Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Modifikasi Pada Mobil Mitsubishi Xpander Anda!  | Sardana Berlian
Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Modifikasi Pada Mobil Mitsubishi Xpander Anda! 

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Modifikasi Pada Mobil Mitsubishi Xpander Anda! 

Hype / 25-05-2022
Share

Apakah Anda menggemari modifikasi kendaraan? 

Seringkali pemilik kendaraan merasa bosan dengan tampilan ‘tunggangannya’ yang itu-itu saja. Alasan lainnya adalah tidak ingin seragam dengan mobil lainnya meski secara pabrikan diproduksi dengan spesifikasi yang sama. 

Modifikasi pun menjadi jalan tengah untuk memuaskan obsesi tersebut. Mitsubishi Xpander tergolong kendaraan yang juga sering menjadi primadona dalam hal modifikasi. Tampilannya yang sudah ganteng sejak awal, tetap saja menuntut rasa penasaran dari konsumen sehingga bentuknya banyak diubah mulai dari grill, velg, maupun warna cat. 

Ketiga hal tersebut adalah komponen yang tergolong modifikasi yang  umum. Namun sebelum Anda melakukan modifikasi lebih lanjut, perhatikan hal-hal berikut yuk:   

1. Grill Depan 

Salah satu yang banyak mendapatkan perhatian konsumen adalah grill depan dari Mitsubishi Xpander. Tampilannya sebenarnya sudah ganteng dengan desain yang menyatu bersama konsep dynamic shield. Hanya saja, mengingat bagian ini sangat berpengaruh pada impresi visual kendaraan, tak jarang modelnya diubah dengan berbagaj jenis grill modifikasi salah satunya grill Apollo untuk memancarkan kesan garang dan tangguh.


Namun, sebenarnya grill depan Mitsubishi Xpander tidak begitu direkomendasikan untuk diganti mengingat grill ini sudah disesain sedemikian rupa dengan konsep ‘Pedestrian Protect’ yang meminimalisir tingkat kecelakaan parah ketika mobil ini menabrak pejalan kaki.  

2. Ukuran Velg 

Tidak hanya bagian depan, tampilan velg juga sering menjadi sasaran modifikasi konsumen. Mengingat velg bawaan untuk Mitsubishi Xpander berukuran 16-17 inch, banyak konsumen yang berusia muda mengganti velgnya baik dari segi ukuran dan desain. Salah satu yang sempat ramai adalah menganti velg ke ukuran 20 inch. Hal ini kadang dilakukan oleh anggota komunitas otomotif. 



Mengganti velg bawaan ke versi aftermarket memang sah-sah saja selama sebatas desain dan tidak menganggu suspensi kendaraan. Hanya saja jika sudah mengganti ukuran velg ke 20 inch dikhawatirkan kendaraan mengalami beberapa kerugian seperti bantingan yang semakin keras, pelek jadi rusak, hingga ban sering terbentur ke fender yang membuat penumpangnya tak nyaman. 

Disarankan untuk mengganti velg Mitsubishi Xpander maksimal ke ukuran 18 inch untuk tidak menghilangkan fungsi suspensinya. 

3. Cat mobil 

Secara umum, Mitsubishi Xpander hanya dirilis dalam lima warna berbeda yakni: Red Metallic (Merah), Quartz White Pearl (Putih), Jet Black Mica (Hitam), Sterling Silver Metallic (Perak), Graphite Grey Metallic (Abu-abu) dan Deep Bronze Metallic (Perunggu). Namun, tak sedikit konsumen yang akhirnya ingin memodifikasi warna cat luar mobilnya dengan warna favoritnya. Seperti cokelat, kuning bahkan hijau.  



Namun harus diingat, sebelum re-paint total mobil Mitsubishi Xpander Anda, perhatikan lokasi serta bahan yang digunakan oleh pihak bengkel. Dianjurkan untuk tidak menggunakan bahan yang kurang ekonomis seperti Nitro Celluloce (duco) atau Laquer yang cepat memudar (tidak tahan lama). Selain itu ada resiko belang pada cat keseluruhan serta tebal-tipis yang kurang sempurna jika pengerjaan pada bengkel pilihan Anda tidak bisa mengakomodir kebutuhan kendaraan secara professional.  

Penutup 

Pada umumnya memodifikasi kendaraan adalah hak setiap konsumen. Namun yang perlu diingat adalah sebelum sebuah mobil komersil benar-benar dirilis, mobil tersebut sudah melewati berbagai jenis pengujian yang melibatkan lebih dari satu ahli.

Karenanya penting untuk menyadari bahwa modifikasi desain yang baik adalah modifikasi tanpa menghilangkan fungsi utama dari komponen tersebut. Karena jika Anda mengorbankan fungsi demi sekedar kepuasan visual, sama saja dengan mengurangi apresiasi terhadap tenaga ahli yang telah mendedikasikan waktunya untuk merancang kendaraan tersebut. Ditambah itu bisa merugikan Anda secara ekonomis dan menganggu kenyamanan secara jangka panjang.   

Jika Anda ingin mempercantik tampilan mobil Xpander Anda secara mainstream, sudah tersedia berbagai jenis aksesoris dan body kit yang bisa dibeli di Dealer Sardana IndahBerlian Motor, Jalan Gatot Subroto no. 437 Kota Medan. Atau hubungi whatsapp kami di 0811-654-1800.   
Ada lagi tambahan modifikasi yang kamu inginkan? Bisa menghubungi nomor kita di atas ya.  

Mitsubishi, Pasti Sardana! 

Berita Lainnya

Empat Fakta Menarik Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar
2022-06-29

Empat Fakta Menarik Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar

SELENGKAPNYA