PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Authorized Distributor Kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation(MFTBC) mempersembahkan jajaran produk kendaraan niaga Mitsubishi terdepan pada perhelatan akbar 21st Indonesia International Motor Show 2013, yang berlokasi di booth MFTBC yang berlokasi di Outdoor No. OD 10.

Selama 43 tahun lamanya kendaraan niaga Mitsubishi memimpin pasar Commercial Vehicle (CV) di Indonesia, inovasi tiada henti kami lakukan demi memenuhi segala jenis kebutuhan konsumen di Indonesia. Dengan lebih dari 20 pilihan kendaraan niaga berkualitas teratas, Mitsubishi Fuso menjadi brand kepercayaan dan Andalan Bisnis Sejati para konsumen kami di Indonesia.

Kehandalan Truk Mitsubishi telah terkenal dan terbukti sejak tahun 1970, dimana kendaraan niaga Mitsubishi dengan dua model kendaraannya yaitu Colt Diesel dan Fuso mampu menjadi market leader di segmen commercial vehicle dengan penguasaan pangsa pasar lebih dari 50% setiap tahunnya. Selama 43 tahun truk Mitsubishi tumbuh berkembang bersama Indonesia, menjadi pionir dan telah mengukir sejarah bagi perkembangan kendaraan niaga di Indonesia. Kualitas produk kendaraan truk Mitsubishi yang terbukti tangguh dengan perawatan yang mudah dan suku cadang yang mudah didapatkan, menempatkan truk Mitsubishi sebagai pilihan utama para konsumen di Indonesia.

Sukses ini tercipta berkat kepercayaan dan dukungan dari para konsumen setia kami di Indonesia, yang selalu mempercayakan produk dari Mitsubishi Fuso dalam menunjang berbagai bisnis yang dijalankan. Kepercayaan para konsumen kami merupakan asset yang sangat berharga buatkami, dan kepercayaan yang sedemikian kuat hanya bisa tercapai dari komitmen jangka panjang melalui Ketangguhan produk yang berkualitas, Kemudahan dalam perawatan kendaraan, Luasnya jaringan 3S yang kami miliki serta tingginya harga jual kembali dari produk yang kesemuanya membawa pada "Kepuasan Pelanggan" yang optimal.

Dan berkat kepercayaan tersebutlah, maka tahun 2013 menjadi tahun yang istimewa untuk kami, dimana pada bulan Oktober 2013 mendatang, kami akan merayakan penjualan 1 juta unit kendaraan niaga Mitsubishi di Indonesia. Dengan tema "Berkontribusi Membangun Sejarah Bersama, Menuju Penjualan 1 Juta Unit",kami persembahkan perayaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh konsumen setia kami. Peningkatan Customer Satisfaction akan menjadi langkah awal kami untuk mencapai 1 Juta Unit berikutnya.

Mitsubishi Fuso, Truck and Bus Corporation

Penjualan terbesar kendaraan niaga Mitsubishi di kelas light truck, yaitu Colt Diesel, kini semakin lengkap dalam memenuhi kebutuhan bisnis dan operasional konsumen dengan berbagai pilihan yang tersedia dengan 4 Super yang dimilikinya yaitu Super Economical, Super Speed, Super Power dan Super Capacity

Dan pada tahun ini pula, Mitsubishi CANTER (Pet Name dari Colt Diesel untuk negara Jepang), merayakan sejarah 50 tahun Canter di dunia. Dimulai dengan peluncuran generasi pertamanya Canter T720, sebuah truk berkapasitas 2 ton di tahun 1963, Canter terus berevolusi untuk dapat memenuhi permintaan yang beragam di masing-masing era. Peluncuran Canter Eco Hybrid yang pertama kalinya di tahun 2006 menjadi kristalisasi teknologi yang diterapkan Mitsubishi Fuso dalam sebuah kendaraan niaga. Setengah abad telah dilalui oleh Canter yang masih terus berevolusi guna menciptakan kendaraan niaga termutakhir bagi dunia.

Mitsubishi Canter

Sementara itu di kelas Medium dan Large truck, pilihan Fuso dan Tractor Head yang sangat tangguh dan handal di berbagai pilihan medan, juga siap menunjang berbagai macam bisnis para konsumen kami di Indonesia.

Dan pada perhelatan akbar ini, kami hadir menampilkan 9 (sembilan) model paling mutakhir dari jajaran produk kendaraan niaga Mitsubishi yang akan semakin melengkapi kebutuhan bisnis di Indonesia.

