Empat Wisata Alam Yang Bisa Anda Nikmati di Daerah Bukit Lawang  | Sardana Berlian
Empat Wisata Alam Yang Bisa Anda Nikmati di Daerah Bukit Lawang 

Empat Wisata Alam Yang Bisa Anda Nikmati di Daerah Bukit Lawang 

Hype / 16-03-2022
Share

Masyarakat di Kota Medan & sekitarnya pastinya tidak asing lagi dengan Bukit Lawang. Meski namanya ‘Bukit Lawang’ namun objek wisata yang satu ini bukanlah daerah perbukitan atau pegunungan, melainkan berbentuk hutan alami yang dihuni oleh berbagai satwa dan flora yang benar-benar hidup di alam liar.
 
Daerah yang terletak di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat ini dibelah oleh sebuah sungai yang indah bernama sungai Bohorok dan tidak jauh dari tempat ini berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser yang mana menjadi habitat berbagai macam satwa dan flora langka yang sangat dilindungi pemerintah seperti Orang Utan, Harimau Sumatera hingga bunga Raflesia. 

Hanya perlu menempuh waktu kurang lebih 3 jam dari Kota Medan, Anda bisa menjangkau lokasi wisata yang satu ini. Bahkan, beberapa wisatawan menganggap Bukit Lawang adalah ‘wisata ekspres’ yang mana hanya perlu meluangkan waktu satu hari saja, Anda sudah bisa menikmati seluruh pesona yang ada di Bukit Lawang. Sangat cocok untuk Anda yang berprofesi sebagai karyawan dan tidak punya banyak waktu berlibur. 

Lalu apa saja empat wisata alam yang bisa Anda kunjungi di daerah Bukit Lawang ini? Berikut Sardanagroup.co.id rangkum untuk Sahabat Mitsubishi: 

1. Pusat Orang Utan di Bohorok 

Sebagai habitat asli dari orangutan, daerah Bukit Lawang sudah menjadi daerah rehabilitasi orangutan sejak tahun 1973 lalu. Apalagi satwa yang satu ini tergolong sangat dilindungi. Di sini Anda bisa melihat beberapa ekor orangutan yang sudah dijinakkan dan terbiasa berinteraksi dengan manusia. 

Bahkan para pawang memberikan mereka nama yang unik untuk memberi kesan humoris pada pengunjung yang penasaran. Ada orangutan yang bernama Minah sampai Borjong yang nama tersebut diserap dari perbendaharaan kata lokal. 


Sumber: Instagram @elisaharisepty

Lokasinya sendiri masih berada di kawasan Bukit Lawang hanya saja Anda harus berjalan kaki lebih jauh menyusuri hutan untuk mengakses habitat mereka. Namun tenang saja, karena ada pemandu yang bisa Anda sewa untuk membuat perjalanan menjadi lebih semarak.  

2. Goa Kampret 

Hanya berlokasi 15 menit dari pintu masuk Bukit Lawang, Anda dapat memasuki sebuah goa alami bernama Goa Kampret. Arti ‘Kampret’ di sini adalah kelelawar yang merupakan serapan bahasa lokal. Goanya sendiri sangat luas dan perlu pemandu untuk mengeksplorasinya dengan aman.  


Sumber: Instagram @benjamin.rother

Di dalamnya terdapat habitat ribuan kelelawar yang mana untuk melihatnya harus menggunakan senter. Anda harus terbiasa dengan aroma dan kelembapan di dalam goa karena lokasinya yang memang sangat alami. Di langit-langit goa, Anda juga bisa melihat stalaktit besar yang sudah ada ratusan tahun lalu. 

Banyak wisatawan memanfaatkan momen di Goa Kampret untuk berfoto dengan background bebatuan dan lubang cahaya yang menganga.  
 
3. Pemandian Alam Bukit Lawang

 
Karena dibelah oleh Sungai Bahorok, mayoritas pengunjung yang datang ke Bukit Lawang memang menjadikan sungai ini sebagai destinasi utamanya. Anda bisa menikmati aliran Sungai Bahorok yang dingin khas air pegunungan. 

