Empat Wisata Sawah Untuk Masyarakat Kota Medan & Sekitarnya Yang Bisa Jadi Rekomendasi   | Sardana Berlian
Empat Wisata Sawah Untuk Masyarakat Kota Medan & Sekitarnya Yang Bisa Jadi Rekomendasi  

Empat Wisata Sawah Untuk Masyarakat Kota Medan & Sekitarnya Yang Bisa Jadi Rekomendasi  

Event / 27-04-2022
Share

Apa yang terlintas di benakmu ketika melihat hamparan sawah yang hijau sepanjang mata memandang? Bagi beberapa orang terdengar seperti hal yang biasa. Apalagi bagi yang rumahnya dekat dengan lokasi tersebut atau minimal sekedar melewatinya setiap kali pergi ke tempat kerja.

Namun bagi beberapa orang, pemandangan sawah bisa sangat menenangkan khususnya yang tinggal di pusat kota dan ingin merasakan nuansa yang berbeda dari rutinitas utamanya yang dipenuhi hiruk pikuk dunia perkotaan yang minim pemandangan hijau. 

Pada kesempatan ini, Mimin akan sharing empat wisata sawah yang ada di daerah Mebidang nih yang pastinya tak kalah menarik dengan objek wisata lainnya seperti Berastagi atau Danau Toba.  

Lantas, kenapa harus wisata sawah? Jawabannya karena efektivitas waktu! 

Anda bisa menghemat waktu karena sifatnya wisata sawah bisa dinikmati pulang-pergi dalam satu hari. Tentu bagi Anda yang punya gaya hidup ‘jetset’ ini akan sangat membantu merefleksikan pikiran Anda di akhir pekan atau menjadi sarana rekreasi keluarga yang simpel untuk dikunjungi. Khususnya karena akses ke lokasi yang mudah dijangkau. 

Dimana saja? Berikut Sardanagroup.co.id  rekomendasikan untuk Anda: 

1. Sawah Lukis, Binjai 

Lokasi: Gang San Asmat, Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai. 

Untuk mengakses lokasi ini, Anda bisa melalui jalan darat dengan sepeda motor maupun mobil. Jaraknya dari pusat Kota Medan tidak sampai satu jam dengan akses jalan yang cukup baik. Hanya saja untuk Anda yang membawa kendaraan seperti mobil harus menepi di pinggir sawah dan jika sedang holiday season, antrian mobil cukup panjang sehingga Anda harus sedikit berjalan kaki untuk mengakses lokasi utama Sawah Lukis ini. 

Untuk tiket masuknya sendiri adalah GRATIS alias nol rupiah. Hanya saja Anda diwajibkan untuk membeli makan/minum yang ada di sini dengan variasi rentang harga mulai dari Rp. 10.000,- sampai Rp. 100rb ke atas dengan menu makanan ‘kampung’ yang pastinya menggugah selera seperti belut sambal, ayam kampung goreng sampai jengkol rendang. 

Yang bisa Anda nikmati di sini adalah pemandangan sawah hijau yang sangat luas dengan spot foto yang sangat instragammable, Anda juga bisa duduk bersantai di pendopo yang telah disediakan ala-ala pendopo di pematang sawah sambil menyantap makanan/minuman yang tadi di depan. Di sini Anda juga bisa menerapkan sport tourism karena banyak komunitas sepeda yang memulai start/finish kegiatannya dari Sawah Lukis ini. 

Sahabat Mitsubishi bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di instagram mereka di @sawahlukis. 

2. Wisata Sawah Pematang Johar, Deli Serdang 

Lokasi: Dusun VI Rawa Badak, Kecamatan Labuhan Deli, Deli Serdang.

Untuk Anda yang tinggal di daerah Tembung dan sekitarnya mungkin merasa agak kejauhan jika meluncur ke Wisata Sawah Lukis di Binjai, maka Wisata Sawah Pematang Johar bisa jadi pilihan karena lokasinya yang tak jauh dari Jalan Pancing dan juga dekat dengan Kawasan Industri Medan (KIM). 

Di sini Anda bisa mendapatkan kesan hijau yang menyegarkan pikiran. Berkonsep sama seperti Sawah Lukis, Binjai Anda bisa menikmati fasilitas seperti pendopo dan jembatan di tengah sawah, dan ikon-ikon menarik di pinggir sawah yang instagrammable sehingga cocok untuk membawa pasangan atau keluarga ke sini. Ada juga makanan/minuman yang bisa Anda santap sembari menikmati pemandangan dan angin sepoi-sepoi yang masuk ke bilik pendopo.  

Wisata Sawah Pematang Johar ternyata juga sangat murah meriah. Cukup dengan Rp. 5rb saja Anda sudah bisa masuk ke sini dan yang menariknya lagi adalah pihak pengelola juga menyediakan buku untuk dibaca oleh pengunjung. Mengingat suasana sawah yang sangat tenang, rasanya aktivitas membaca buku sangat cocok, apalagi jika Anda membawanya sendiri dari rumah.

