Lima Tempat Wisata di Belawan Yang Bisa Jadi Rekomendasi  | Sardana Berlian
Lima Tempat Wisata di Belawan Yang Bisa Jadi Rekomendasi 

Lima Tempat Wisata di Belawan Yang Bisa Jadi Rekomendasi 

Hype / 06-07-2022
Share

Meski berada di pinggir pantai dan memakan waktu cukup lama dari pusat Kota Medan (sekitar satu jam), Belawan masih tergolong daerah administrasi di Kota Medan dengan status kecamatan. Konon, karena jaraknya yang jauh, Kecamatan Medan Belawan sering dianggap sebagai kota madya tersendiri. 

Padahal, jaraknya tersebut jugalah yang membuat  Belawan menjadi istimewa bagi masyarakat Kota Medan yang umumnya mencari nuansa berbeda,  dimana  Belawan merupakan satu-satunya kecamatan di Kota Medan yang bersinggungan langsung dengan pesisir pantai dan menyimpan berbagai potensi keindahan alam yang layak untuk dieksplorasi sebagai tujuan wisata. 

Berikut lima lokasi wisata di Belawan yang direkomendasikan: 

1.    Belawan Sea Food Bang Tamrin 

Untuk Anda yang ingin menikmati menu sea food yang ‘sebenarnya’ maka Belawan Sea Food Bang Tamrin menjadi rekomendasi karena menawarkan bukan hanya makanan laut yang segar namun juga pemandangan laut yang sesungguhnya yang menambah rasa selera makan. 

Dibuat dengan konsep semi-outdoor, pengunjung tidak hanya dapat menikmati hidangan yang diberikan namun juga melakukan swa-foto dengan background laut lepas yang langsung menghadap kapal-kapal nelayan bahkan kapal TNI AL jika Anda beruntung.  

Bukan hanya pengunjung perorangan yang datang kemari, untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan korporasi seperti meeting dengan konsep yang berbeda, maka lokasi ini juga menyediakan meeting hall yang bisa Anda pergunakan.  

2.    Hutan Mangrove Sicanang

Untuk kamu yang senang dengan ekowisata, maka  Hutan Mangrove Sicanang bisa jadi list yang kamu pertimbangkan mengingat lokasi ini menjadi satu-satunya hutan mangrove yang tersisa di Kota Medan. Bahkan lokasi ini juga menyimpan beberapa jenis pohon mangrove langka di dunia. Kamu bisa mengeksplorasi lahan seluas hamper 19 hektar ini dengan berjalan kaki sekaligus ikut ambil bagian dalam pelestariannya.   

Hutan Mangrove Sicanang juga sering dijadikan sebagai wisata edukasi untuk pelajar/mahasiswa agar lebih mengenal mengenai ekowisata yang konon katanya berkontribusi terhadap penyerapan gas karbondioksida sehingga menjadi salah satu penopang oksigen di Kota Medan. Salah satu yang menarik adalah kamu bisa mempelajari lebih banyak mengenai hutan mangrove ini menggunakan kapal speed boat dan kamu akan diajak pemandu berkeliling. 

Selain itu, kamu bisa melakukan swa foto di tempat-tempat menarik yang sudah disediakan di lokasi wisata, ada juga pondok untuk bersantai Bersama keluarga/orang terkasih yang menghadap langsung pemandangan hutan mangrove yang menyejukkan mata. 

3.    Lantamal 1 Belawan 

Sebagai salah satu markas komando militer, Pangkalan Utama Laut TNI Angkatan Laut atau sering disingkat Lantamal 1 Belawan ternyata juga bisa menjadi rekomendasi wisata secara formal. Hanya saja, berbeda dengan lokasi wisata lainnya yang bebas diakses masyarakat umum, untuk menuju Lantamal 1 Belawan dibutuhkan izin khusus dalam melakukan audiensi. 

Beberapa kunjungan biasanya bersifat formal dengan tujuan seperti wisata edukasi atau event yang diselenggarakan langsung Lantamal 1 Belawan sendiri seperti Mangrove Forest Festival  atau kompetisi memancing yang terbuka untuk umum. Kamu bisa mengakses website resmi mereka untuk mengecek kegiatan/event apa saja yang akan diselenggarakan di www.lantamal1-koarmada1.tnial.mil.id. 

Sebagai markas TNI AL, tentunya bukan pemandangan biasa bagi masyarakat Kota Medan melihat sendiri kapal perang atau alutsista yang disiagakan di pinggir laut. Kamu bisa berswa-foto jika menemukan momen yang tepat dan tentunya pengalaman tersebut akan sangat menarik.   