1. Colt Diesel FE 71
Mitsubishi Colt Diesel FE 71 merupakan kendaraan niaga Mitsubishi yang diperuntukkan sebagai kendaraan niaga dalam menunjang bisnis sehari – hari. Dengan mesin 4D34 Turbo Intercooler dengan daya maksimum 110 PS, telah terbukti irit, bertenaga dan tahan lama. Kemampuan FE 71 tidak perlu diragukan lagi, gesit dan cocok digunakan untuk sahabat bisnis sehari – hari, baik didalam maupun di luar kota.

Dalam pameran kali ini, FE71 dibentuk menjadi "Mobile Lawson" yang tentunya dapat menjadi insiprasi bagi para pebisnis di Indonesia dalam memanfaatkan karoseri bentuk "mobil toko" yang praktis dan pastinya menguntungkan.

Mobile Lawson

Di Jepang, Lawson merupakan industri convenient store pertama yang memperkenalkan Mobile Lawson pada April 2009, yang sangat berperan penting pada bencana besar the Great East Japan Earthquake beberapa waktu lalu. Hanya ada 2 (dua) unit Mobile Lawson yang saat ini beroperasi di Jepang dan Indonesia menjadi negara pertama dimana Mobile Lawson diproduksi di luar Jepang, sebagai bentuk kerjasama antara KTB dan Lawson Indonesia.

2. FE 71 L BC
Mitsubishi Colt Diesel FE 71 Bus Chassis, dengan desain interior yang mewah dan nyaman, serta tata ruang yang lapang dan dilengkapi dengan fitur- fitur yang fungsional dan modern. Kendaraan ini sangat sesuai untuk dijadikan sebagai transportasi travel eksekutif yang siap memanjakan penumpangnya. FE 71 Long Bus Chassis menggunakan mesin 110 PS tipe 4D34 yang tangguh, gesit dalam menjelajah dan memenuhi kebutuhan variasi kendaraan niaga untuk berbagai sektor bisnis di Indonesia.

3. FV 51 JK 380 PS
FV 51 JK memiliki mesin Diesel Direct-Injection terbaru dari Mitsubishi FUSO bertenaga besar sesuai yang dibutuhkan untuk mengangkut barang-barang besar, dengan tenaga yang terbesar di kelasnya (380PS). Kehadiran ini hadir untuk terus memenuhi kebutuhan konsumen akan kendaraan niaga yang handal dengan kemampuan dan kapasitas yang lebih besar.

FV 51 JK 380PS

4. FUSO FN 627
Mitsubishi Fuso FN 627 merupakan kendaraan yang tangguh di kondisi jalan off-road, dengan tipe 6x4 dan mesin 6D16 bertenaga 250 PS yang disempurnakan berkat pengembangan teknologi terkini yaitu sistem injeksi langsung TICS (Timing and Injection-rate Control System) dan Turbo Intercooler sehingga kekuatan dan performa mesinnya semakin tangguh.

FN 627 FN 627

5. FE 75 SHDX
Mitsubishi Fuso Colt Diesel Super HDX hadir khusus untuk medan berat, yang merefleksikan produknya sebagai bagian dari "Super Power". Suspensinya diperkokoh, jumlah lembar pegas lebih banyak dengan material yang berkualitas serta penyempurnaan di sisi gardan sehingga lebih kuat mampu menahan beban lebih berat. Kokoh, kuat dan cocok di medan off-road.

6. FE 84 HDL
Colt Diesel FE HD-L (136 PS) yang tampil dengan model box truck merefleksikan fungsinya sebagai "Super Capacity". Varian ini hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang memerlukan kendaraan dengan daya muat yang banyak dan bertenaga besar. Colt Diesel FE HD-L yang bertenaga 136 PS, dengan tenaga terbesar dikelasnya, tampil semakin gagah dengan desain eksterior kabin dan fitur- fitur terbaru dan perubahan total pada desain interior kabin yang memiliki ukuran paling luas dikelasnya dan peningkatan fungsi – fungsi fitur yang dimilikinya. FE 84 HDL menjadi pilihan konsumen untuk truk angkut yang lebih panjang, lebih lebar dan bertenaga lebih besar.

