PASSENGER CAR

LIGHT COMMERCIAL VEHICLE

COMMERCIAL VEHICLE

Empat Ajang StartUp di Kota Medan Yang Bisa Membuatmu Jadi Pengusaha Muda!

2021-07-21

Empat Ajang StartUp di Kota Medan Yang Bisa Membuatmu Jadi Pengusaha Muda!

Menjadi seorang pengusaha tentu adalah pilihan karir yang diidam-idamkan hampir semua anak muda. Namun terkadang berbagai kendala seperti modal, pilihan model bisnis, sampai tim yang kuat menjadi penghalangnya.  

Seiring perkembangan teknologi digital, menjadi pengusaha tidak lagi sesulit yang dibayangkan. Berbagai program incubator dalam negeri telah dibuka untuk anak-anak muda yang memiliki visi memecahkan permasalahan sosial dan memberi nilai tambah lewat teknologi digital yang dibuatnya.

Istilah startup pun mengemuka menjadi sebuah jalan karir untuk anak muda yang datang dengan ide-ide dan prototype produk yang kuat. Hal ini tak lepas dari sosok milyader yang telah sukses lebih dulu dengan cara ini seperti Mark Zuckerberg CEO Facebook, Sergey Brin dan Larry Page CEO Google, hingga Jeff Bezoz CEO Amazon yang memulai bisnisnya dari sebuah startup.

Tak jarang, program incubator yang memfasilitasi startup ini juga memberi bantuan bagi startup yang lolos seperti akses kepada pemodal, jaringan fasilitas, sampai kerjasama dengan perusahaan rekanananya sehingga startup bisa bertumbuh dengan lebih cepat.

Keren kan?

Jika kamu tinggal di Kota Medan, penuh dengan ide, ambisi dan ingin membuat perusahaan rintisan (startup) sendiri maka empat ajang berikut tidak boleh kamu lewatkan.

A. Indigo Digital Nation



Adalah inkubator yang diinisiasi oleh Telkom Indonesia. Setiap tahunnya mereka membuka dua batch dengan kategori yang berbeda-beda. Beberapa startup yang lulus dari inkubasi ini adalah PrivyID, MuslimLife, hingga Payfazz. Kamu bisa kunjungi situsnya langsung di indigo.id

Bagi kamu yang lolos pada program Indigo Telkom, kamu dan tim mu berkesempatan mendapatkan akses dana serta networking bisnis dari Telkom Group yang merupakan BUMN dengan ekosistem digital terbesar di Indonesia.

Apalagi salah satu investor besar yang menjadi anak usaha dari Telkom, MDI Venture akan memberikan suntikan dana dengan series tertentu pada startup yang benar-benar berpotensi. Bahkan MDI Venture juga kini menjadi investor dari GoTo, loh.  

B. DILo Startup Bootcamp



Masih berhubungan dengan Telkom Indonesia, DILo Startup Bootcamp adalah salah satu event yang berbasis komunitas dan diselenggarakan di kota masing-masing dimana kantor DILo berdiri.

DILo sendiri adalah singkatan dari Digital Lounge yang merupakan adalah salah satu anak usaha dari Telkom dan kini telah beroperasi di 17 kota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Masih berhubungan dengan Indigo Digital Nation yang merupakan seleksi di level nasional, maka setiap DILo di daerah akan mengirimkan startup terbaiknya untuk mengikuti ajang tersebut. Khususnya DILo Medan yang beralamat di Jl. Monginsidi No.6, Anggrung, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20152.

Keunggulan dari DILo Startup Bootcamp adalah adanya intensitas bimbingan dan interaksi yang lebih dalam karena mentor dan tim yang bergabung dalam bootcamp tersebut merupakan putra daerah dan startup yang berpotensi akan digembleng untuk mengikuti tahapan selanjutnya mulai dari DILo Validation Customer sampai Indigo Nation.

C. Bekup



Berjalan sudah 4 tahun, inkubator Bekraf For Pre-Startup (Bekup) yang diinisiasi oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini sangat cocok untuk kamu yang baru merintis startup. Mereka membuka satu batch setiap tahunnya di beberapa kota pilihan.

Berbeda dengan Indigo yang memiliki akses pendanaan primer, Bekup barangkali lebih kepada upaya mentorship bagi pelaku startup untuk memvalidasi ide bisnisnya serta menjadi ekosistem yang mampu mempertemukan founder dengan calon anggota tim yang memiliki kemampuan di bidang hipster, hacker, sampai hustler sehingga bisnisnya bisa berjalan solid.

