Harga Bahan Bakar yang terus melonjak tinggi di Indonesia merupakan mimpi buruk bari semua pengguna kendaraan bermotor. Ditambah lagi dengan kemacetan menjadikan konsumsi bahan bakar terbuang percuma akibat terjebak dikemacetan. Mengatasi problem ini, berikut tips berkendara yang hemat bahan bakar dalam berkendaran sehari - hari.

  1. Pengaturan Kendaraan & Rute
    Cermati rute perjalanan yang akan anda lalui dan usahakan anda mengetahui jam - jam sibuk seperti jam berangkat kantor atau jam pulang kantor dari rute yang akan anda lalui tersebut. Survey rute lain sebagai alternatif apabila rute jalan yang biasa Anda lalui mengalami kemacetan. Pemilihan rute secara cermat dan tepat dapat menghemat penggunaan BBM kendaraan Anda. Selain itu juga, cermati berat beban barang bawaan Anda dan usahakan agar membawa barang tidak melebihi berat kendaraan Anda, akan mengakibatkan boros BBM. Cek tekanan angin pada ban minimal seminggu sekali sesuai dengan petunjuk dari owners manual kendaraan. Tekanan angin pada ban yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi dapat menyebabkan konsumsi BBM juga berlebih serta rentan terhadap kecelakaan apabila ban pecah tiba-tiba ketika Anda sedang melaju. Lakukan pengecekan berkala untuk mengetahui kondisi terkini tentang kendaraan Anda. Perawatan berkala ini sangat penting, dan sebaiknya dilakukan sesuai petunjuk yang ada pada booklet service manual kendaraan Mitsubishi Anda.
  2. Cara Berkendara
    Cara berkendara Anda juga menentukan tingkat konsumsi bahan bakar kendaraan. Usahakan agar berada dalam kecepatan konstan, serta tidak menginjak pedal gas terlalu dalam dan jangan menginjak pedal gas secara tiba-tiba. Hindari melakukan pengereman mendadak. Taati batas kecepatan aman dalam kota maupun luar kota serta rambu-rambu lalu lintas yang berlaku. Dengan cara berkendara yang aman dan nyaman, niscaya Anda akan menghemat penggunaan BBM kendaraan Anda serta terhindar dari kecelakaan.
  3. Kemampuan Kendaraan
    Pahami kemampuan dan karakter kendaraan Anda. Konsultasikan dengan bengkel service resmi Mitsubishi untuk mengetahui performa maksimal dari kendaraan Anda serta fitur-fitur apa sajakah yang tersedia serta menunjang kemampuan dari kendaraan Anda. Dengan bekal pengetahuan tersebut, maka anda dapat memilih posisi gigi yang tepat ketika berkendara dan kopling (jika kendaraan Anda menggunakan transmisi manual), dan sebagainya.
  4. Kondisi Lainnya
    Faktor lain yang mempengaruhi konsumsi BBM antara lain: ketinggian jalan yang dilalui, derajat kemiringan dari jalan yang dilalui, kondisi permukaan jalan, suhu, kelembaban dan tekanan udara serta cuaca lingkungan disekitar jalan yang dilalui. Kesemua faktor eksternal tersebut harus diperhatikan dengan baik dan secara seksama agar kendaraan dapat hemat BBM.

LANGKAH - LANGKAH HEMAT BBM

  1. Periksa kendaraan Anda dengan teliti sebelum pengoperasian
  2. Panaskan mesin sampai jarum penunjuk temperatur air mulai bergerak
  3. Injaklah pedal gas secara perlahan-lahan
  4. Usahakan kecepatan merata, jangan naik turun secara berlebihan
  5. Biasakan berjalan dengan kecepatan konstan (60 km/jam)
  6. Hindari pengereman mendadak
  7. Usahakan sedapat mungkin menggunakan gigi tinggi ketika berjalan
  8. Pilih pemakaian roda penggerak (2WD/4WD) yang sesuai dengan jalan yang dilalui
  9. Tekanan angin ban harus standard, tekanan rendah akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar
  10. Posisi muatan dalam perjalanan diusahakan tidak menghalangi/melawan hembusan angin
  11. Rencanakan perjalanan Anda sebaik mungkin dan hindari jalan macet