bekas pertumpahan darah seekor ular siluman yang ditumpas oleh seorang pemuda sakti bernama Laowomaru. Tempat ini juga tergolong sepi dan belum mendapatkan ekspos yang memadai dari media, sehingga sangat cocok untuk Anda yang mendambakan objek wisata yang hening.

4. Museum Pusaka Nias, Gunung Sitoli  

Jika mengelilingi seluruh Kepulauan Nias dirasa terlalu lama, maka Anda bisa berpelesir ke Museum Pusaka Nias yang terletak di Kota Gunung Sitoli. Berdiri sejak 1991, Musuem Pusaka Nias menyimpan koleksi yang bisa menggambarkan kekayaan budaya Nias secara universal dalam satu kunjungan. Di sini Anda akan mengenal warisan kebudayaan Nias lewat barang-barang peninggalan leluhur yang langka seperti ukiran batu, tutup kepala, patung-patung kuno, sampai alat musik tradisional.

Tak sampai di situ, informasi berupa foto-foto lawas yang menggambarkan Kepulauan Nias tempo dulu juga bisa Anda nikmati. Ragam tulisan yang menceritakan budaya Nias dari berbagai penerbit dan penulis juga bisa dibaca di perpustakaannya. Untuk Anda yang berminat untuk wisata edukasi, maka tempat ini sangat wajib untuk didatangi.

Museum Pusaka Nias juga memiliki mini zoo yang melestarikan hewan-hewan khas Nias, salah satunya Beo Nias. Untuk fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap, karena museum ini turut mempunyai mini kafe sampai ruang meeting (pertemuan) untuk kebutuhan konvensi.

Penutup

Nah, itu tadi empat destinasi wisata unggulan di Pulau Nias yang bisa Anda kunjungi.

Karena merupakan pulau terluar di Sumatera, maka dibutuhkan akses pesawat terbang/kapal laut untuk mencapai Pulau Nias. Namun tak perlu khawatir, karena Anda juga bisa menggunakan mobil pribadi untuk mengeksplorasi seluruh kekayaan alam Pulau Nias baik via penyebrarangan laut.

Salah satu line up unggulan yang kami rekomendasikan adalah Mitsubishi Pajero Sport. Sebagai SUV Mitsubishi yang teruji ketangguhannya, pastikan perjalanan Anda mulus di medan apapun.  

Dapatkan unitnya hanya Dealer Sardana IndahBerlian Motor pada cabang berikut:

1. Jalan Gatot Subroto No. 437, Kota Medan.
2. Jalan Putri Hijau No.4A, Medan – 20111
3. Jalan Boulevard Barat No. 8 Bundaran Komp Cemara Asri

Atau hubungi whatsapp kami di 0811-654-1800 untuk  konsultasi pembelian lebih lanjut.

Mitsubishi, Pasti Sardana!

BERITA LAINNYA

Empat Studio Foto Populer di Kota Medan
Empat Studio Foto Populer di Kota Medan

Halo, Sahabat Mitsubishi! Tidak sulit untuk mencari studio foto di Kota Medan. Dengan banyaknya pilihan, terkadang sulit untuk mensor...

Lebih lanjut...
Empat Spot Makan Durian di Kota Medan
Empat Spot Makan Durian di Kota Medan

Kota Medan terkenal dengan ragam kulinernya, salah satunya adalah buah durian. Manisnya durian Medan sudah sangat terkenal se-antero Indonesia. Bahkan tak lengkap rasanya...

Lebih lanjut...
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Kota Medan November 2023
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Kota Medan November 2023

Halo, Sahabat Mitsubishi! Semoga Anda senantiasa dalam keadaan sehat. Promo, simulasi kredit dan...

Lebih lanjut...