Selain itu, di pesisir Sungai Bahorok juga sudah dilengkapi berbagai pondok dan tempat makan sehingga Anda bisa menjadikan tempat ini untuk rekreasi bersama keluarga. 


Sumber: Instagram @sumatra.is.fun

Bersantai di atas batu sungai sambil menikmati suara gemericik air atau ikut berendam di dalam airnya yang dingin adalah beberapa opsi kegiatan yang bisa melepas penat Anda setelah letih beraktivitas di tempat kerja. 

4. Wisata Rafting 

Aliran Sungai Bahorok yang cukup deras dimanfaatkan oleh pengelola wisata untuk membuat wahana rafting. Berbeda dengan rafting pada umumnya yang menggunakan perahu karet dan di dalamnya bisa memuat 6-10 orang, di Bukit Lawang menggunakan konsep tubing yang mana satu orang menaiki satu ban karet dan setiap ban tersebut dihubungkan oleh tali yang kuat. 


Sumber: Instagram @@franzire99

Anda akan diajak menyusuri arus Sungai Bahorok dan bukan hanya menguji adrenalin dan kekompakan kelompok, namun selama perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan hijau dari pesisir Sungai Bahorok yang ditumbuhi pepohonan menjulang tinggi atau jika beruntung Anda bisa melihat orangutan lewat/bergelantungan dari pohon ke pohon.  

Penutup 

Nah, itu tadi empat wisata alam di daerah Bukit Lawang yang bisa Anda kunjungi.

Karena jaraknya yang cukup jauh dari Kota Medan, tentu Anda harus memperhatikan berbagai aspek dalam berkendara. Pilihan terbaik untuk rekreasi bersama keluarga adalah menggunakan kendaraan yang bisa memberikan rasa  aman dan nyaman. Baik dari kenyamanan dalam kabin, performa kendaraan, sampai fitur-fitur yang mendukung keselamatan. 

Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross adalah pilihan MPV keluarga yang bisa menjadi teman berpetualang di berbagai medan, mulai dari jalanan kota sampai jalanan off road sekalipun. Dapatkan dua keuntungan sekaligus, yang mana Anda mendapatkan kesan elegan di jalanan perkotaan dan kemampuan off road di jalan yang sulit. 

Ditunjang dengan kenyamanan dalam kabin dan fitur entertainment yang mewah seperti head unit touch screen 7 inch, Smartphone Connectivity & voice recognition, sampai fitur keselamatan seperti Cruise Control, Speed sensing Door Lock, ABS+EBD with BA, Dual SRS Airbag, seatbelt tiga titik, Active Stability Control, Hill Start Assist, Parking Sensor + Rear View Camera, Keyless Operation System  hingga Immobilizer yang membuat perjalanan Anda dan keluarga jadi lebih aman. 

Anda bisa mendapatkan unitnya di Dealer Sardana IndahBerlian Motor, atau hubungi whatsapp kami di 0811-654-1800 (Official Digital Marketing Sardana). 

Tetap utamakan keselamatan selama berkendara ya, Sahabat Mitsubishi.    

Mitsubishi, Pasti Sardana! 

Berita Lainnya

Ini Keunggulan Fuso Tractor Head Dibandingkan Kompetitor!
2022-05-12

Ini Keunggulan Fuso Tractor Head Dibandingkan Kompetitor!

SELENGKAPNYA
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi New Xpander Kota Medan Mei 2022
2022-05-19

Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi New Xpander Kota Medan Mei 2022

SELENGKAPNYA
Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Kota Medan Mei 2022
2022-05-21

Promo, Simulasi Kredit dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Kota Medan Mei 2022

SELENGKAPNYA
Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Modifikasi Pada Mobil Mitsubishi Xpander Anda! 
2022-05-25

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Modifikasi Pada Mobil Mitsubishi Xpander Anda! 

SELENGKAPNYA