Jakarta - Menyenangkan memang jika Anda sudah diizinkan untuk mengemudi kendaraan sendiri, terutama mobil. Perlu diingat, karena Anda pengemudi pemula, jangan sampai merugikan orang lain karena gaya mengemudi Anda.

Tetap fokus dan berikan perhatian penuh pada jalan yang Anda lalui. Bukan tidak mungkin bagi pengemudi pemula mengalami kecelakaan karena masih minimnya pengalaman dalam mengemudi hingga mengabaikan beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.

Berikut beberapa kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh pengemudi yang baru bisa mengendarai mobil atau disebut pengemudi pemula.

  1. Tergesa-gesa dalam mengemudi
    Mengemudi secara tidak sabar dapat berakibat buruk nantinya, karena Anda atau si pengemudi pemula tersebut, ingin cepat sampai ke tujuan. Cenderung mengebut dalam berkendara dan agresif, pada kondisi ini rentan terhadap gangguan dan risiko untuk terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pun meningkat. Solusi untuk menghindarkan hal tersebut terjadi adalah berangkat lebih awal, serta selalu ingat terhadap setiap risiko apabila mengebut di jalan.
  2. Banyak gangguan di sekitar Anda
    Mendengarkan musik teralu keras, sehingga tidak mendengarkan klakson atau apa pun dari luar mobil Anda meningkatkan risiko kecelakaan. Selain itu, jika Anda berpergian dengan teman dan selalu mengobrol dan bercanda bersamanya dengan volume keras atau beramai-ramai, terlalu sibuk dengan ponsel Anda, bisa juga meningkatkan risiko terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Mudah panik
    Disebabkan oleh pengalaman yang masih minim, semisal di jalan mengalami kempis ban, yang muncul saat itu adalah panik. Dalam kondisi panik, otomatis pengendalian kendaraan menjadi salah atau malah terabaikan. Sulit untuk berpikir jernih dalam mengambil keputusan pada kondisi seperti itu.
  4. Posisi duduk yang tidak nyaman
    Tidak semua pengemudi bisa memperoleh posisi duduk yang ideal. Jangan terlalu santai dalam mencari posisi tempat duduk, justru itu adalah cara yang salah, karena bisa saja sandaran jok terlalu rebah dan jauh dari setir, sehingga respons terhadap kondisi darurat jelas menurun drastis. Seat belt pun bisa tak terpasang sempurna di badan. Sebaliknya duduk terlampau tegak dan dekat dengan setir, meminimalisasi pandangan. Selain tak nyaman, sulit melakukan kontrol terhadap kemudi dan mengantisipasi kondisi yang terjadi di sekitar mobil.
  5. Menaruh barang sembarangan
    Barang-barang yang sekiranya memang penting dan dibutuhkan dalam perjalanan sebaiknya ditaruh di tempat yang mudah terjangkau, sehingga memudahkan saat mengambilnya.
  6. Mengantuk atau mabuk
    Ini adalah poin klasik yang seharusnya semua orang yang mengemudi paham karena bahaya jika mengemudi dalam keadaan mengantuk atau mabuk, lebih baik hindarkan hal tersebut saat berkendara.
  7. Penumpang yang berlebihan
    Pengemudi pemula seringkali mengabaikan kapasitas maksimum yang dimiliki mobilnya. Misalnya, mobil yang hanya berpenumpang 5 orang, dipaksakan untuk mengakut 7 orang atau lebih dan yang lebih berbahaya adalah jalan yang dilalui nantinya. Jika melalui jalan tol yang bisa memacu kendaraannya lebih cepat dibandingkan saat di jalan raya biasa, biasanya saat jalan menikung dan dengan kecepatan tinggi, bisa mengganggu keseimbangan mobil.
  8. Mengambil langkah yang beresiko tinggi
    Mengabaikan rambu lalu lintas, pindahjalur tanpa memberi tanda adalah perilaku yang berisiko tinggi. Jangan terlalu dekat juga dengan mobil depan, karena tak memberi ruang bagi pengemudi untuk mengerem maupun bermanuver menghindar.
  9. Mobil tidak dirawat
    Pengemudi pemula, biasanya kurang memerhatikan kondisi mobil, sehingga kinerja komponen mobil bisa menurun.
  10. Mengabaikan hal kecil yang penting
    Pengemudi pemula biasanya tidak mementingkan posisi spion samping dan depan seperti yang seharusnya, padahal itu penting untuk mendapatkan penglihatan keadaan sekitar. Jangan juga mendengarkan musik terlalu keras, karena suasana sekitar menjadi tidak diperhatikan. Itulah, yang sebaiknya Anda hindarkan sebagai pengemudi pemula. Semoga perjalanan Anda menyenangkan dan selalu selamat sampai tujuan.

Sumber: http://oto.detik.com/read/2015/04/21/103336/2893338/1596/11/10-kesalahan-umum-pengemudi-pemula