CARA MITSUBISHI MOTORS JAGA KUALITAS LAYANAN TERBAIK KEPADA PELANGGAN

CARA MITSUBISHI MOTORS JAGA KUALITAS LAYANAN TERBAIK KEPADA PELANGGAN

Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan Mitsubishi Motors di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengadakan National Contest bagi seluruh lapisan tenaga kerja di diler Mitsubishi Motors seluruh Indonesia, sebagai garda terdepan yang langsung melayani pelanggan.

National Contest 2018 ini mengusung tema “Ambition To Reach The Top”, yang bertujuan untuk  memacu SDM dari diler Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia agar dapat melampaui batas mereka dalam memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan. Ambisi ini pun sejalan dengan tagline Mitsubishi Motors, yaitu: “Drive Your Ambition”.

“National Contest untuk tenaga sales, aftersales dan CSO Mitsubishi Motors merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan MMKSI dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dari garda depan diler yang dibangun dengan semangat kompetisi. Dengan kontes ini diharapkan seluruh lini tenaga diler dapat bekerja sama berkompetisi dalam memberikan layanan terbaik dan tingkat kepuasan yang tinggi bagi pelanggan setia produk Mitsubishi Motors di Indonesia” ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division.

Kontes ini akan diadakan secara rutin tiap tahun untuk menguji kemampuan para tenaga diler Mitsubishi Motors, yang meliputi unsur layanan penjualan, after sales service dan customer satisfaction. Kontes ini diadakan dalam beberapa tahap seleksi selama tahun 2018, dan puncaknya adalah Final National Contest pada tanggal 15 – 16 Januari 2019.

National Contest 2018 merupakan kontes pertama yang diadakan oleh PT MMKSI sejak perusahaan ini berdiri (terpisah dari PT KTB). Adapun kategori yang dilombakan pada kontes ini adalah sebagai berikut:

Sales Appraisal Program

Dari sisi layanan penjualan, kategori Sales Appraisal Program (SAP) dimulai dari level Sales Force, Sales Supervisor, dan Sales Manager. Poin-poin yang dievaluasi dalam kategori SAP untuk tenaga penjual meliputi produktivitas penjualan seorang sales force yang didukung oleh pengetahuan produk yang baik, dan memiliki kemampuan berkomunikasi dalam menjelaskan produk serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan Mitsubishi Motors.

Sedangkan untuk level Sales Supervisor dan Sales Manager aspek evaluasi lebih difokuskan pada kepemimpinan di dalam tim (Team Leadership) serta pencapaian target penjualan (Target Achievement). Yang menarik di SAP tahun 2018 ini adalah beberapa tahapan tes sudah menggunakan teknologi e-Learning di mana topik besarnya adalah pengetahuan seluruh produk Mitsubishi Motors

After Sales Contest

Pada kategori after sales, dibagi menjadi tiga kategori: (1)Technician Contest, kontes ini diperuntukkan untuk Mekanik Senior. (2) Service Advisor Contest, kontes ini ditujukan bagi Service Advisor, dan (3) Periodical Maintenance Contest yang diperuntukan bagi mekanik junior di diler resmi Mitsubishi Motors.

Nilai yang dievaluasi pada kontes after sales ini juga dibagi menurut tugas masing-masing, bagi kontes mekanik atau teknisi mereka harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam menangani servis kendaraan penumpang di diler, sehingga mampu menangani permasalahan yang ada dengan cepat dan sesuai dengan prosedur workshop manual yang ada, juga mampu mempergunakan alat ukur dan “MUT III”, yang merupakan mesin scanner pada diler resmi Mitsubishi Motors.

Kontes Service Advisor yang ditujukan bagi service advisor, diharuskan memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses penerimaan hingga penyerahan kendaraan saat pelanggan melakukan servis di diler. Dalam proses penerimaan pelanggan ini, seorang service advisor harus menerapkan 7 Step Procedure, yang meliputi kemampuan teknik pelayanan dan konsultan permasalahan pada kendaraan penumpang, dan memiliki jiwa Cross Seliing dalam menawarkan produk perawatan kendaraan. Sehingga pelanggan mendapatkan informasi yang tepat terhadap perawatan kendaraan pada diler resmi Mitsubishi Motors.

Yang terakhir untuk kontes Periodical Maintenance, peserta diwajibkan untuk memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses perawatan berkala pada kendaraan penumpang (periodical maintenance) yang sesuai dengan service booklet, flatrate, dan workshop manual. Dalam kontes ini yang diharapkan adalah kecepatan kerja serta kualitas yang maksimal dan sesuai dengan standar kerja pada diler resmi Mitsubishi Motors.

Customer Satisfaction Officer (CSO) PDCA Contest

CSO PDCA Contest Menggunakan konsep Kaizen (PDCA/ Plan Do Check Action), yaitu penerapan evaluasi dan perbaikan secara terus-menerus. Pada penerapannya dalam perusahaan, konsep Kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah.

Dalam kontes ini, CSO bertanggung jawab untuk membuat analisa dan rencana perbaikan di diler berdasarkan feedback dari pelanggan, menjalankan program tersebut, melaporkan dan mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.

Nantinya tujuan akhir dari kontes CSO ini adalah untuk memperbaiki Standard Operating Procedure (SOP) di diler sehingga dapat meningkatkan produktifitas diler yang berujung pada peningkatan kualitas layanan diler secara berkelanjutan sehingga angka kepuasan pelanggan terhadap pelayanan diler turut meningkat.