7. FE 71 L
Dan pada bulan Juni 2013, kami mempersembahkan varian terbaru dari "si Kepala Kuning" Mitsubishi Colt Diesel dengan meluncurkan Mitsubishi Colt Diesel FE71L di kelas light truck 4-ban. Kendaraan ini dihadirkan guna memenuhi kebutuhan konsumen akan sebuah kendaraan niaga yang tangguh, memiliki daya angkut yang besar serta handal dalam menunjang kegiatan bisnis. Berbagai nilai lebih dari sisi kehandalan, keamanan bahkan kenyamanan dari kendaraan niaga ini telah semakin melengkapi kebutuhan bisnis dan operasional konsumen dengan berbagai pilihan yang tersedia.

Mitsubishi Colt Diesel FE71L didukung oleh mesin 4D34 yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 110 PS sehingga makin bertenaga, semakin tak tertandingi ketangguhan dan kehandalannya. Tak hanya itu saja, penambahan Turbocharger & Intercooler, New Injection Pump, serta Final Gear Ratio sebesar 5.710 membuat Mitsubishi Colt Diesel FE 71 L semakin kuat ditanjakan, dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Mitsubishi Colt Diesel FE 71 L hadir dengan wheelbase dan cab to end terpanjang di kelasnya, yaitu 3.350mm dan 4.048mm Dengan penggunaan sasis ekstra panjang, membuat Colt Diesel FE 71 L mempunyai ruang kargo lebih besar sehingga dapat memuat lebih banyak barang, memungkinkan penghantaran barang dengan sekali antar, membuat lebih efisien, hemat waktu dan tenaga. Mitsubishi Colt Diesel FE 71 L juga dilengkapi dengan beragam fitur – fitur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam menunjang kegiatan bisnis anda, seperti:

  1. Teknologi Mitsubishi In Dash Gear Shift (MIS), dimana tuas transmisi menyatu dengan dashboard sehingga membuat kabin lebih lega
  2. Kabin Jungkit yang membuat mesin kendaraan mudah diperiksa dan diperbaiki
  3. Water separator yang mudah dicek oleh pengguna kendaraan
  4. Inspection Lid yang berada di bawah jok penumpang, sehingga pengecekan mesin lebih mudah
  5. Power Steering dan Tilt & Telescopic Steering, memudahkan dalam mengatur posisi mengemudi. Power steering menambah kenyamanan pengemudi dalam mengendalikan kendaraannya
  6. Radio/CD/MP3 Player, menambah kenyamanan dalam mengemudikan kendaraan

8. FV 51 JH 380 PS TH
Mitsubishi Fuso Tractor Head FV51 JH merupakan kendaraan Heavy Duty Truck Mitsubishi yang Kuat, Tangguh dan Bertenaga Besar, yang penggunaanya ditujukan untuk special purpose sebagai kendaraan untuk mengangkut beban berat untuk medan on-road atau jalan perkotaan.

Kendaraan ini dilengkapi dengan fitur – fitur utama yang menekankan pada kehandalan, keamanan maksimal dan kenyamanan, antara lain mesin diesel 6M70 380 PS Common Rail Turbo Intercooler dengan Direct Injection System terbaru yang tangguh dan bertenaga besar diperuntukkan untuk mengangkut barang – barang besar , namun tetap hemat BBM. Suspensi laminated leaf spring dengan trunion dan radius rods yang membuat kendaran mampu bergerak independen sehingga lebih stabil dalam mengangkut beban yang berat dan chassis yang kuat, kerangka kokoh pada poros roda dan palang menyambung memastikan ketangguhan dan kekuatannya yang tahan lama.

9. FE 84 BC
Colt Diesel FE 84 BC ditunjang dengan suspensi Long Tapered Leafspring yang mengoptimalkan kenyamanan dan merupakan aplikasi suspensi yang pertama kalinya di Indonesia. Wheel-base didesain lebih panjang (terpanjang di kelasnya) sehingga ruang penumpang lebih luas dan nyaman.

FE84 BC ini kami modifikasi menjadi sebuah "mobil pemeriksaan kesehatan" atau "Care Mobile" yang merupakan kerjasama antara KTB dengan Yayasan Ronald McDonalds House Charities (RMHC), dalam rangka kepedulian sosial pemeriksaan kesehatan anak-anak Indonesia di daerah terpencil. Care Mobile yang akan tampil di IIMS kali ini adalah Care Mobile kedua yang kami sumbangkan kepada RMHC, demi memperluas jangkauan pemeriksaan kesehatan anak-anak di Indonesia.

Care Mobile Ronald McDonald House Charity

Sumber: KTB Press Release 19 September 2013