Empat Wisata Perahu Yang Bisa Kamu Nikmati di Sumatera Utara! | Sardana Berlian
Empat Wisata Perahu Yang Bisa Kamu Nikmati di Sumatera Utara!

Empat Wisata Perahu Yang Bisa Kamu Nikmati di Sumatera Utara!

Hype / 15-10-2022
Share

Halo, Sahabat Mitsubishi!

Sumatera Utara menyimpan banyak potensi wisata bahari yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah wisata perahu yang bisa Anda temukan pada beberapa spot di bawah ini.

Wisata perahu dapat menjadi alternatif untuk Anda yang ingin merasakan rekreasi air yang berbeda dari biasanya seperti berenang atau menikmati  air terjun.  Apa saja?

Berikut empat wisata perahu yang bisa kamu nikmati di Sumatera Utara, Sardanagroup.co.id rekomendasikan untuk kamu:

1. Penyeberangan Kapal Feri Danau Toba – Samosir  

Jika bicara mengenai wisata air maka tak lepas dari danau kebanggan Sumatera Utara yang satu ini. Ya, Danau Toba. Jika Anda main-main ke Danau Toba dari jalur Parapat, maka mayoritas pengunjung akan memutuskan pergi ke Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah Danau Toba. Pulau Samosir dikenal menyimpan berbagai cagar budaya Orang Batak dan punya daya tarik yang tinggi di sisi souvenir lewat Pasar Tomok yang ada di sana.

Perjalanan menuju Pulau Samosir pun menjadi wisata tersendiri karena bisa ditempuh menggunakan kapal feri. Banyak opsi kapal feri yang bisa Anda akses untuk menuju ke Pulau Samosir. Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil juga bisa menaikkannya ke kapal feri karena ada beberapa kapal feri besar yang bisa mengangkut muatan berat salah satunya adalah KMP Tao Toba 1 dan 2.

Penyeberangan pun memakan waktu kurang lebih 1 jam dan Anda bisa menikmati birunya air Danau Toba sepanjang mata memandang. Banyak pengunjung yang memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto ria atau sekedar menghirup udara segar dari atas kapal yang sedang melaju. Tertarik mencobanya?  

2. Wisata Sawah Punden Rejo, Deli Serdang  

Jika umumnya wisata perahu berada di arus sungai, danau atau lautan, maka wisata perahu yang satu ini dilakukan di atas aliran air irigasi sawah. Dimana lagi kalau bukan di Punden Rejo, Deli Serdang? Awalya, Desa Punden Rejo, Kecamatan Tanjung Morawa hanyalah desa pertanian yang mana sebagaian mata pencarian penduduknya adalah petani. Namun lewat BumDes dan kreativitas masyarakat lokalnya, dibuatlah wisata sawah Punden Rejo lengkap dengan berbagai infrastrukturnya.

Menariknya, infrastruktur irigasi yang awalnya digunakan untuk mengairi sawah kini ikut dijadikan wisata perahu bagi pengunjung. Tarifnya juga murah hanya Rp. 5000,- per orang. Pengunjung akan dibawa untuk menelusuri sawah dari jalur irigasinya yang tergolong lebar. Perahu yang disiapkan juga berukuran kecil dan hanya muat menampung 4-8 orang sehingga cocok dipakai untuk rekreasi singkat bersama keluarga.

Apalagi jaraknya yang tidak jauh dari Kota Medan membuat wisata perahu Punden Rejo ini dapat menjadi alternatif rekreasi Anda jika bosan dengan spot yang itu-itu saja. Reputasinya Punden Rejo juga sudah mendunia, loh karena tercatat beberapa turis mancanegara sudah melancong ke sini mulai dari berkebangsaan Jerman, Uruguay hingga Belanda.  

3. Wisata Perahu Belawan, Medan

Kecamatan Medan Belawan adalah daerah tepi laut yang mana sebagian besar mata pencarian masyarakatnya adalah nelayan. Tak heran jika main ke sini Anda bisa melihat beberapa rumah terapung yang dibuat tepat di pinggir laut. Nah, kebetulan sekali  jika Anda penasaran bagaimana kehidupan seorang nelayan di tengah laut dan ingin menjajal sensasinya, maka datang saja ke Belawan karena di sini banyak nelayan lokal yang siap memberikan Anda tumpangan.

Anda akan diajak mengarungi laut selama 15-30 menit. Biasanya perahu yang digunakan memang langsung milik para nelayan lokal bukan dikhususkan untuk membawa wisatawan seperti kapal penyeberangan pada umumnya. Jadi tak heran jika dalam perjalanan, pengunjung harus terbiasa dengan suara atau goncangan dari ikan hidup yang disimpan nelayan di perahu yang sama. Atau juga suara motor (mesin) dari perahu yang agaknya menganggu karena terlalu keras.

