Mitos Tentang Mobil Mitsubishi Yang Masih Beredar di Masyarakat  | Sardana Berlian
Mitos Tentang Mobil Mitsubishi Yang Masih Beredar di Masyarakat 

Mitos Tentang Mobil Mitsubishi Yang Masih Beredar di Masyarakat 

Berita / 26-02-2022
Share

Di Indonesia, kendaraan Mitsubishi di segmen penumpang sudah cukup populer sejak tahun 90an. Namun seiring perkembangan waktu khususnya sejak 2017 lewat hadirnya Mitsubishi Xpander, kendaraan penumpang dari Mitsubishi menjadi salah satu yang terlaris di Indonesia. 

Meski begitu, masih ada beberapa mitos di masyarakat tentang mobil penumpang dari Mitsubishi. Apa saja? 

1. Suku Cadang Sulit Dicari 

Pada awal tahun 2000-an, penetrasi penggunaa Mitsubishi di segmen penumpang masih belum optimal. Jumlah dealer dan bengkel resmi juga tidak sepesat sekarang. Segmen mobil MPV masih lekat dengan kompetitor lain, sehingga persamaan antara jumlah penjualan mobil penumpang dengan ketersediaan layanan purna jual masih belum memadai.



Namun seiring berjalannya waktu, setelah Mitsubishi Pajero Sport dan Xpander dirilis, maka layanan purna jual dari Mitsubishi mulai digiatkan. Terbukti dengan investasi bertahap Mitsubishi ke pasar Indonesia yang diproyeksikan mencapai lebih Rp. 11,2 triliun hingga tahun 2025 mendatang. 

Di satu sisi kebutuhan akan layanan purna jual yang tinggi disesuaikan dengan penjualan Mitsubishi Pajero Sport dan Xpander yang sudah mencapai lebih dari 300 ribu unit per 2021 ini.   

2. Penggerak Roda Depan Sulit Menanjak 

Mitsubishi Xpander menjadi salah satu yang mempelopori mesin penggerak roda depan (FWD) pada segmen MPV. Di saat MPV brand lain menggunakan penggerak roda belakang, hadirnya Mitsubishi Xpander sejak 2017 lalu membawa perbedaan. Konon mitosnya di masyarakat, Mitsubishi Xpander dianggap sulit menanjak karena keunikannya tersebut. 

Namun hal itu tidak benar dikarenakan Mitsubishi Xpander sudah dilengkapi berbagai fitur yang mendukung kemampuan menanjaknya salah satunya adalah Hill Start Assist. Selain itu, dalam menaklukkan tanjakan ada faktor yang lebih dominan yang punya pengaruh selain sistem penggeraknya, yakni skill mengemudi dan kondisi jalan. 



Bahkan seorang praktisi otomotif dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu dikutip dari Detik.com (27/08/2021) menyebutkan bahwa tidak banyak relevansinya antara sistem penggerak roda depan atau belakang terhadap kemampuan mobil menanjak, khususnya di tanjakan curam. Faktor skill mengemudi adalah yang paling penting. 

Hal itu diperkuat dengan bukti bahwa sejak Mitsubishi Xpander diluncurkan dengan penggerak roda depan (FWD), kompetitor lain mulai ikut dan berpindah menggunakan sistem penggerak yang sama dan membuktikan Mitsubishi Xpander sebenarnya adalah visioner di segmen ini. 

3. Sering Dikira Mobil Tambang

Jika di poin nomor dua membahas tentang Mitsubishi Xpander, maka di poin ketiga membahas tentang Mitsubishi Triton yang seringkali dianggap sebagai mobil tambang. Anggapan itu sebenarnya adalah langkah positif, mengingat masyarakat sudah mengakui ketangguhannya di medan-medan yang sulit. 

Secara persentase, Mitsubishi Triton menguasai segmen kendaraan pickup di industri pertambangan dan perkebunan. Namun citra baik itu justru melekat sebagai identitas. Padahal Mitsubishi Triton juga sangat relevan digunakan sebagai kendaraan pribadi tidak hanya untuk perusahaan industri. 



Hal itu dibuktikan dengan hadirnya double cabin pada Mitsubishi Triton yang mana mampu memberikan kapasitas hingga lima penumpang. Selain itu, fitur-fitur yang tersemat di dalamnya juga tidak kalah menarik dibanding mobil MPV keluarga pada umumnya. Seperti hadirnya head unit dengan touch sreen perangkat hiburan seperti DVD, USB, Bluetooth, AUX, hingga smartphone connectivity. 

Karenanya anggapan/mitos yang menyebut Mitsubishi Triton sebagai mobil tambang cukup keliru mengingat Mitsubishi Triton sudah didesain sedemikian rupa sehingga kini lebih family friendly meski tidak menghilangkan ketangguhannya sebagai kendaraan off road yang siap melibas kontur jalan manapun.  

Penutup 

Nah, itu tadi tiga mitos tentang mobil Mitsubishi yang ada di masyarakat. 

Kira-kira ada mitos apalagi yang pernah kamu dengar nih, Sahabat Mitsubishi? 

Sebagai salah satu merk kendaraan paling berpengaruh di Indonesia, Mitsubishi akan terus beradaptasi dengan kebutuhan otomotif tanah air dengan meluncurkan produk-produk yang terbaik untuk menunjang mobilitas konsumen. 



Untuk Anda yang tinggal di Kota Medan & sekitarnya yang ingin memesan mobil Mitsubishi tipe apa saja, bisa mengunjungi dealer resmi Mitsubishi kami di Dealer Sardana IndahBerlian Motor atau menghubungi whatsapp kami di 0811-654-1800. 

Mitsubishi, Pasti Sardana! 

Berita Lainnya

Empat Tempat Bersepeda Off Road Yang Bisa Kamu Coba di Medan & Sekitarnya
2022-06-11

Empat Tempat Bersepeda Off Road Yang Bisa Kamu Coba di Medan & Sekitarnya

SELENGKAPNYA
Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross, Mana Yang Lebih Tinggi?
2022-06-15

Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross, Mana Yang Lebih Tinggi?

SELENGKAPNYA
Tips Membawa Hewan Peliharaan Dalam Mobil
2022-06-18

Tips Membawa Hewan Peliharaan Dalam Mobil

SELENGKAPNYA
Punya Keluhan Kendaraan? Hubungi Whatsapp Service Mitsubishi Sardana!
2022-06-22

Punya Keluhan Kendaraan? Hubungi Whatsapp Service Mitsubishi Sardana!

SELENGKAPNYA
Harga Mitsubishi Fuso Bekas vs Baru, Piih Yang Mana?
2022-06-25

Harga Mitsubishi Fuso Bekas vs Baru, Piih Yang Mana?

SELENGKAPNYA
Empat Fakta Menarik Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar
2022-06-29

Empat Fakta Menarik Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar

SELENGKAPNYA