Di akhir periode, startup yang terpilih pada level nasional berkesempatan pitching ke hadapan investor sehingga diterima atau tidaknya tergantung bagaimana kamu memanfaatkan tahapan inbukasi Bekup yang kamu terima selama berbulan-bulan sebelumnya.

Tertarik untuk mendaftar?  Kamu bisa cek langsung di Bekup.Kemenparekraf.go.id

D. 1000 Startup Digital



Program dari Kementrian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) ini mencari startup potensial di seluruh wilayah Indonesia untuk di-gembleng menjadi startup yang siap pakai di dunia industri dan siapa tau dapat digandeng oleh kementrian sebagai mitra kerja.

Tak jauh berbeda dengan Bekup, program ini lebih condong kepada terciptanya cara berpikir dan pembentukan mental bagi para founder startup serta pengujian ide dan model bisnis yang akan mereka kembangkan. Pada akhirnya, startup yang lolos harus menunjukkan kekuatan dan pesonanya sendiri untuk meyakinkan para investor atau venture capital untuk mau menyuntikkan dana ke startup-nya.

Menariknya, sejalan dengan namanya sudah 1000 startup yang dirilis oleh program ini dan masing-masing memiliki ide-ide yang unik untuk membantu pemerintah memecahkan masalah di masyarakat mulai dari dunia pertanian, peternakan, robotic sampai e-commerce.

Kamu bisa cek di www.1000startupdigital.id

Penutup  

Nah, itu tadi empat ajang startup di Kota Medan yang bisa kamu ikuti jika kamu adalah seorang founder startup dan ingin ide bisnismu berkembang dengan cepat.  

Satu hal yang penting adalah komitmen untuk tidak pantang menyerah mengerjakan apa yang kamu yakini dan mau berkolaborasi dengan siapa saja untuk mempercepat prosesmu.   

Perlahan tapi pasti, kalau mimpimu sudah terwujud menjadi CEO sebuah startup yang ternama di tanah air, tak salah jika kamu memiliki kendaraan yang menunjang citramu.

Brand dari Mitsubishi Motor merupakan brand ternama yang merepresantasikan ambisimu menjadi pengusaha sukses, sebagaimana motto Mitsubishi, ‘Drive Your Ambition’.

Adapun line up dari Mitsubishi yakni Mitsubishi Xpander, Xpander Cross, Eclipse Cross, hingga Pajero Sport, selain bisa menjadi andalan untuk mobilitamu di setiap situasi, juga bisa menjadi citra idealmu sebagai eksekutif muda karena brand dari Mitsubishi sangat tepat untuk merepresentasikan pejuang ambisi seperti kamu.  

Jadi, sudah siap untuk sukses? Drive your ambition bersama Mitsubishi Motor.  

Mitsubishi, Pasti Sardana!

BERITA LAINNYA

Promo, Simulasi Kredit dan Harga Terbaru Mitsubishi Xpander & Xpander Cross Medan PPnBM 0%  Agustus 2021 
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Terbaru Mitsubishi Xpander & Xpander Cross Medan PPnBM 0%  Agustus 2021 

Halo, Sahabat Mitsubishi!  Bulan Agustus sudah tiba. Inilah saatnya membeli mobil baru. Manfaatkan promo PPnBM 0% dari pemerintah, karena  bulan ...

Lebih lanjut...
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Terbaru Mitsubishi L300 Medan Agustus 2021
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Terbaru Mitsubishi L300 Medan Agustus 2021

Halo, Sahabat Mitsubishi!  Apa kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat.  Tak terasa kita sudah memasuki bulan Agustus 2021. Mitsubish...

Lebih lanjut...
Empat Keuntungan Jangka Panjang Yang Akan Didapatkan Pemilik Mitsubishi Fuso di Indonesia
Empat Keuntungan Jangka Panjang Yang Akan Didapatkan Pemilik Mitsubishi Fuso di Indonesia

Telah hadir di Indonesia selama lebih dari lima dasawarsa, Mitsubishi Fuso telah menjadi kepercayaan berbagai mitra usaha dan niaga untuk berbagai kebutuhan bisnis mulai ...

Lebih lanjut...