3. Desa Wisata Kampung Lama, Deli Serdang  

Lokasi: Jl. Paloh Naga, Denai Lama, Kec. Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20987

Dikenal sebagai Desa Wisata Kampung Lama, sebelumnya wisata sawah ini juga disebut Wisata Sawah Paloh Naga. Tak jauh berbeda dengan Sawah Lukis atau Sawah Pematang Johar, destinasi ini menawarkan pemandangan hijau khas sawah pada umumnya hanya saja dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan seperti pendopo dan spot foto yang instagrammable. 

Namun tetap ada pembedanya, loh. Di sini Anda bisa menikmati atraksi budaya di seperti tari-tarian tradisional dan musik gamelan yang akan dimainkan langsung. Bahkan kesan tradisionalnya juga semakin kuat dengan dibukanya Pasar Tradisional Paloh Naga di pinggir sawah yang buka setiap Sabtu-Minggu pukul 06.00 – 11.00 dan menjual berbagai jenis makanan ‘lawas’seperti Sawot Ubi, Lapek Bugih sampai Bubur Pedas Melayu. 

Yang mana seluruh aktivitas kebudayaan tersebut dimaksudkan untuk menemani sarapan pagi Anda di sini.  Ada juga pusat oleh-oleh dan souvenir yang bisa dibeli pengunjung sebagai kenang-kenangan. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai objek Wisata Sawah Kampung Lama di instagram @desawisatakampoenglama. 

4. Wisata Tidur Sawah, Langkat 

Lokasi:  Dusun Pamah Simelir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingai

Jika tadi ada Sawah Lukis sampai Kampung Lama yang menawarkan pemandangan sawah di setiap destinasinya, maka Wisata Tidur Sawah ini menawarkan hal lainnya yang tak kalah menakjubkan yakni view pegunungan Bukit Barisan yang pastinya semakin memanjakan mata. Dan kerennya lagi, di sini menawarkan konsep wisata yang sedang digandrungi anak muda yakni nge-camp. 

Anda bersama teman-teman atau keluarga bisa berkemah di pinggir sawah dengan latar belakang pegunungan yang tentunya sangat asri. Bahkan di sini Anda bisa menikmati sendiri air pegunungan. Biaya masuknya sendiri cukup murah. Untuk sekedar masuk dan menikmati spot-spot foto yang ada Anda hanya dikenakan biaya Rp. 5000,- sedangkan untuk nge-camp Anda dikenakan biaya Rp. 75.000,- per tendanya atau jika membawa tenda sendiri dikenakan biaya Rp. 25.000,-

Selama nge-camp Anda juga mendapatkan fasilitas lain seperti free WiFi, area parkir luas, sampai penerangan yang eksotis sehingga semakin menambah suasana malam ketika nge-camp di lokasi ini. 

Terletak di Kabupaten Langkat, sebenarnya daerah ini bukan tergolong kawasan Mebidang (Medan, Binjai,  Deli Serdang), namun jaraknya dari Kota Medan sendiri tidak sampai dua jam atau tepatnya sebelum Danau Lau Kawar di Kabupaten Karo.  

Penutup 

Nah, itu tadi empat wisata sawah rekomendasi yang bisa Anda jangkau dari Kota Medan, Binjai, dan Deli Serdang (Mebidang). 

Tentunya setiap destinasi wisata di atas memilki kelebihannya masing-masing, tinggal Anda yang menentukan sesuai dengan selera, budget, dan jarak dari lokasi rumah Anda. 

Yang pastinya untuk menempuh perjalanan jauh bersama keluarga atau teman-teman, membutuhkan mobil yang bisa menciptakan rasa nyaman dan aman. Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross adalah line up dari Mitsubishi yang sangat direkomendasikan untuk melakukan perjalanan tersebut. 

Untuk informasi dan pembelian lebih lanjut bisa menghubungi whatsapp kami di 0811-654-1800 atau datang langsung ke Dealer Sardana IndahBerlian Motor di Jalan Gatot Subroto no. 437 Medan. 

Mitsubishi, Pasti Sardana! 
 

Berita Lainnya

Alasan Kenapa Anda Harus Membeli Mitsubishi L300 di Dealer Sardana IndahBerlian Motor Medan
2022-05-07

Alasan Kenapa Anda Harus Membeli Mitsubishi L300 di Dealer Sardana IndahBerlian Motor Medan

SELENGKAPNYA
Ini Keunggulan Fuso Tractor Head Dibandingkan Kompetitor!
2022-05-12

Ini Keunggulan Fuso Tractor Head Dibandingkan Kompetitor!

SELENGKAPNYA
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi New Xpander Kota Medan Mei 2022
2022-05-19

Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi New Xpander Kota Medan Mei 2022

SELENGKAPNYA
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Kota Medan Mei 2022
2022-05-21

Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Kota Medan Mei 2022

SELENGKAPNYA
Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Modifikasi Pada Mobil Mitsubishi Xpander Anda! 
2022-05-25

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Modifikasi Pada Mobil Mitsubishi Xpander Anda! 

SELENGKAPNYA