MENGINTIP NENEK MOYANG MITSUBISHI DELICA DI KEMAYORAN

MENGINTIP NENEK MOYANG MITSUBISHI DELICA DI KEMAYORAN

Medium MPV Delica sudah tidak lagi masuk dalam jajaran mobil yang dipasarkan Mitsubishi di Indonesia, setelah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyudahinya pada Juli 2018 lalu.

Selain Delica, Mitsubishi juga tidak lagi memproduksi Colt T120SS sejak Januari tahun ini. Padahal mobil ini sudah ada sejak 22 tahun lalu, tepatnya mulai dipasrkan tahun 1997 silam.

Menyasar keluarga kelas menengah di Indonesia Delica sendiri mulai dijual pada tahun 2014 lalu. Namun MPV dengan dimensi panjang 4.730 milimeter, lebar 1.795 mm dan tingginya 1.850 mm tersebut kini hanya dipasarkan di Jepang.


Mitsubishi Colt T120SS (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Walaupun tidak lagi dijual di Tanah Air, sebenarnya nama Delica juga melegenda di Indonesia sejak puluhan tahun silam, sebagai salah satu minibus andalan keluarga di Indonesia ketika itu. Hanya saja namanya Mitsubishi Colt T120 dengan tipe Delica

Untuk mengenang kembali tipe Delica, tidak ada salahnya menyambangi pameran Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pada area Indonesia Classic & Unique Bus terpajang beberapa model klasik puluhan tahun lalu.

Minibus-minibus jadul tersebut merupakan milik para kolektor dari komunitas pecinta bus klasik yang ingin mengajak pengunjung sekadar bernostalgia.

Di area alat transportasi klasik, terpajang beberapa varian nenek moyang dari Mitsubishi Delica. Mitsubishi Delica ini dibuat dalam beberapa varian. Untuk Delica T100 yang diproduksi tahun 1969 mengalami perubahan pada tenaga dan mesin menjadi 62 PS (46kW). Disebut Delica Coach karena dapat mengangkut 9 orang penumpang.


Mitsubishi Colt T120SS (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Yang cukup menyita perhatian adalah Mitsubishi Delica 75/T 120 lansiran tahun 1974 milik Bambang Legowo. Dengan bodi Tanaking, varian Mitsubishi Delica ini dibuat dalam beberapa varian.

Delica klasik lainnya adalah T120 produksi tahun 1974. Nama saat diproduksi adalah Delica dengan model sasis T100. Van dengan genre kendaraan niaga ini dibekali mesin KE44 berkapasitas 1.088cc yang menyemburkan tenaga 58 PS (43kW), dengan kecepatan maksimal 115 km/jam dan daya angkut 600 kg.

Dari beberapa varian Delica jadul yang dipamerkan, barangkali restorasi inilah yang paling menarik. Dimiliki oleh Tri Broto, Varian Delica T120 ala Double Cabin dibuat tahun 1973. Mitsubishi T120 satu ini cukup unik.

Memang bukan dalam bentuk aslinya, melainkan hasil modifikasi dari T120 model generasi awal yang berbentuk wagon (coach). Lalu oleh si empunya disulap menjadi kabin ganda.

 

-Otosia.com

MITSUBISHI XPANDER MASIH PERKASA SAMPAI MARET, BERAPA BANYAK TERJUAL?

MITSUBISHI XPANDER MASIH PERKASA SAMPAI MARET, BERAPA BANYAK TERJUAL?

Mitsubishi Xpander masih menjadi kontributor terbesar penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) sepanjang kwartal pertama tahun 2019.

Berdasarkan data retail s...

Read More

TEKNISI MITSUBISHI INDONESIA MERAIH GELAR BEST MECHANIC DI JEPANG

TEKNISI MITSUBISHI INDONESIA MERAIH GELAR BEST MECHANIC DI JEPANG

Prestasi Mitsubishi Motors di Indonesia tidak hanya meraih penjualan tertinggi secara global, tapi juga memiliki sumber daya manusia (SDM) yang terampil. Hal ini dibuktikan pada ajang Mit...

Read More

MITSUBISHI DONASIKAN 9 UNIT KENDARAAN UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA

MITSUBISHI DONASIKAN 9 UNIT KENDARAAN UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi masa depan dan merupakan salah satu faktor penting dalam perubahan. &...

Read More

Newsletter

Dapatkan update terbaru mengenai informasi produk dan promosi langsung di email anda.

KEMUDAHAN AKSES PRODUK DAN LAYANAN MITSUBISHI MOTORS & MITSUBISHI FUSO DALAM GENGGAMAN ANDA

Logo Sardana Mobile App

SARDANA MOBILE

Logo My Mitsubishi App

MY MITSUBISHI MOTORS ID

Logo My Mitsubishi App

RUNNER TELEMATICS

© 2019 Sardana IndahBerlian Motor. All right reserved