Jakarta, KompasOtomotif – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menciptakan mesin diesel baru berkode 4N15 2.400 cc MIVEC turbo-intercooler untuk dipasangkan pada Mitsubishi All-New Pajero Sport tipe Dakar. Diklaim, jantung mekanis ini semakin bertenaga, halus, dan irit penggunaan bahan bakar. Seberapa irit?

Pertanyaan itu menggelayut dan KompasOtomotif sampaikan pada Corporate General Manager of Mitsubishi Motors Corporation Koichi Namiki usai prosesi peluncuran, Jumat (29/1/2016).

Dijawabnya, mesin baru ini hanya lebih irit sekitar 5 persen dibandingkan mesin lama yang saat ini masih dipakai tipe GLX dan Exceed.

"Lebih irit 5 persen didapat dari banyak faktor. Salah satunya, penerapan transmisi 8-percepatan yang membuat akselerasi lebih ringan dengan konfigurasi rasio gigi-giginya. Ini pula yang ikut berkontribusi terhadap konsumsi bahan bakar yang lebih irit," ujar Namiki.

Namiki San lantas memberikan angka-angka, bahwa untuk All-New Pajero Sport Dakar berpenggerak dua roda (4X2), klaim konsumsi bahan bakar mencapai 8 liter per 100 km, atau setara 12,5 kpl.

Sementara untuk tipe Dakar berpenggerak empat roda (4X4), klaimnya sedikit lebih boros, 8,1 liter per 100 km, atau setara 12,3 kpl. Angka-angka itu termasuk cukup realistis dan irit di kelas SUV diesel.

Sumber: http://otomotif.kompas.com/read/2016/02/01/072200315/Seberapa.Irit.Mesin.Diesel.Baru.Pajero.Sport.