Adapun poin evaluasi dalam CSO Contest ini meliputi Kemampuan Analisa Yang Baik, Kemampuan Membuat Rencana Perbaikan, Dampak Perbaikan, Kemampuan Berkoordinasi dengan Bagian Terkait di Dealer, Output Standarisasi Dari Hasil Program Perbaikan, dan Kemampuan Presentasi.

Seluruh proses kontes dan penjurian peserta telah dilakukan pada dua hari pelaksanaannya. Nama pemenang telah diumumkan pada akhir sesi kontes dan pemenang pada tiap kategori telah menerima hadiah yang diserahkan secara simbolik oleh manajemen MMKSI.

Para pemenang Sales Appraisal Program menerima hadiah berupa piala dan wisata ke Belanda, pemenang After Sales Contest mendapatkan hadiah berupa piala bergilir, medali, dan wisata ke Jepang. Sedangkan CSO PDCA Contest mendapatkan hadiah berupa piala, wisata ke Jepang, dan ditambah peralatan pendukung operasional CSO di dealer.

Daftar Pemenang Sales Appraisal Program

Sales Force
Juara 1 Intan Riyan Sari dari diler PT Suryaputra Sarana - Bandung
Juara 2 Satrio Habibie dari diler PT Sardana Indahberlian Motor- Medan
Juara 3 Melati Rizkyah Amanah dari diler PT Sun Star Motor - Surakarta

Sales Supervisor
Juara 1 Rudi Halim dari diler PT Bumen Redja Abadi – Jakarta Selatan
Juara 2 Kusniaty dari diler PT Sardana Indahberlian Motor- Medan
Juara 3 Restu Dian Andriana dari diler PT Sun Star Motor - Surakarta

Sales Manager
Juara 1 Wawan Gunawan dari diler PT Mandau Berlian Sejati - Balikpapan
Juara 2 Yanuar Bambang dari diler PT Wicaksana Berlian Motor - Bandung
Juara 3 Ermayuni dari diler PT Pekanperkasa Berlian Motor - Pekanbaru

Daftar Pemenang After Sales Contest

Technician Contest
Juara 1 Chandra Halim dari diler PT Sumber Berlian Motors - Banjarmasin
Juara 2 Handiyana dari diler PT Ciwangi Berlian Motors – Jakarta Selatan
Juara 3 Riski Kurniawan S dari diler PT Bumen Redja Abadi - Sidoarjo

Service Advisor Contest
Juara 1 Wendi Suryadi dari diler PT Dahana Berlian Motor - Tasikmalaya
Juara 2 Ari Irwanto dari diler PT Sun Star Motor - Surabaya
Juara 3 Sandy Prasetyo dari diler PT Lautan Berlian Utama Motor – Bengkulu

Periodical Maintenance Contest
Juara 1 A. Supriyanto dari diler PT Suryaputra Sarana - Bandung
Juara 2 Iwan Aris S.U dari diler PT Bumen Redja Abadi - Semarang
Juara 3 Elisa Sijabat dari diler PT Nusantara Berlian Motor - Medan

Daftar Pemenang Customer Satisfaction Officer (CSO) PDCA Contest

Juara 1 Nanni Dewi dari diler PT. Sun Star Motor - Surabaya
Juara 2 Herliyanti dari diler PT. Bosowa Berlian Motor – Makassar
Juara 3 Tita Hernita dari diler PT. Sun Star Prima Motor – Jakarta Selatan

BERMAIN & BELAJAR BERSAMA DI MITSUBISHI CHILDREN PROGRAM

BERMAIN & BELAJAR BERSAMA DI MITSUBISHI CHILDREN PROGRAM

Kepedulian kepada sesama bisa diwujudkan dalam berbagai cara. Salah satunya menjadi orang tua sehari bagi anak-anak panti asuhan. Sebanyak 100 anak penghuni panti asuhan diajak bermain dan belajar ...

Read More

4 KANDIDAT MOBIL BARU MITSUBISHI YANG BAKAL LAHIR BULAN DEPAN

4 KANDIDAT MOBIL BARU MITSUBISHI YANG BAKAL LAHIR BULAN DEPAN

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura membenarkan rencana peluncuran mobil baru Mitsubishi. Naoya juga mengatakan bahwa mobil ini bukan produk pe...

Read More

MITSUBISHI SIAP-SIAP MOBIL BARU DI GIIAS 2019

MITSUBISHI SIAP-SIAP MOBIL BARU DI GIIAS 2019

Kenyang dengan Xpander, agaknya akan ada kabar yang lebih segar lagi bertepatan dengan perhelatan GIIAS 2019 mendatang. Hal itulah yang dibocorkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indone...

Read More

Newsletter

Dapatkan update terbaru mengenai informasi produk dan promosi langsung di email anda.

KEMUDAHAN AKSES PRODUK DAN LAYANAN MITSUBISHI MOTORS & MITSUBISHI FUSO DALAM GENGGAMAN ANDA

Logo Sardana Mobile App

SARDANA MOBILE

Logo My Mitsubishi App

MY MITSUBISHI MOTORS ID

Logo My Mitsubishi App

RUNNER TELEMATICS

© 2019 Sardana IndahBerlian Motor. All rights reserved