4.    Pulau Siba 

Awalnya lokasi ini adalah penambakan ikan yang memang didominasi sebagai mata pencarian warga lokal di Belawan. Hanya saja , seorang warga setempat bernama Syarifuddin Siba berinisiatif mengelola tempat tersebut agar ramah terhadap wisatawan  Nama pulau ini pun kemudian popular disebut Siba Island (Pulau Siba). 

Masyarakat bisa menikmati fasilitas hiburan seperti waterpark , restoran, bahkan resort(penginapan). Tersedia juga hall room untuk mengakomodasi berbagai acara baik korporasi maupun sosial. Di Pulau Siba,  Anda bisa menikmati panorama hutan bakau yang langka serta bermain beberapa jenis wisata air seperti speed boat, banana boat atau sekedar memancing di pinggir laut yang tenang. 

Lokasinya yang berada di tengah laut (berjarak 25 menit dari Pelabuhan Belawan), membuatnya jadi rekomendasi untuk kamu yang menginginkan  liburan yang hening. Anda bisa melakukan reservasi lebih lanjut di dermaga khusus Siba Island yang berada di Pelabuhan Belawan.

5.    Danau Siombak 

Danau Siombak, Belawan merupakan danau buatan yang telah ada sejak tahun 1980. Merupakan bekas galian untuk tanah timbunan pada masa itu, Danau Siombak memiliki luas sekitar 40 hektar dan merupakan waduk yang difungsikan untuk tempat rekreasi masyarakat. 

Banyak wisatawan yang datang kemari untuk sekedar menikmati suasananya yang tenang sambil memandangi  hamparan air bebas yang menyejukkan hati. Rimbunan pepohonan hijau serta gemericik gesekan angin menambah suasana teduh ketika duduk di tepiannya. Anda juga bisa menambah keintiman dengan tempat ini sambil memancing. 



Selain itu, fasilitas di dalamnya juga tak kalah menarik mulai dari penyewaan speed boat, sampan dayung, kolam renang untuk anak, sampai beberapa restoran yang menyediakan produk ikan yang langsung diambil dari kolam ikan di sekitar Danau Siombak. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati liburan singkat (pulang hari) Bersama keluarga.    

Penutup 

Nah, itu tadi lima tempat wisata di Belawan yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu. 

Akses transportasi menuju Belawan saat ini juga lebih mudah dijangkau lewat jalan tol Belmera (Belawan-Medan-Tanjung Morawa). Untuk urusan mobilitas,  kamu bisa percayakan kepada Mitsubishi yang menghadirkan beberapa line up mobil keluarga yang bisa kamu pakai untuk perjalanan jauh maupun dekat. 

Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport adalah dua kendaraan keluarga yang aman, nyaman, dan tangguh serta terbukti sudah digunakan ratusan ribu keluarga di Indonesia. Kamu pasti tidak kesulitan menemukan salah satu variannya di jalan raya atau sekedar untuk berpapasan di tempat parkir. Itu karena Mitsubishi Xpander dan Pajero merupakan mobil keluarga idola masyarakat.   



Dapatkan beragam promo menarik untuk setiap pembelian mobil Mitsubishi di Dealer Sardana IndahBerlian Motor yang berada pada alamat berikut: 

1. Jalan Gatot Subroto No. 437, Kota Medan.
2. Jalan Putri Hijau No.4A, Medan – 20111
3. Jalan Boulevard Barat No. 8 Bundaran Komp Cemara Asri

Atau hubungi whatsapp kami di 0811-654-1800 (Official Whatsapp Sardana) untuk informasi dan penawaran lebih lanjut. 

Mitsubishi, Pasti Sardana! 
 

Berita Lainnya

Harga, Promo dan Simulasi Kredit Mitsubishi L300 Medan Agustus 2022
2022-08-04

Harga, Promo dan Simulasi Kredit Mitsubishi L300 Medan Agustus 2022

SELENGKAPNYA
Harga, Promo dan Siimulasi Kredit Mitsubishi New Pajero Sport Agustus 2022
2022-08-05

Harga, Promo dan Siimulasi Kredit Mitsubishi New Pajero Sport Agustus 2022

SELENGKAPNYA
Lakukan Customer Gathering, New Mitsubishi Colt L300 Secara Resmi di Kota Medan 
2022-08-06

Lakukan Customer Gathering, New Mitsubishi Colt L300 Secara Resmi di Kota Medan 

SELENGKAPNYA