Namun semua gangguan tersebut tentu bukan masalah jika dari awal niat Anda hanyalah ingin menjawab rasa penasaran tentang bagaimana kehidupan para nelayan ketika mengarungi laut. Jika beruntung Anda bisa langusng bernegosiasi membeli hasil laut mereka. Harganya pun tentu lebih murah dibanding membeli di pelelangan ikan atau di pasar tradisional karena Anda membeli langsung dari tangan pertama.   

4. Wisata Perahu Pulau Mursala, Sibolga

Keindahan Pulau Mursala mulai terekspos ketika dijadikan lokasi shooting film King Kong pada tahun 2005 silam. Awalnya tidak banyak yang tau mengenai lokasi ini, namun berkat film Holywood tersebut semakin banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke sini karena eksotisme alamnya yang luar biasa.

Akses menuju ke Pulau Mursala memang cukup jauh jika Anda memulai titik keberangkatan dari Kota Medan. Anda harus sampai dulu di Pelabuhan Sibolga. Untuk menuju Pelabuhan Sibolga pun dapat ditempuh dengan dua cara, yakni via darat menggunakan transportasi bus yang memakan waktu kurang lebih 8 jam atau via udara yakni melalui pesawat dari Bandara Internasional Kuala Namu dan turun di Bandara FL Tobing, Tapteng sekitar 50 menit perjalanan.

Kemudian dari Sibolga, Anda bisa menyewa perahu yang akan membawa Anda ke Pulau Mursala. Waktu tempuhnya  sekitar 1-3 jam tergantung dari kapal yang Anda sewa. Biasanya kapal yang melintas ke sini adalah untuk rombongan atau biro wisata karena harga sewa kapalnya mulai dari Rp. 1,5 jutaan dan terdengar boros untuk individu.

Selama waktu pelayaran tersebut Anda bisa menikmati pemandangan laut yang mempesona. Puncaknya ketika sampai di Pulau Mursala Anda bisa menyaksikan spot air terjun laut yang menjadi ciri khas utama dari Pulau Mursala. Beragam kegiatan pun bisa Anda lakukan di pesisir pulau mulai dari snorkeling, memancing, menggunakan speed boat, dan tentunya adalah berfoto ria untuk mendokumentasikan perjalanan berkesan Anda.

Penutup

Nah, itu tadi empat wisata perahu yang bisa Anda nikmati di Sumatera Utara.

Pastikan mobilitas Anda menuju ke lokasi tujuan berjalan lancar dan nyaman. Persiapkan kendaraan terbaik untuk menciptakan kesan perjalanan yang tak terlupakan bersama keluarga, pasangan, teman, dan orang terkasih Anda.

Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross adalah line up MPV yang mampu menciptakan kesan tersebut. Dapatkan unitnya di Dealer Sardana IndahBerlian Motor Kota Medan. Hubungi whatsapp kami di 0811-654-1800 untuk informasi dan penawaran lebih lanjut.  

Mitsubishi, Pasti Sardana!

Berita Lainnya

Bengkel Mitsubishi Sardana Kini Punya Dua Ruang Tunggu, Loh!
2023-01-11

Bengkel Mitsubishi Sardana Kini Punya Dua Ruang Tunggu, Loh!

SELENGKAPNYA
Bingung Pilih Warna Untuk Mitsubishi New Xpander Cross? Ini Pertimbangannya!
2023-01-14

Bingung Pilih Warna Untuk Mitsubishi New Xpander Cross? Ini Pertimbangannya!

SELENGKAPNYA
Lima Destinasi di Kota Medan Untuk Mengajak Anak Liburan!
2023-01-18

Lima Destinasi di Kota Medan Untuk Mengajak Anak Liburan!

SELENGKAPNYA
Mengenal Fitur Micron Air Filtration Pada New Xpander 2023
2023-01-21

Mengenal Fitur Micron Air Filtration Pada New Xpander 2023

SELENGKAPNYA
B35 di Indonesia 2023, Truk Fuso Canter & Fighter X Siap Aplikasikan
2023-01-25

B35 di Indonesia 2023, Truk Fuso Canter & Fighter X Siap Aplikasikan

SELENGKAPNYA
Empat Cara Menikmati Kopi di Kabin Mitsubishi Pajero Sport
2023-01-28

Empat Cara Menikmati Kopi di Kabin Mitsubishi Pajero Sport

SELENGKAPNYA